Kerap Mengantuk Saat Berpuasa? Ini Beberapa Cara Efektif untuk Mengatasinya

Rasa kantuk pada saat Anda berpuasa memang tak bisa dihibdarkan. Tapi, Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk menghilangkan rasa kantuk

Kerap Mengantuk Saat Berpuasa? Ini Beberapa Cara Efektif untuk Mengatasinya
Source Image: Unsplash

Rasa kantuk yang hebat saat berpuasa akan membuat Anda sulit berkonsentrasi. Alhasil bekerja pun terganggu dan muncul rasa khawatir dengan hasil yang tidak optimal. Mengantuk seperti sebuah tantangan utama yang harus dilawan dan hal ini terjadi di siang hari. Rasa kantuk di bulan puasa memang tidak dapat dihindari karena tubuh bekerja dengan energi yang lebih sedikit dari biasanya.

Selain persoalan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh, adaptasi juga menjadi salah satu faktor kenapa tubuh seperti tidak berenergi saat berpuasa. Hal ini biasanya terjadi pada minggu pertama di bulan ramadhan. Ditambah waktu istirahat yang terganggu karena diharuskan bangun lebih awal untuk melakukan santap sahur.

Dilansir dari Medical News Today, sulit berkonsentrasi hingga lemas yang terjadi di bulan puasa terjadi karena turunnya kadar gula darah, yang mengakibatkan timbulnya rasa kantuk di jam-jam tertentu. Jika di hari biasa atau tidak berpuasa Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi cemilan manis hingga minum kopi, namun, karena Anda diharuskan untuk menahan lapar dan haus, otomatis hal tersebut tidak dapat dilakukan. Tapi Anda tenang saja, karena terdapat beberapa cara efektif untuk mengusir rasa kantuk di bulan puasa.

Lalu apakah ada cara untuk mengusir rasa ngantuk saat berpuasa? Berikut JakartaNotebook telah merangkum cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk di bulan puasa.

1. Mandi dengan Air Dingin

Source Image: Unsplash

Mandi air dingin agar tidak mengantuk ternyata bukanlah mitos, apalagi bagi Anda yang ingin mengusir rasa kantuk di bulan puasa. Karena air dingin dapat membuat tubuh segar. Selain itu, terdapat banyak manfaat seperti mencerahkan kulit, melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan.

Bagi Anda yang menggunakan shower dapat mengganti kepala shower dengan merek SUYU. Agar proses membersihkan diri lebih nyaman dan maksimal. Terdapat 5 mode pancuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan seperti mode pulse, mixed, rainfall hingga massage. Cukup putar bagian kepala shower untuk mengganti mode pancuran.

2. Atur Pernapasan dengan Baik

Source Image: Unsplash

Mengatur pernapasan dengan baik ternyata dapat membuang rasa ngantuk. Hal ini didukung dengan penelitian yang ditulis oleh Healthline, apabila Anda bernapas tidak diselingi tarik dalam dan perlahan, maka hanya sedikit oksigen saja yang mencapai otak, sel dan hati yang mengakibatkan beberapa orang mengalami kesulitan menjalani fungsi karena keterbatasan oksigen seperti sulit konsentrasi.

Sangat dianjurkan untuk mengatur pernapasan dengan baik karena memiliki banyak manfaat. Selain menghilangkan ngantuk, bermanfaat juga untuk mengurangi stres, menstabilkan tekanan darah dan detak jantung agar tetap fokus dan berenergi.

Lalu bagaimana cara mengatur pernafasan dengan baik dan benar?Caranya adalah dengan menarik napas melalui hidung, hirup napas secara dalam menggunakan diafragma kemudian bernapas dengan perlahan.

3. Melemaskan Otot dengan Melakukan Peregangan

Source Image: Unsplash

Mengantuk bisa jadi diakibatkan karena tubuh kurang bergerak, apalagi bagi Anda yang bekerja duduk dalam waktu lama dan mata terfokus di depan komputer. Lakukanlah peregangan agar melemaskan otot agar tidak kaku atau sedikit berjalan-jalan di sekitar kantor. Cara ini sangat efektif karena dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak guna mengusir rasa kantuk.

4. Mengobrol dengan Rekan Kerja

Source Image: Unsplash

Rasa mengantuk yang datang dapat berimbas pada konsentrasi menurun, ditakutkan hal ini berdampak pada hasil kerja Anda karena memaksakan menyelesaikan tugas dengan rasa kantuk yang luar biasa. Guna mengembalikan energi serta membuat meningkatkan kembali konsentrasi yang sempat hilang, yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengobrol sebentar dengan rekan kerja. Anda bebas berbicara apa saja, diusahakan topik yang menarik agar membuat Anda bersemangat. Namun, hindari obrolan yang mengarah pada ghibah karena dapat mengurangi puasa pahala Anda.

5. Tidur Siang di Waktu Istirahat

Source Image: Unsplash

Dikarenakan Anda berpuasa, otomatis waktu istirahat yang tadinya diisi dengan makan siang dapat Anda manfaatkan dengan melakukan tidur siang. Sangat disarankan untuk melakukan power nap, atau tidur siang selama 20 sampai 30 menit karena dapat memberikan manfaat tidur siang secara optimal. Dilansir dari Hellosehat, power nap dapat meningkatkan kekuatan otak, stamina tubuh, menyegarkan pikiran serta energi.

***

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk ketika berpuasa. Pastikan juga Anda memiliki waktu tidur yang cukup dengan tidak begadang di malam hari, karena pola tidur selama berpuasa sangat berbeda. Dianjurkan untuk beristirahat selepas shalat Tarawih agar tubuh mendapatkan kualitas tidur yang cukup guna terhindar dari rasa kantuk.