Ketahui Jenis-Jenis Iklan yang Bisa Kamu Terapkan untuk Promosi

Ternyata iklan ada banyak jenisnya loh. Yuk ketahui apa saja jenis-jenis dari iklan yang nantinya bisa kamu terapkan.

Ketahui Jenis-Jenis Iklan yang Bisa Kamu Terapkan untuk Promosi
Image Source: Salespanel

Baik dunia nyata maupun dunia online, iklan dan promosi (advertisement) menjadi sebuah keharusan. Iklan mampu meningkatkan jumlah penjualan dan mendatangkan uang untuk mengembangkan dan mempertahankan sebuah produk.

Untuk beradaptasi dengan berbagai jenis media yang ada, kamu harus memahami jenis-jenis iklan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan exposure dan keuntungan dari produk yang kamu jual. Berikut JakartaNotebook uraikan jenis-jenis dari iklan yang bisa kamu terapkan.

1. Iklan Komersil

Image Source: VectorStock

Sesuai dengan namanya, jenis iklan ini dibuat dengan tujuan komersil. Iklan jenis ini sangat mengutamakan hard selling dengan cara menyebut nama brand berulang-ulang, menampilkan logo di banyak tempat, dan semacamnya. Contoh iklan komersil bisa kita lihat dari produk-produk FMCG, platform jasa, super app, dan lain-lain.

2. Iklan Layanan Publik

Image Source: Freepik

Biasanya, iklan layanan publik dibuat oleh pemerintahan dan cenderung lebih ke pengumuman dengan kemasan iklan. Tujuan dari iklan ini bermacam-macam, seperti mengajak, mengimbau, mengundang, atau menginformasikan sesuatu yang penting. Beberapa contoh iklan layanan publik adalah mengenai tata tertib berkendara, peringatan hari penting, dan semacamnya.

3. Iklan Printing

Image Source: Freepik

Printing merupakan media iklan yang cukup populer dan masih sering dijumpai hingga saat ini. Variasi iklan printing meliputin brosur, spanduk, poster, majalah, dan buklet.

Untuk menciptakan iklan printing yang catchy, kamu harus memahami desain, komposisi warna, penempatan kata, bahkan hingga spot lighting agar media iklan yang terpampang mampu menarik perhatian publik.

4. Iklan Advertorial

Image Source: Freepik

Bentuk iklan advertorial bisa dibilang cocok untuk kamu yang menyukai promosi dengan cara soft selling. Iklan ini memiliki bentuk produk jurnalistik seperti artikel, laporan, bahkan berita.

Berbeda dengan media iklan lainnya, sifat iklan advertorial kebanyakan lebih edukatif, informatif, serta sarat akan hiburan. Agar isi cerita lebih menarik, biasanya disisipkan fakta-fakta menarik, gambar, bahkan data dan hasil peneltian.

Informasi yang faktual dan aktual menjadi senjata utama untuk mendapatkan kepercayaan publik untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

5. Iklan Display

Image Source: Freepik

Mirip dengan iklan printing yang mengutamakan desain, iklan display menggunakan media berbeda yaitu digital. Iklan display merupakan jenis iklan yang paling digemari saat ini karena memiliki banyak format seperti audio, video, dan gambar.

Karena berbasis digital, maka jangkauan iklan display jauh lebih luas. Untuk membuat iklan display yang kamu buat sukses, diperlukan strategi khusus tergantung dari platform yang ingin kamu gunakan, serta meningkatkan kualitas video atau gambar yang kamu ciptakan menggunakan perlengkapan shooting yang sesuai.

Semua jenis iklan memiliki efektivitas yang berbeda-beda, tergantung dari target pasar yang ingin kamu capai. Penggunaan jenis iklan, media yang tepat, serta konsep dan durasi pengiklanan merupakan kunci agar produk atau jasa yang kamu tawarkan lebih diminati oleh masyarakat luas.