Konsumsi Makanan dan Minuman Ini supaya Tidur Nyenyak

Ternyata mengonsumsi beberapa jenis makanan dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Apa saja itu?

Konsumsi Makanan dan Minuman Ini supaya Tidur Nyenyak
Source Image: Unsplash

Mendapatkan tidur berkualitas adalah sebuah barang mahal. Terutama bagi mereka yang bekerja tanpa ada batasan waktu, seperti pekerja di bidang kesehatan, industri kreatif, atau stasiun TV. Jadwal yang tak menentu berimbas pada waktu istirahat yang kurang atau tidak nyenyak.

Dilansir dari alodokter, kualitas tidur nampaknya dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi. Karena beberapa riset mengatakan kalau asupan vitamin B, protein, magnesium, antioksidan, dan folat memiliki peran kunci seseorang dalam menentukan kualitas tidur.

Untuk itu, apabila Anda mengalami masalah tidur tidak nyenyak, maka dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan atau minuman. Kira-kira apa saja makanan dan minuman yang dimaksud? Simak di bawah ini ya.

1. Konsumsi Nasi Putih dapat Mengatasi Insomnia

Source Image: Unsplash

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau mengalami sulit tidur, ternyata dapat diatasi dengan cara mengonsumsi nasi putih. Disarankan untuk mengonsumsinya dalam porsi sedang yang dikombinasikan dengan asupan protein seperti daging ayam atau telur. Hal ini dianjurkan karena nasi putih dapat meningkatkan kinerja asam triptofan serta hormon melatonin yang memiliki peran untuk waktu istirahat Anda.

Apakah kondisi susah tidur dapat mengganti peran nasi dengan mengonsumsi mie? Hal ini tidak dianjurkan karena mengandung indeks glikemiks. Selain itu, hindari makanan serta minuman manis karena dapat membuat Anda susah tidur.

Untuk menjaga kualitas nasi Anda maka penyimpanan beras harus diperhatikan. Anda dapat menggunakan wadah penyimpan beras dari Aswei yang memiliki fitur tahan lembap karena bagian penutupnya menggunakan silikon ganda. Terdapat satu tempat untuk meletakkan bawang atau semacamnya untuk menghindari sergapan dan mencegah masuknya serangga.

2. Minum Susu agar Tidur Tenang

Source Image: Unsplash

Kebiasaan minum susu di malam hari ternyata bukanlah hal yang salah. Karena susu mengandung triptofan yang dikatakan sangat baik supaya Anda dapat tidur lebih nyenyak dan tenang. Akan tetapi susu yang dikonsumsi adalah susu rendah lemak dan juga rendah gula.

Sebuah studi yang dimuat dalam sebuah jurnal BioMEd Central Geriatrics, mengatakan kalau konsumsi susu dapat membuat tidur lebih cepat, terutama pada lansia yang mengalami susah tidur. Untuk itu, biasakan minum susu di malam hari atau satu jam sebelum tidur agar kualitas tidur terjaga. Apabila Anda mengonsumsi susu bubuk maka gunakan wadah berkualitas yang dapat menjaga kualitas susu sebelum dikonsumsi.

3. Ganti Cemilan Anda dengan Kacang-Kacangan

Source Image: Unsplash

Kegiatan ngemil di malam hari sangat tidak disarankan karena masalah kesehatan dan berat badan. Namun, Anda dianjurkan untuk ngemil apabila cemilan tersebut adalah berbagai jenis kacang seperti almond, kenari, kedelai, dan mete. Karena kandungan melatonin, protein, dan mineral sangat baik untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Bahkan, bagi para penderita insomnia sangat disarankan untuk ngemil kacang guna meningkatkan kualitas tidurnya. Anda pun dapat menggunakan toples khusus untuk menyimpan kacang agar tidak melempem dan masih gurih saat dikonsumsi.

***

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Masih banyak lagi jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk membuat tidur lebih nyenyak, seperti ikan, teh chamomile, dan sebagainya asalkan makanan dan minuman tersebut mengandung nutrisi seperti protein, asam amino triptofan, dan lain-lain.