Latih Akurasi Pukulan, Reaksi, dan Kecepatan dalam Bela Diri dengan Alat Ini!

Akurasi dan kecepatan pukulan ternyata bisa dilatih menggunakan alat khusus. Lalu apa alat itu? Simak artikel ini ya.

Latih Akurasi Pukulan, Reaksi, dan Kecepatan dalam Bela Diri dengan Alat Ini!
Source Image: Unsplash

Refleks dalam ilmu beladiri memang harus dilatih agar Anda dapat mengantisipasi setiap pukulan yang datang serta tahu cara untuk melakukan perlawanan balik agar lawan tanding Anda kalah maupun kewalahan.

Refleks itu sendiri adalah gerakan tanpa sadar dan merupakan respon yang tiba-tiba datang akibat adanya rangsangan. Seperti pukulan yang ditujukan kepada Anda kemudian mampu Anda hindari. Namun, tidak semua orang memiliki refleks yang sama. Maka dari itu, Anda harus melatihnya guna menciptakan refleks yang baik.

Terdapat salah satu alat yang sederhana namun dapat melatih hampir seluruh kemampuan Anda. Apalagi bagi Anda yang memang sedang gemar atau melakoni olahraga tinju. Alat tersebut adalah reflex ball.

Jusenda Punching Reflex Ball Samsak Tinju Speed Punching - DS212 - Red - JakartaNotebook.com
Jusenda Punching Reflex Ball Samsak Tinju Speed Punching - DS212 termurah. Dapatkan dengan mudah Jusenda Punching Reflex Ball Samsak Tinju Speed Punching - DS212 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara berlatih menggunakan reflex ball atau bola refleks adalah dengan menggunakannya di kepala. Ikat kepala tersebut terhubung dengan bola yang dikaitkan dengan tali. Anda cukup memukul bola tersebut secara berulang-ulang untuk melatih pukulan. Bola yang datang kepada Anda diasumsikan sebagai pukulan lawan.

Berlatih menggunakan bola refleks dapat meningkatkan daya bertahan dan juga menyerang Anda selama bertinju. Latihan rutin menggunakan bola refleks pun dapat meningkatkan kemampuan serta naluri Anda dalam bela diri, terutama saat bertarung. Hal ini bertujuan untuk mempertajam koordinasi tubuh Anda seperti mata dan tangan.

Terdapat tujuh keuntungan apabila Anda berlatih secara rutin menggunakan bola ini. Pertama, Anda dapat meningkatkan reaksi kecepatan dalam menghindar. Terutama dari pukulan-pukulan yang dilayangkan oleh lawan tanding Anda.

Kedua, melatih kecepatan pukulan. Pukulan yang kuat namun tidak diimbangi dengan kecepatan tentu saja akan sia-sia karena lawan dapat dengan mudah memprediksi gerakan Anda dan mampu melancarkan serangan balik. Untuk itu, berlatih dengan bola refleks mampu meningkatkan kecepatan pukulan Anda.

Ketiga, kecepatan visual. Ketika berada di dalam ring tinju, Anda hanya dihadapkan dengan satu lawan yang kerap melakukan gerakan untuk mencari celah guna membuat Anda kalah. Kecepatan pergerakan lawan yang tidak dapat diprediksi akan berakibat fatal bagi Anda karena sang lawan dapat terus memperdaya dengan melakukan gerakan tipuan. Melatih kecepatan visual pun dapat membantu Anda dalam bertarung.

Keempat, kecepatan serangan balik. Mengandalkan serangan balik adalah sesuatu hal yang sangat ‘mematikan’. Bermodal memanfaatkan satu celah saja, maka petinju yang melakukan serangan balik dapat melancarkan serangan bertubi-tubi sehingga membuat lawan K.O atau knock out.

Kelima, akurasi pukulan. Sebisa mungkin pukulan yang dilayangkan harus tepat sasaran agar merobohkan pertahanan lawan. Maka dari itu, bola yang mental harus Anda pukul dengan tepat dan cepat agar akurasi Anda terjaga.

Keenam, koordinasi mata dan otak. Koordinasi keduanya harus berjalan sinkron agar Anda dapat melakukan pertarungan dengan baik. Apa yang Anda lihat akan direspon oleh otak guna berfikir apa yang harus dilakukan. Latihan rutin menggunakan bola refleks dapat memperkuat koordinasi tersebut.

Ketujuh atau terakhir, melatih kebugaran. Berlatih dengan alat ini memang terlihat sangat sederhana, tapi percayalah bahwa latihan semacam ini akan menguras tenaga. Dengan rutin berlatih, kebugaran tubuh Anda pun juga akan meningkat.

Nah, bagi Anda yang sedang menekuni hal ini atau sedang berlatih tinju dengan serius sangat disarankan menggunakan bola refleks agar kemampuan bertinju Anda semakin piawai.