7 Mainan Edukasi Anak untuk Bantu Tumbuh Kembangnya

Dukung petumbuhan anak dengan memberikan edukasi sejak dini dengan cara yang menyenangkan menggunakan rekomendasi mainan edukasi anak berikut ini.

7 Mainan Edukasi Anak untuk Bantu Tumbuh Kembangnya
Image Source: Freepik/stockimagefactorycom

Tahukah kamu? Pada perkembangan anak, terdapat tahap penting pada masa awal kehidupannya, yang biasa disebut dengan golden age. Golden age adalah periode saat anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Di masa ini, anak memerlukan banyak stimulasi karena banyak perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik yang terjadi. Masa-masa emas ini berada dalam rentang antara usia 0 sampai 6 tahun.

Nah, untuk membantu agar perkembangan si kecil dapat optimal, kamu dapat memberikan mainan edukasi. Tidak hanya menyenangkan, mainan edukasi juga dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung proses belajar anak, lho!

Lalu apa saja, ya, manfaat mainan edukasi dalam tumbuh kembang anak? Yuk, simak uraiannya berikut dan jangan lupa juga untuk intip deretan rekomendasinya di bawah ini!

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak
Image Source: Freepik

Mainan edukasi memiliki manfaat penting dalam membantu tumbuh kembang anak, antara lain:

  1. Membangun kreativitas anak. Mainan edukasi dapat merangsang kreativitas anak melalui aktivitas seni dan kerajinan, membantu mengekspresikan diri, hingga belajar untuk berpikir kritis.
  2. Membentuk kemampuan kognitif. Melalui mainan edukasi, perkembangan kognitif anak dapat terangsang, seperti kemampuan pemecahan masalah, pemikiran kreatif, dan kemampuan berpikir logis.
  3. Meningkatkan kemampuan motorik. Memasang balok, merangkai puzzle, atau bermain dengan mainan konstruksi dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar.
  4. Melatih keterampilan bersosialisasi. Beberapa mainan edukasi dapat membantu anak untuk belajar berbagi, bekerja sama, dan berinteraksi dengan orang lain.
  5. Meningkatkan kecerdasan emosional. Saat bermain, anak juga dapat belajar mengenali, memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi, baik emosi mereka sendiri maupun emosi orang lain.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak

Setelah tau fungsi dan manfaatnya, tentu kamu semakin ingin membawa mainan ini pulang. Lalu, apa saja mainan edukasi anak yang cocok membantu tumbuh kembang si kecil?

1. Puzzle

mainan puzzle
Image Source: JakartaNotebook

Puzzle Tangram Tetris Wooden Intelligence merupakan mainan edukasi anak 3 tahun yang mampu melatih motorik halus pada anak seperti mengendalikan tangan, menggenggam, dan memindahkan objek dengan presisi.

Puzzle juga memungkinkan si kecil untuk belajar berpikir logis dengan cara memecahkan masalah. Anak perlu mencari tahu cara memasangkan potongan-potongan yang cocok untuk membentuk gambar yang utuh.

Mainan ini merupakan pilihan yang tepat dalam melatih kemampuan berpikir analitis, penalaran, dan problem solving pada anak. Potongan puzzle yang colorful juga tidak akan membuat mereka cepat bosan.

2. Papan Tulis Ajaib

mainan papan tulis ajaib
Image Source: JakartaNotebook

Bakat yang dimiliki anak sudah bisa terlihat sejak kecil. Jika si kecil suka mencoret-coret tembok atau mewarnai benda di sekitarnya, bisa jadi dia tertarik dengan dunia seni.

Kini tak perlu khawatir rumah kotor karena karya dari si kecil karena kamu bisa gunakan papan tulis ajaib dari MARUMINE ini sebagai solusinya. Dengan papan tulis ini, kreativitas anak pun dapat terlatih dengan menulis dan menggambar.

Berbeda dari papan tulis biasa, produk ini menggunakan material khusus yang membuatnya bisa menyala dalam gelap. Sekarang si kecil bisa bebas menggambar dan menulis sesuai keinginannya tanpa takut dimarahi.

3. Mencocokkan Bentuk

mainan anak mencocokkan bentuk
Image Source: JakartaNotebook

Mainan edukasi anak 1 tahun yang satu ini mampu membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak, termasuk pemahaman konsep bentuk, pengenalan warna, dan membedakan ukuran.

Terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, mainan dari DOYOQI ini melatih fokus dan ketelitian si kecil. Perlahan anak akan belajar untuk mengamati, membandingkan, dan memecahkan masalah secara kognitif.

Melakukan pencocokan objek dengan bentuk yang sesuai akan membantu melatih kemampuan anak dalam mengamati perbedaan dan kesamaan, serta meningkatkan fokus pada detail, konsentrasi, dan ketelitian.

4. Feeding Game

mainan feeding game burung pelatuk
Image Source: JakartaNotebook

Rekomendasi mainan edukasi selanjutnya adalah feeding game burung pelatuk. Mainan ini dapat menjadi media untuk menjelaskan tentang jenis makanan, warna, dan bentuk, serta mengungkapkan keinginan untuk memberi makan.

Si kecil akan diberikan kesempatan untuk memberi makan burung pelatuk dengan umpan ulat yang harus ia ambil. Mainan ini juga akan merangsang motorik halus untuk memasukkan makanan ke dalam mulut burung pelatuk.

Mainan untuk anak umur 3 tahun ini bisa dimainkan bersama dengan orang tua sehingga akan meningkatkan kemampuan komunikasi anak saat berinteraksi dengan orang lain dan memperkaya kosakata.

5. Puzzle Alfabet dan Angka

mainan anak puzzle alfabet dan angka
Image Source: JakartaNotebook

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan mainan mencocokan bentuk, puzzle alfabet ini juga dapat melatih motorik halus si kecil. Mainan ini juga dapat melatih kreativitas dan imajinasi anak karena dapat digunakan untuk membentuk bangun ruang.

Anak akan diajak untuk mencocokkan huruf serta menyambungkan puzzle yang ada. Selain itu, mereka dapat mengenal aneka huruf dan angka sehingga dapat membantu memperlancar proses berbicara.

6. Alat Musik Percussion

mainan anak alat musik percussion
Image Source: JakartaNotebook

Kamu dapat mulai mengenalkan anak pada musik dengan menggunakan mainan alat musik percussion satu ini. Terlibat dalam aktivitas musik dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan dan mata.

Selain itu, bermain musik juga merangsang perkembangan kognitif si kecil. Mereka akan belajar tentang konsep-konsep musik seperti ritme, melodi, dan harmoni, yang dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan berpikir kreatif.

7. Puzzle Roller Coaster Labirin

mainan Puzzle Roller Coaster Labirin
Image Source: Jakartanotebook

Berbeda dengan puzzle pada umumnya, mainan edukasi ini terdiri dari sebuah labirin atau jalur yang dilengkapi dengan bola atau marbel kecil yang harus dipandu melewati rintangan-rintangan dalam labirin tersebut.

Anak akan belajar untuk memandu bola atau marbel melalui jalur yang ditentukan. Selama proses ini, mereka akan mengembangkan keterampilan tangan dan mata serta belajar tentang konsep ruang dan arah.

Mendukung tumbuh kembang anak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Pilihlah mainan edukasi anak secara bijak sesuai dengan umur dan tingkat perkembangan mereka agar dapat memberikan manfaat yang optimal.

Nah, untuk menunjang kebutuhan si kecil, kamu dapat menggunakan perlengkapan anak lainnya, seperti meja belajar anak, potty seat, tenda anak, hingga spidol warna warni.