Latih Kekuatan Otak dengan Berolahraga

Melatih kekuatan otak dengan berolahraga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Latih Kekuatan Otak dengan Berolahraga
Image Source: Vecteezy

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang krusial untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit. Tidak hanya fisik, mereka yang sering berolahraga juga cenderung memiliki mental yang kuat, serta lebih gigih dalam bekerja. Alasan dibalik argumen ini adalah karena berolahraga juga mampu melatih kekuatan otak. Perlu diingat, olahraga yang dimaksud bukanlah olahraga secara serampangan dan tidak teratur.

Saat kamu memutuskan untuk berolahraga, ada baiknya untuk mengatur target yang ingin dicapai. Sebagai contoh, hari ini kamu harus lari sejauh 5 km. Sebulan setelah itu, kamu harus meningkatkan target menjadi 7 km. Mencapai target awal dan menetapkan target baru yang lebih tinggi adalah mindset olahraga untuk melatih mental sekaligus fisik sehingga tidak mudah frustasi. Bisa dibilang, berolahraga dengan tepat merupakan salah satu metode self-improvement.

Image Source: Vecteezy

Secara fisik, olahraga yang kamu lakukan akan membentuk otot-otot, menjaga sendi tetap sehat, dan meningkatkan kualitas tidur. Duduk berjam-jam di kantor, mondar-mandir mengurus berkas, maupun naik turun tangga tidak akan menjadi masalah. Di sisi lain, berolahraga juga mempengaruhi kekuatan mental, seperti mencegah depresi, rasa cemas berlebih, serta meningkatkan mood. Pertanyaannya adalah apa hubungannya olahraga dengan melatih otak dan mental?

Secara tidak langsung, target yang kamu tetapkan saat berolahraga akan membuat tubuh bekerja lebih keras. Dari sini, kita melatih tubuh dan pikiran untuk memiliki pola pikir “hidup itu susah, kamu harus memperkuat diri dengan banyak berlatih”. Pernyataan ini juga didukung dengan studi yang mengungkapkan bahwa melakukan yoga dan meditasi secara rutin mempengaruhi kerja otak.

Bagian otak yang mengatur proses belajar, emosi, perspektif, dan perasaan iba akan menjadi lebih kuat. Sedangkan, mereka yang hobi aerobik akan lebih tahan stres karena kondisi syaraf otak yang terhubung dengan baik. Syaraf yang terhubung dengan baik juga akan mempengaruhi proses belajar. Materi pelajaran menjadi lebih mudah dicerna sejalan dengan peningkatan daya ingat.

Image Source: Vecteezy

Untuk mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal, berpikir positif adalah kunci. Jadikan olahraga sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan. Kesenangan dapat menimbulkan feedback yang baik untuk tubuh dan pikiran. Saat kamu telah memenuhi target tertentu, kamu akan merasa puas dan berusaha untuk mencapai target yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, olahraga yang baik dan benar adalah olahraga yang tidak berlebihan namun konsisten. Pahami kemampuan tubuh dan pasang target yang sesuai. Seiring berjalannya waktu, kondisi fisik akan meningkat dan kamu bisa menetapkan target yang lebih tinggi.

Kesibukan yang tiada henti biasanya membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke gym, lari, bersepeda, ataupun olahraga lainnya. Namun jangan khawatir karena sekarang ini sudah banyak sekali peralatan olahraga yang dapat membantumu untuk workout di rumah. Berikut ini adalah perlengkapan olahraga yang bisa kamu gunakan di rumah.

1. Matras Yoga

Image Source: JakartaNotebook

Meditasi dan peregangan merupakan olahraga penting yang kamu perlukan, apalagi jika kamu jarang bergerak setelah seharian bekerja. Agar gerakan yoga yang kamu lakukan lebih maksimal, menggunakan matras yoga sangat disarankan karena matras memiliki bantalan busa empuk sehingga gerakan yang kamu lakukan tidak akan membuat tumpuan badan menjadi sakit.

2. Resistance Band

Image Source: JakartaNotebook

Jika kamu jarang berolahraga dan memiliki risiko tinggi karena beban tubuh yang terlalu berat, kamu bisa berolahraga dengan menggunakan resistance band. Resistance band akan memberikan beban yang cukup untuk tubuh karena terdapat beberapa variasi berat untuk setiap tali yang berbeda.

3. Tiang Pull Up

Image Source: JakartaNotebook

Tidak punya barbel atau alat angkat beban? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan tubuhmu sendiri sebagai beban dengan melakukan gerakan pull up. Pull up merupakan kegiatan menarik badan ke arah atas dan bisa dilakukan secara rutin untuk melatih otot bagian atas. Tiang pull up bisa menjadi solusi untuk kamu karena alat ini cukup mudah untuk dipasang dan tidak merepotkan ketika digunakan.

4. Papan Push Up

Image Source: JakartaNotebook

Push up merupakan salah satu kegiatan olahraga indoor yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan murah. Untuk mencapai efektivitas push up yang maksimal, kamu bisa memaksimalkannya menggunakan papan push up. Dilengkapi handle yang dapat diatur posisinya, kamu jadi bisa melakukan variasi push up sesuai dengan warna-warna yang ada pada papan.

Dari semua hal yang sudah dijabarkan, kita dapat menyimpulkan bahwa olahraga memiliki dampak baik untuk tubuh, pikiran, serta memiliki akses yang relatif mudah. Olahraga dapat melatih mental, fisik, serta membentuk pola pikir positif apabila dilakukan secara rutin dan kontinu. Melatih kekuatan otak dengan berolahraga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Yuk, mulai olahraga untuk kebaikan di masa datang!