3 Makanan yang Identik dengan Lebaran

Lebaran telah tiba. Selain berkumpul bersama keluarga, hidangan khas lebaran selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh semuanya.

3 Makanan yang Identik dengan Lebaran
Image Source: Unsplash

Momen lebaran selalu ditunggu oleh semua umat Muslim. Berkumpul bersama keluarga besar dan bersilaturahmi untuk merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa akan selalu sangat berkesan. Untuk melengkapi momen kebersamaan, tentunya acara makan bersama tak boleh terlewatkan, nah ada 3 makanan yang selalu identik dengan lebaran. Apa saja itu?

1. Ketupat

Image Source: freepik

Tidak diragukan lagi ketupat selalu menjadi ikon lebaran. Dilansir dari beberapa sumber ketupat sendiri berasal dari kata kupat yang berarti "ngaku lepat", dalam bahasa Indonesia artinya "mengakui kesalahan". Kupat juga berarti "laku papat" atau empat laku yang tercermin dari empat sisi ketupat. Hidangan ketupat selalu dijadikan hidangan inti pada saat lebaran dan selalu diburu walaupun sebenarnya diluar momen lebaran pun ketupat bisa kamu temukan di penjual-penjual makanan.

2. Opor Ayam

Image Source: freepik

Tidak lengkap menikmati ketupat tanpa adanya opor ayam. Hidangan yang kaya rasa ini dapat melengkapi kenikmatan menyantap ketupat. Kedua makanan ini saling melengkapi layaknya lebaran yang dilengkapi dengan saling meminta maaf. Permintaan maaf ini datang dari santan yang memiliki bunyi mirip dengan 'pangapunten' dalam bahasa Jawa yang artinya permintaan maaf. Oleh karena itu opor ayam selalu mendampingi ketupat ketika momen lebaran tiba.

3. Kue Kering

Image Source: freepik

Selain makanan berat, kue kering yang hadir sebagai cemilan untuk menjamu tamu selalu ada pada saat lebaran. Sajian kue kering seperti kue sagu, kue nastar, kue kastengel, kue kacang dan lainnya dalam toples biasanya selalu ada di meja utama atau meja tamu. Identiknya kue kering dengan lebaran juga semakin meluas ketika maraknya saling mengirim hampers untuk mewakili bersilaturahmi saat tidak bisa ikut berkumpul. Penjual kue kering juga semakin banyak ketika mendekati momen lebaran karena keuntungannya yang lumayan.

***

Menurut kamu apakah ada makanan lain yang identik dengan momen lebaran? Tentunya kamu juga sudah tidak sabar untuk menikmati hidangan-hidangan khas lebaran lainnya sambil berkumpul bersama dengan keluarga besar bukan?