Makin Trendi! Panduan Memilih Bentuk Kacamata yang Sesuai untuk Wajahmu

Tidak perlu berlama-lama berada di optik. Artikel ini akan memandumu mempertimbangkan berbagai faktor untuk memilih bentuk kacamata yang tepat.

Makin Trendi! Panduan Memilih Bentuk Kacamata yang Sesuai untuk Wajahmu
Photo by @felipepelaquim / Unsplash

Belakangan ini kacamata menjadi salah satu kelengkapan mode yang cukup penting. Bahkan, pesona dan aura seseorang dapat berubah tergantung model kacamata yang digunakan. Bagi sebagian orang, memilih bentuk kacamata yang sesuai ternyata cukup sulit. Banyak orang berlama-lama saat berada di optik karena mencoba berbagai model kacamata yang ada.

Memahami beberapa hal sebelum membeli kacamata adalah hal penting. Mulai dari bentuk wajah, ukuran wajah, hingga warna rambut dapat menjadi petunjuk saat kamu memilih bentuk kacamata. Oleh karena itu, artikel ini akan memandumu mempertimbangkan berbagai faktor untuk memilih bentuk kacamata yang tepat.

1. Identifikasi Bentuk Wajahmu

Image Source: Personal Document

Terdapat beberapa jenis bentuk wajah. Mulai dari oval, rectangle, triangle, round, square, heart, dan diamond. Berikut adalah cara mengukur wajah untuk mengidentifikasi jenis bentuk wajahmu:

  • Panjang wajah: Tarik pengukur dari batas rambut dahi sampai dagu.
  • Lebar dahi: Tarik pengukur dari ujung pelipis kiri ke ujung pelipis kanan (tengah dahi).
  • Lebar tulang pipi: Tarik pengukur pada bagian tonjolan di bawah ujung mata, mulai dari tulang kanan hingga kiri.
  • Lebar rahang: Tarik pengukur dari ujung bawah telinga hingga ujung dagu (hasil dikali 2).
  • Jika hasil pengukuran telah dicatat, kamu dapat menganalisis bentuk wajah berdasarkan rumus pada gambar di atas.

2. Pertimbangkan Bentuk Wajah dan Kacamata

Image Source: OPTIK TUNGGAL

Jika kamu sudah memahami bentuk wajahmu, maka selanjutnya kamu harus mempertimbangkan kontras bentuk wajah dengan bentuk kacamata. Tips untuk membandingkan bentuk wajah dan kacamata dapat kamu lihat di bawah ini:

  • Round: Bentuk wajah round cocok apabila menggunakan kacamata dengan model tajam di bagian sudut, kamu bisa memiliih kacamata fashion ini sebagai salah satu pilihan aksesorismu.
  • Oval: Kacamata apapun cocok dengan wajah oval, seperti kacamata persegi ini. Tetapi, hindari kacamata dengan bentuk yang ekstrim dan lebarnya melebihi bagian terluas wajah.
  • Square: Kacamata dengan bentuk oval atau bulat, seperti kacamata retro cocok untuk pemilik wajah square. Kacamata tersebut dapat menyamarkan garis wajah agar wajah terlihat lebih panjang.
  • Diamond: Hindari penggunaan kacamata bersudut. Kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar, seperti kacamata classic akan lebih cocok dengan bentuk wajah diamond.
  • Heart: Agar dahi dan rahang terlihat seimbang, kacamata dengan bingkai yang minim cocok untuk pemilik bentuk wajah heart. Kamu dapat menggunakan jenis kacamata frameless.

3. Pertimbangkan Ukuran Wajah dan Kacamata

Image Source: WOMENFITNESS

Telah dibahas tentang pertimbangan dasar dalam memilih kacamata pada dua bagian sebelumnya. Diberikan juga beberapa tips memilih model kacamata sesuai bentuk wajah. Pada bagian ini, kamu bisa mempertimbangkan ukuran kacamata dengan ukuran wajahmu. Hasil pengukuran wajah dapat menjadi pegangan dalam memilih ukuran kacamata yang cocok. Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Jika kamu memiliki ukuran wajah yang kecil, pilihlah kacamata dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Sebaliknya, jika ukuran wajah cenderung besar, kamu dapat memilih kacamata dengan ukuran yang lebih besar.

4. Pertimbangkan Paduan Warna

Image Source: WOMENFITNESS

Jika ukuran dan model kacamata telah ditentukan. Maka kamu dapat mempertimbangkan warna yang sesuai. Warna termasuk hal krusial yang patut dipertimbangkan saat memilih aksesoris untuk wajah, salah satunya kacamata. Warna kacamata harus sesuai dengan warna rambut, kulit, bahkan pakaian. Berikut tips untuk memilih warna kacamata yang sesuai:

  • Hindari kacamata berwarna terang untuk warna kulit yang terang.
  • Warna bola mata coklat cocok dengan kacamata berwarna terang, seperti silver, abu, atau putih.
  • Warna bola mata hitam cocok dengan kacamata berwarna hitam, gradasi, berpola, hingga gold.
  • Pilih kacamata berwarna terang jika memiliki rambut berwarna gelap.

Nah, itu dia 4 faktor penting yang dapat kamu pertimbangkan saat memilih model kacamata. Dengan mengidentifikasi bentuk wajah, kamu dapat mengetahui model kacamata yang membuatmu tampak menawan. Faktor lain seperti ukuran dan warna akan membantumu memilih model kacamata dengan lebih spesifik. Model kacamata yang tepat akan membuat gaya berbusanamu semakin kece.