8 Macam-Macam Bunga dan Maknanya untuk Pernikahan

Setiap bunga memiliki makna indahnya tersendiri, seperti bunga lily yang melambangkan kemurnian, bunga anggrek yang menggambarkan keabadian cinta, dan bunga mawar yang menyiratkan cinta sejati.

8 Macam-Macam Bunga dan Maknanya untuk Pernikahan
Sumber: Freepik

Pernikahan adalah momen yang penuh dengan harapan dan kebahagiaan bagi dua insan yang bersatu dalam ikatan suci. Dalam upacara pernikahan, terdapat beberapa elemen esensial yang tidak tergantikan, salah satunya adalah bunga.

Selain mempercantik lokasi resepsi pernikahan agar suasana semakin hidup, bunga juga dipercaya menjadi simbol untuk mengekspresikan perasaan atau emosi kepada pasangan hidup, seperti kutipan dari Stephanie Skeem berikut.

"Flowers don't tell, they show" – Stephanie Skeem

Ternyata di balik bentuk dan warnanya yang sangat indah, setiap bunga memiliki karakter dan makna yang indah pula yang tentu berbeda-beda antara bunga yang satu dengan yang lain.

Macam-Macam Bunga Beserta Maknanya

Nah, untuk pasangan yang hendak menikah dan masih bingung dalam menentukan jenis bunga yang tepat, ada baiknya untuk menyimak makna indah di balik deretan macam-macam bunga berikut ini agar pernikahan kamu semakin cantik dan berkesan.

1. Bunga Mawar

Bunga Mawar
Sumber: Freepik

Tidak ada bunga yang lebih klasik dan romantis daripada mawar. Mawar melambangkan cinta sejati, kecantikan, dan keabadian. Tak heran jika bunga ini sering menjadi primadona dan hampir selalu tidak pernah absen di setiap acara pernikahan.

Wonder Time Bunga Mawar Dekorasi Gold Foil Flower 24K Galaxy Rose - WT24 - Red - JakartaNotebook.com
Wonder Time Bunga Mawar Dekorasi Gold Foil Flower 24K Galaxy Rose - WT24 termurah. Dapatkan dengan mudah Wonder Time Bunga Mawar Dekorasi Gold Foil Flower 24K Galaxy Rose - WT24 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Macam-macam bunga mawar berwarna merah khusus melambangkan cinta yang mendalam. Sementara itu, mawar putih menggambarkan kesucian dan keabadian cinta. Ada pula yang berwana merah muda dengan arti keanggunan dan kekaguman.

2. Bunga Baby's Breath

Bunga Baby's Breath
Sumber: Freepik

Macam-macam bunga yang digunakan untuk pernikahan selanjutnya adalah Baby's breath.

Baby's breath atau yang dikenal juga sebagai gypsophila, sering digunakan sebagai boutonnieres, latar belakang pelaminan, hingga dekorasi dalam vas di atas meja saat acara pernikahan.

Walaupun ukurannya kecil dan sederhana, bunga ini akan tetap terlihat anggun dan cantik bahkan saat dibawa berjalan di altar pernikahan sekali pun. Konon arti bunga ini melambangkan kelembutan, kemurnian hati, ketulusan, dan cinta yang abadi pada pasangan yang baru menikah.

3. Bunga Lily

Bunga Lily
Sumber: Freepik

Siapa, sih, yang tidak terpukau dengan cantiknya bunga lily, khususnya lily bakung? Sama dengan rupanya yang indah, macam-macam bunga ini memiliki makna yang indah pula, yaitu kehidupan baru dalam kesucian.

Selain itu, ada juga jenis lily calla yang dianggap sebagai lambang kemurnian, keindahan, dan kesetiaan sepanjang hidup. Dalam beberapa budaya, lily calla juga dipercaya sebagai lambang kelahiran kembali dengan awal yang baru.

