Kuliner Khas Korea untuk Temani Kamu Nonton Drakor

Saat menonton drama Korea akan lebih lengkap jika ditemani makanan khasnya. Lalu apa saja makanan yang cocok untuk dimakan saat menonton drama Korea?

Kuliner Khas Korea untuk Temani Kamu Nonton Drakor
Image Source: Soompi

Membicarakan negeri ginseng tentu tidak akan ada habisnya, mulai dari budaya, bahasa, artis-artis ternama, makanan yang enak sampai dengan acara-acara entertainment yang selalu menarik. Buat kamu yang selalu update tentang drama Korea atau drakor favorit, tentunya tidak ingin ketinggalan cerita-cerita serunya, bukan?

Namun, bagaimana kalau bosan nonton drakor? Agar lebih semangat, kamu bisa menonton sambil menikmati kuliner khas Korea Selatan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Apa saja makanan yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah untuk menemani waktu nonton drakor? Yuk, simak informasinya.

1. Kimbap

Image Source: Unsplash

Makanan yang satu ini terdiri dari nasi yang diisi dengan sayuran lalu dibungkus dengan rumput laut. Kimbap sangat populer dan sering dibawa untuk aktivitas di luar ruangan.

Cara pembuatannya yang mudah dan tidak ribet membuat makanan ini sangat praktis dan bisa menjadi santapan kamu ketika menonton drakor. Untuk membuat kimbap sendiri, kamu cukup menyiapkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di supermarket terdekat.

Kamu hanya perlu menyiapkan nasi, sayuran, acar, kimchi, irisan telur, dan crab stick. Letakkan lembaran rumput laut dan isi dengan nasi serta bahan-bahan isian kimbap di atas roll maker atau penggulung kimbap. Setelah itu, kamu hanya perlu menggulungnya lalu dipotong dengan pisau hingga seukuran gigitan. Sangat mudah dan praktis bukan?

2. Ramyun

Image Source: Kompas

Ramyun atau ramyeon merupakan hidangan mi asal Korea yang memiliki cita rasa sangat khas dan mudah ditemukan di supermarket atau minimarket terdekat. Berbagai varian ramyun dapat menemani kamu saat menonton drakor sehingga menjadi lebih seru.

Rasa yang kuat dari ramyun serta rasa hangat ketika menyantapnya membuat ramyun menjadi makanan favorit para pecinta drakor. Apalagi ketika menyaksikan adegan makan ramyun di tayangan drakor favorit kamu. Tidak dapat dipungkiri kalau kamu pasti ingin menyantap ramyun juga kan? Biar lebih keren dan lebih menjiwai Korea, kamu bisa menikmati ramyun langsung dari panci masak sama seperti di adegan-adegan dalam drakor.

3. Bulgogi

Image Source: Freepik

Buat kamu pecinta daging, makanan ini tentu sudah tidak asing bagi para penonton drakor. Bulgogi yang merupakan daging sapi bakar merupakan makanan yang identik dan sangat diminati oleh semua orang. Terdapat berbagai varian bulgogi yang biasanya disajikan bersama kimchi dan juga selada.

Nah, agar nonton drakor kamu lebih asyik, kamu juga bisa membuat bulgogi sendiri sambil menonton drakor kesayangan. Daging bulgogi dapat kamu beli di supermarket beserta dengan side dishnya. Kamu tidak memerlukan panggangan yang sangat besar untuk membuat bulgogi sendiri, cukup gunakan panggangan meja dan kamu bisa menyantap bulgogi sambil menonton drakor kesayangan kamu.

4. Kimchi

Image Source: Pexels

Penggemar Korea mana yang tidak mengenal kimchi? Kimchi adalah hidangan tradisional paling khas dari Korea yang berupa asinan sayur hasil fermentasi dengan bumbu pedas. Umumnya, kimchi dibuat dengan sawi putih dan lobak.

Kimchi merupakan makanan yang wajib ada dalam hidangan Korea. Berbagai olahan kimchi juga dapat menjadi menu tersendiri seperti sup kimchi atau biasa disebut kimchi jjigae, nasi goreng kimchi atau kimchi bokkeumbap, dan makanan lainnya.

Kamu juga dapat membuat kimchi sendiri dengan bahan yang sangat mudah ditemukan, baik di pasar ataupun supermarket. Kamu cukup menyiapkan sawi putih yang sudah dicuci bersih lalu digarami, kemudian masukkan ke dalam toples dan masukkan kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah.

Simpan kimchi beberapa waktu sampai terfermentasi dengan baik. Jika sudah siap, kimchi dapat menjadi hidangan untuk menemani kamu menonton drakor atau dibuat sebagai hidangan lain.

5. Popcorn

Image Source: Pexels

Makanan yang satu ini memang tidak bisa disebut sebagai hidangan khas Korea. Namun, tetap menjadi makanan favorit untuk semua orang, baik menonton drakor ataupun menonton di bioskop.

Popcorn merupakan makanan berbahan dasar jagung yang dipanaskan sehingga menjadi mengembang. Pada titik panas tertentu, jagung akan meletup sehingga menjadi popcorn. Kamu dapat membuat sendiri popcorn dengan alat pembuat popcorn yang praktis dan menghemat waktu. Menonton drakor pun jadi tidak membosankan sambil mengemil popcorn.

***

Itulah informasi beberapa hidangan yang dapat menjadi teman kamu saat menonton drama Korea favoritmu. Kira-kira drama Korea apa yang sedang kamu tonton saat ini? Pastinya seru dan membuat penasaran untuk terus menontonnya kan? Kalau begitu, selamat menonton drakor sambil menikmati makanan favorit kalian ya.