7 Makanan Khas Indonesia untuk Meriahkan Hari Kemerdekaan

Tidak hanya lezat, makanan khas Indonesia ini juga dikatakan menjadi simbol kebanggaan dan persatuan negara. Cocok disajikan pada acara kemerdekaan.

7 Makanan Khas Indonesia untuk Meriahkan Hari Kemerdekaan
Image Source: Freepik

Indonesia, negara kepulauan dengan beragam suku, budaya, dan tradisi, tentunya memiliki kekayaan kuliner yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Setiap tahun saat peringatan kemerdekaan Indonesia, makanan khas nusantara menjadi hidangan utama yang disajikan dalam perayaan tersebut. Jika kamu berencana mengadakan acara peringatan kemerdekaan, maka beberapa makanan khas Indonesia ini adalah jadi pilihan yang tepat.

Makanan Khas 17 Agustus

Beberapa makanan khas Indonesia identik dengan suatu hal atau peristiwa tertentu. Tak terkecuali makanan-makanan khas nusantara berikut yang erat maknanya akan perayaan kemerdekaan Indonesia.

1. Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng Nasi Kuning
Image Source: Cookpad/Dewisa

Tumpeng nasi kuning menjadi simbol kemakmuran dan kebahagiaan dalam perayaan kemerdekaan. Terbuat dari nasi kuning yang disajikan dalam bentuk kerucut, hidangan ini kemudian dihiasi dengan lauk-pauk seperti ayam, telur, ikan, dan sayuran.

Tumpeng nasi kuning biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara penting termasuk perayaan kemerdekaan. Kamu juga bisa menambahkan hiasan bendera di ujung tumpeng agar lebih meriah.

2. Tumpeng Merah Putih

Tumpeng Merah Putih
Image Source: Kindara Catering

Masih datang dari makanan berat, tumpeng merah putih adalah makanan khas Indonesia yang dibuat dari nasi putih dan nasi merah. Kedua nasi ini kemudian dicetak dan disusun hingga membentuk tumpeng atau kerucut.

Meski mirip, tumpeng merah putih memiliki makna yang lebih dalam jika dibandingkan tumpeng nasi kuning. Nasi putih melambangkan ketulusan dan kejujuran, sementara nasi merah melambangkan semangat juang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Makna yang sakral dan rasanya yang lezat membuat menu ini banyak dipilih sebagai makanan khas 17 Agustus.

3. Bubur Merah Putih

Bubur Merah Putih
Image Source: Shutterstock/Sherliana Juliani

Bubur merah puith adalah makanan khas nusantara yang tidak boleh dilewatkan dalam setiap perayaan. Bubur merah terbuat dari sagu atau tepung beras dan tepung ketan yang dibari tambahan gula merah. Sedangkan bubur putih dibuat dengan menambahkan santan kelapa pada adonan bubur.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan menuangkan bubur merah terlebih dahulu kemudian ditambah dengan bubur putih pada bagian tengahnya. Perpaduan rasa manis dan gurih membuat bubur ini cocok dinikmati pagi atau malam hari.

Rasa dan tampilannya yang ikonik membuat kita tak asing lagi untuk menyantap bubur merah saat saat 17 Agustus sebagai simbol kelahiran kembali.

4. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul
Image Source: Blogger/Hary Hermawan

Makanan khas Indonesia selanjutnya yang merupakan makanan khas dari daerah Jawa Tengah adalah nasi tiwul. Nasi tiwul terbuat dari singkong yang dikeringkan dan diolah menjadi bubur.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti ikan pindang atau sayur labu siam. Nasi tiwul memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, sehingga menjadi hidangan yang lezat untuk merayakan kemerdekaan.

Dibalik rasanya yang lezat, ternyata tiwul jadi pengingat sulitnya rakyat Indonesia di masa penjajahan, lho! Pasalnya menu ini dikonsumsi sebagai pengganti beras yang sulit didapatkan.

5. Ayam Tuturuga

Ayam Tuturuga
Image Source: Masak Apa Hari Ini

Ayam tuturuga adalah hidangan khas dari Sulawesi Selatan. Makanan khas Indonesia ini tidak boleh dilewatkan saat perayaan kemerdekaan.

Ayam tuturuga terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu khas Sulawesi Selatan seperti kunyit, lengkuas, dan daun kemangi. Perpaduan aneka rempah dan bumbu ini menghasilkan hidangan yang lezar dan wangi.

Menawarka rasa pedas dan rempah yang kaya ayam tuturaga cocok disajikan dengan nasi putih dan sambal.

SUPPLE Piring Makan Stainless Steel Sultan Plate European Style 17 cm - ST201 - Silver - JakartaNotebook.com
SUPPLE Piring Makan Stainless Steel Sultan Plate European Style 17 cm - ST201 termurah. Dapatkan dengan mudah SUPPLE Piring Makan Stainless Steel Sultan Plate European Style 17 cm - ST201 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Telok Pindang

Telok Pindang
Image Source: Maggi

Tahukah kamu, Palembang juga memiliki makanan khas yang hanya dihidangkan saat perayaan kemerdekaan, lho!

Telok pindang adalah hidangan telur ayam yang dimasak dengan teknik dipindang. Teknik memasak ini dilakukan dnegan memasukkan bumbu yang berisi daun jambu biji, kulit bawang, daun salam dan garam ke dalam air rebusan telur.

Setelah telur sudah 75% matang, ditekan-tekan telur hingga cangkang telurnya retak. Retakan inilah yang membuat motif abstrak pada bagian putih telur saat dikupas.

YUSANHAO Set Alat Makan Sendok Garpu Cutlery Stainless Steel 24 PCS - DS0053 - Golden - JakartaNotebook.com
YUSANHAO Set Alat Makan Sendok Garpu Cutlery Stainless Steel 24 PCS - DS0053 termurah. Dapatkan dengan mudah YUSANHAO Set Alat Makan Sendok Garpu Cutlery Stainless Steel 24 PCS - DS0053 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Klepon Merah Putih

Klepon Merah Putih
Image Source: Shutterstcok/Sri Widyowati

Makanan khas Indonesia yang turut memeriahkan Hari Kemerdekaan adalah klepon merah putih. Sama dengan klepon hijau biasa, klepon merah putih terbuat dari adonan ketan yang diisi dengan gula merah dan diberi taburan kelapa parut.

Warna merah dan putih yang dipakai melambangkan bendera Indonesia sehingga kudapan manis ini cocok untuk meramaikan perayaan Hari Kemerdekaan.

Szpoon Sendok Sup Oil Water Soup Separation Spoon Stainless Steel - SUS304 - Silver - JakartaNotebook.com
Szpoon Sendok Sup Oil Water Soup Separation Spoon Stainless Steel - SUS304 termurah. Dapatkan dengan mudah Szpoon Sendok Sup Oil Water Soup Separation Spoon Stainless Steel - SUS304 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Berbagai pilihan makanan khas Indonesia untuk merayakan 17 Agustus ini memiliki makna mendalam yang berhubungan dengan kemerdekaan. Menyajikan dan memakan hidangan ini bersama-sama dapat meningkatkan semangat persatuan dan kebhinekaan bangsa Indonesia.

Semoga perayaan kemerdekaan ini selalu dipenuhi dengan kebahagiaan dan kelezatan dari kuliner-kuliner khas Indonesia. Merdeka!