Mainan Viral Tiktok yang Pernah Digandrungi Anak-Anak

Mainan viral tiktok yang pernah diminati oleh anak-anak di antaranya lato-lato, squishy, slime, rubik, yoyo, hingga jenga.

Mainan Viral Tiktok yang Pernah Digandrungi Anak-Anak
Image Source: Dont Waste Your Money

Beberapa bulan yang lalu mainan jadul seperti lato-lato sangat ramai dimainkan di kalangan anak-anak. Lato-lato menjadi mainan viral dan banyak dibicarakan oleh masyarakat. Mainan anak viral lato-lato bahkan dijadikan kompetisi dengan berbagai hadiah menarik mulai dari sepeda hingga sepeda motor.

Selain lato-lato ada banyak sekali mainan viral Tiktok yang pernah sangat digandrungi pada masanya. Tak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga merasakan serunya beberapa mainan ini.

Mainan Viral Tiktok Pada Masanya yang Wajib Kamu Coba

Selain lato-lato, mainan apa saja yang pernah viral dan diminati oleh anak-anak? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Squishy

Image Source: Curious Minds

Squishy adalah mainan berbentuk hewan, makanan, atau objek lainnya yang terbuat dari bahan yang empuk dan elastis. Mainan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja karena teksturnya yang lembut. Squishy menjadi tren di banyak negara, termasuk di Indonesia, dan telah menjadi salah satu mainan viral Tiktok.

JIMITU Mainan Boneka Squishy Action Figure Model Squirrel - JT02 - Brown - JakartaNotebook.com
JIMITU Mainan Boneka Squishy Action Figure Model Squirrel - JT02 termurah. Dapatkan dengan mudah JIMITU Mainan Boneka Squishy Action Figure Model Squirrel - JT02 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Squishy terbuat dari bahan polyurethane foam, yang memberikan tekstur lembut dan kenyal. Mainan anak viral ini sering ditawarkan dengan bentuk yang imut dan menarik, seperti hewan lucu, makanan, buah-buahan, atau karakter kartun.

Tidak hanya menarik untuk digunakan sebagai dekorasi, banyak orang yang menggunakan mainan ini sebagai alat penghilang stres. Pasalnya setelah diremas, squishy dapat mengembang kembali ke bentuk aslinya sehingga memberikan sensasi puas.

2. Slime

Slime
Image Source: taenk

Slime terbuat dari campuran berbagai bahan seperti lem PVA, pengental, pewarna, dan berbagai tambahan lainnya untuk menciptakan tekstur yang kenyal dan elastis. Slime seringkali digunakan sebagai mainan penghilang stres dan memberikan kegiatan yang kreatif dan menyenangkan.

Mainan anak viral ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk melatih keterampilan motorik halus anak-anak. Saat mereka memainkan slime, mereka akan melibatkan gerakan tangan dan jari yang halus dan presisi.

Proses ini dapat membantu memperbaiki koordinasi mata dan tangan, serta meningkatkan kemampuan motorik halus mereka.

3. Yoyo

Yoyo
Image Source: TheHindu

Untuk kamu generasi 90-an pasti tak asing dengan mainan anak yang satu ini, bukan? Yoyo menjadi mainan viral pada masanya bahkan sebelum sosial media berkembang seperti sekarang. Tak hanya anak-anak, yoyo juga banyak dimainkan oleh remaja bahkan orang dewasa.

Cara memainkannya cukup mudah, kamu hanya perlu menggulung tali ke bagian tengah yoyo, kemudian jatuhkan dari tangan dan tarik kembali agar yoyo kembali ke genggaman. Daya tarik lain permainan yoyo adalah kamu bisa memainkan beberapa trik.

MOHR YOYO Mainan Yoyo High Speed Bearing Blazing Teens - M3016 - Blue - JakartaNotebook.com
MOHR YOYO Mainan Yoyo High Speed Bearing Blazing Teens - M3016 termurah. Dapatkan dengan mudah MOHR YOYO Mainan Yoyo High Speed Bearing Blazing Teens - M3016 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Ada beberapa trik terkenal yang bisa kamu mainkan di antaranya adalah:

  • Sleeper, trik dasar di mana yoyo berputar di ujung tali dalam waktu yang lama sebelum diulurkan kembali ke tangan.
  • Walk the Dog, yoyo dijatuhkan ke lantai dan ditarik kembali dengan tali sambil berjalan seperti anjing.
  • Rock the Baby, yoyo digoyangkan dan diayun-ayunkan di tali dan membentuk ayunan.
  • Around the World, yoyo dijatuhkan ke samping dan mengelilingi tubuh pengguna sebelum diulurkan kembali ke tangan.
  • Split the Atom, yoyo diputar secara horizontal dan kemudian dilepaskan dari tali dan diulurkan kembali dengan gerakan cepat.
  • Boomerang, yoyo dilemparkan dengan gerakan melingkar sehingga kembali ke tangan tanpa disentuh.

Trik di atas merupakaan 6 trik diantara puluhan bahkan ratusan trik lainnya. Permainan yoyo juga banyak menggelar kompetisi-kompetisi dengan hadiah yang menarik, loh!

4. Rubik

Image Source: ClickAmericana

Mainan anak viral yang pernah digandrungi banyak orang berikutnya adalah rubik. Rubik adalah permainan teka-teki yang terdiri dari kubus berukuran 3x3 dengan enam sisi dengan berbagai warna. Setiap sisi kubus memiliki sembilan kotak kecil yang dapat diputar secara independen.

Tujuan utama dari permainan ini adalah menyatukan 6 sisi kotak tersebut menjadi satu warna. Namun untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah, karena setiap putaran pada satu sisi akan mempengaruhi posisi dan orientasi kotak-kotak pada sisi lain.

Walau sulit, tak sedikit orang yang mampu menyelesaikan teka-teki rubik hanya dalam hitungan detik saja, loh! Mainan anak viral ini juga mengadakan kompetisi untuk mencari siapa yang paling cepat untuk menyelesaikan teka-teki rubik.

Selain versi klasik 3x3, saat ini kamu juga bisa menemukan mainan ini dengan berbagai variasi ukuran seperti 2x2, 4x4, dan 5x5 serta bentuk geometris seperti piramida dan oktaedron. Ini memungkinkan pemain untuk mengeksplorasi lebih banyak tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda.

5. Jenga

Image Source: BubuToys

Mainan viral Tiktok terkahir adalah jenga. Kamu mungkin agak sedikit asing ketika mendengar namanya namun jika melihat bentuknya pasti kamu akan langsung mengenalinya.

Toddi Permainan Uno Stako Kayu 54 Balok dengan 4 Dadu - Brown - JakartaNotebook.com
Toddi Permainan Uno Stako Kayu 54 Balok dengan 4 Dadu termurah. Dapatkan dengan mudah Toddi Permainan Uno Stako Kayu 54 Balok dengan 4 Dadu murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Jenga adalah permainan yang terdiri dari blok-blok kayu yang tersusun dalam sebuah menara. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengambil satu blok kayu dari menara dan meletakkannya di bagian atas tanpa membuat menara roboh.

Permainan yang satu ini akan sangat seru untuk dimainkan bersama teman atau keluarga yang akan menciptakan momen kegembiraan dan ketegangan saat menara semakin tinggi dan tegang, serta saat menara akhirnya roboh.

Setelah melihat beberapa daftar mainan viral yang pernah digandrungi pada masanya, apakah kamu pernah memainkan salah satu permainan di atas? Atau kamu sudah mencoba semuanya?