4. Bunga Tulip

Bunga Tulip
Sumber: Freepik

Tulip diyakini merupakan simbol dari percintaan dan harmoni. Macam-macam bunga tulip umumnya memiliki variasi warna yang cantik, yaitu merah, putih, kuning, dan ungu.

Setiap warna tulip tentu menyimpan makna yang berbeda. Tulip merah mewakili cinta abadi, tulip kuning untuk persahabatan yang kokoh, tulip ungu sebagai simbol loyalitas, dan tulip putih menggambarkan kesucian dan kemurnian cinta.

DDSSTORE Vas Bunga Botol Kaca Aesthetic Bottle Vases Flower Pot 500 ml - EN549 - Brown - JakartaNotebook.com
DDSSTORE Vas Bunga Botol Kaca Aesthetic Bottle Vases Flower Pot 500 ml - EN549 termurah. Dapatkan dengan mudah DDSSTORE Vas Bunga Botol Kaca Aesthetic Bottle Vases Flower Pot 500 ml - EN549 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Bunga Melati

Sumber: Businesswedding

Apakah kamu tahu? Bunga yang memiliki aroma khas yang semerbak ternyata menggambarkan kesucian pernikahan dan ketulusan dari kedua pasangan pengantin, lho!

Dalam prosesi pernikahan, macam-macam bunga melati jadi salah satu perlengkapan yang populer di Indonesia. Bunga ini umumnya digunakan sebagai hiasan pada kepala pengantin perempuan, baju, hingga pelengkap ritual.

6. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
Sumber: Freepik

Bunga yang cantik ini memiliki makna simbolis yang kaya dalam pernikahan, yaitu keindahan, keistimewaan, keanggunan, dan kekuatan cinta abadi antara pasangan yang menikah.

Kehadiran bunga anggrek dalam buket pengantin atau dekorasi centerpieces tak pernah gagal memberikan kesan mewah. Konon bunga ini juga termasuk ke dalam golongan bunga yang mahal karena keunikan dan kelangkaannya dibandingkan bunga lainnya.

7. Bunga Daisy

Sumber: talpop.pop

Apakah kamu pernah bertanya-tanya asal-usul nama bunga daisy? Daisy berasal dari kata Daes Eage yang berarti matahari karena bunga ini hanya akan mekar saat matahari terbit dan akan kuncup saat matahari terbenam. Menarik bukan?

Makna bunga yang juga dikenal sebagai aster ini melambangkan berbagi rasa dan kebersamaan tulus antara dua orang yang saling mencintai dalam kehidupan pernikahan.

PRETTYAM Vas Bunga Modern Iron Wire Flower Pot Nordic Style - PW6 - Black - JakartaNotebook.com
PRETTYAM Vas Bunga Modern Iron Wire Flower Pot Nordic Style - PW6 termurah. Dapatkan dengan mudah PRETTYAM Vas Bunga Modern Iron Wire Flower Pot Nordic Style - PW6 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Bunga Krisan

Sumber: Freepik

Krisan atau yang memiliki nama lain bunga seruni ini memiliki makna keceriaan dan kelimpahan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga. Bunga krisan dapat menjadi alternatif selain bunga mawar, lho.

Bunga ini memiliki dua tipe, yaitu tipe spray serta standar. Bunga krisan tipe spray dalam satu tangkai bunga terdiri dari sepuluh hingga dua puluh kuntum bunga yang memiliki ukuran kecil. Sementara tipe standar, pada satu tangkainya hanya terdiri dari satu kuntum bunga berukuran besar.

Pada dasarnya, macam-macam bunga memiliki makna indah yang dipanjatkan sebagai doa pada pasangan pengantin. Penggunaan berbagai jenis bunga yang telah disebutkan di atas dapat menciptakan suasana pernikahan yang semakin memesona dan penuh makna.

Dengan memahami makna simbolis di balik setiap bunga, pasangan dapat menambahkan sentuhan pribadi yang mendalam dalam upacara pernikahan.

Jangan lupa memilih bunga yang sesuai dengan tema pernikahanmu, ya!