Lakukan 5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa, Sah-Sah Saja Kok!

Lakukan 5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa, Sah-Sah Saja Kok!

Mungkin sebagian orang sangat menyukai atau rutin berolahraga. Karena seperti yang kita ketahui bahwa olahraga merupakan kegiatan yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, ketika memasuki bulan Ramadan biasanya orang-orang yang rutin berolahraga menghentikan rutinitasnya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena takut kelelahan ketika berpuasa.

Namun, tahukah kamu jika tetap berolahraga selama berpuasa itu tidak masalah?

Menjalankan kegiatan olahraga ringan saat puasa bisa menjadi kesempatan bagi kamu yang hendak menurunkan berat badan loh!  Ketika kamu berolahraga di saat menjalankan puasa, tentu lebih banyak kalori yang terbakar. Hal ini tentunya merupakan sebuah hal yang positif dong!

Oh ya, jika biasanya kamu berolahraga di waktu yang random, pastikan kamu memperhatikan waktu yang tepat untuk olahraga ringan ketika bulan puasa ya. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ringan saat puasa sebenarnya tergantung pada diri sendiri. Karena kekuatan setiap orang untuk berpuasa bisa berbeda-beda. Terdapat waktu paling baik bagi kamu untuk melakukan olahraga ringan saat puasa, yaitu sebelum buka puasa, setelah buka puasa, dan setelah sahur.

Lalu, apa aja sih jenis-jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan pas bulan puasa?

Lakukan 5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa, Sah-Sah Saja Kok!
  • Naik Turun Tangga

Bagi kamu yang selama berpuasa lebih senang di rumah, bisa melakukan olahraga ringan yang sederhana satu ini loh! Cuma pastikan di rumah mu ada tangga yang aman ya. Jenis olahraga ringan yang satu ini merupakan deskripsi olahraga murah yang sangat tepat dilakukan di pagi hari. Untuk melakukan gerakan olahraga ini, pastikan kamu melakukan peregangan di awal yah, beberapa saat sebelum menaiki dan menuruni tangga di rumah. Oh ya, kalau bisa lakukan di pagi hari bahkan sebelum orang rumah melakukan kegiatan sehari-hari hingga tidak mengganggu kegiatan olahraga. Bagi kamu yang mungkin tidak memiliki tangga di rumah dapat memanfaatkan permukaan yang lebih tinggi di rumah untuk dinaik turunkan bergantian.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga ringan di masa sekarang yang banyak diminati. Karena tidak membutuhkan biaya yang banyak dan hanya memerlukan waktu beberapa menit, membuat olahraga bersepeda bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang mau berolahraga di bulan puasa. Tips penting untuk kamu yang ingin bersepeda yaitu, pilih jalur yang tidak banyak kendaraan bermotornya. Dengan memperhatikan tips bersepeda maka kegiatan olahraga ringan kamu yang satu ini akan terasa lebih nyaman pastinya. Dengan bersepeda, kalori yang terbakar juga maksimal kok Jaknoters!

  • Yoga

Wanita mana sih yang masih meragukan manfaat olahraga ringan yang satu ini? Yoga merupakan olahraga yang identik dengan wanita. Namun, jangan anggap remeh olahraga yang memang tergolong ringan ini. Walau terlihat ringan untuk dilakukan, namun faktanya tidak semua gerakan yoga itu mudah diikuti loh. Olahraga ringan ini tidak membutuhkan perlengkapan rumit kecuali sebuah karpet yoga. Bagi kamu yang akan memulai olahraga yoga ini perlu menyediakan waktu luang sekitar 45 menit yah. Tidak harus selalu dengan pelatih, gerakan yoga dapat kamu latih sesuai dengan panduan yang bisa kamu temukan di berbagai sumber. Latihan yoga ini dapat lakukan di kamar atau ruang tamu yang cukup luas. Jika kamu merasa bosan melakukan ini sendirian, ajaklah beberapa teman untuk melakukan olahraga ringan ini bersama di rumah. Lumayan kan bisa sehat bareng sambil nunggu waktu berbuka!

  • Angkat Beban

Olahraga angkat beban tidak selalu berarti menggunakan beban yang berat yah. Khususnya untuk wanita, kamu hanya perlu memilih dumbbell kecil sebagai alternatifnya. Selain itu, dumbbell kecil juga praktis digunakan dan juga disimpan. Yuk buat badan tetap aktif dengan angkat beban. Manfaat lain dari olahraga ringan yang satu ini adalah untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang selama masa puasa.

  • Jalan santai

Jika badan mu sudah terasa kaku atau cukup lelah, coba lakukan olahraga ringan yang satu ini deh! Ambil waktu sejenak untuk rileks dengan mencoba jalan santai di halaman rumah. Jalan santai bukan cuma memberikan manfaat untuk tubuh yang sehat tapi juga bisa menjernihkan pikiran loh! Agar hasilnya terasa lebih maksimal, kamu bisa meningkatkan kecepatan mu saat berjalan kaki. Kegiatan olahraga ringan berkecepatan tinggi ini juga dipercaya memberi dampak pada penurunan risiko kematian loh! Nikmati saja jalan santai di halaman rumah sembari mendengarkan musik religi. Alhasil hati tenang, tubuh juga sehat selama puasa.

Temukan koleksi earphone terbaik untuk melengkapi kegiatan olahraga ringan kamu!

Nah, gimana Jaknoters? Kira-kira kamu mau jalankan kegiatan olahraga ringan yang mana nih? Inget ya! Jangan anggap remeh olahraga yang memang tergolong ringan. Walau cukup ringan, namun manfaatnya nggak kalah dengan dari olahraga-olahraga rumit lainnya. Jangan lupa tentukan waktu yang tepat juga ya untuk berolahraga selama bulan puasa hingga hasilnya positifnya juga maksimal!

Jika kamu membutuhkan perlengkapan olahraga ringan yang berkualitas dan bermanfaat, pastikan kamu langsung cek ketersedian nya di JakartaNotebook yah!