Tradisi Imlek Membersihkan Rumah Demi Peruntungan Satu Keluarga

Tradisi Imlek Membersihkan Rumah Demi Peruntungan Satu Keluarga

Tahun Baru China atau yang biasa lebih kita kenal dengan Imlek merupakan momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Hari raya Imlek sendiri telah berjalan sejak 4000 tahun yang lalu dan seiring dengan berkembangnya zaman maka terbentuklah beberapa tradisi-tradisi turun menurun. Berbicara tentang tahun baru Imlek, mungkin sebagian besar dari kamu pasti sudah tahu di dalam perayaan ini terdapat banyak tradisi, seperti pantangan, hidangan khas Imlek, bagi-bagi angpao, hingga yang paling penting adalah membersihkan rumah. Penasaran gak sih makna di balik tradisi membersihkan rumah ketika Imlek?

Yuk mari langsung aja kita bahas!

foto : ilustrasi

Tradisi membersihkan rumah jelang Imlek bagi etnis Tionghoa merupakan upaya membuang semua keburukan dan hal negatif yang menghambat datangnya keberuntungan. Menurut pakar Feng Shui dan arsitek, Jenie Kumala Dewi M.Arch, dari femina.co.id, perabot rumah yang berantakan dan berdebu tidak hanya dapat menimbulkan gangguan atau alergi pernapasan, tapi juga menyebabkan perasaan tidak betah di rumah. Menurutnya, hal terpenting dalam rumah adalah aliran udara atau pergerakan energi dalam rumah yang lancar karena hal ini berpengaruh positif bagi penghuni rumah. Jadi, membersihkan rumah adalah upaya untuk mengalirkan energi positif ke dalam rumah.

Dapatkan produk Humidifier serta Purifier Terlengkap untuk menjaga kelembapan udara di rumahmu, dijamin semakin betah di rumah.

So, dapat ditarik kesimpulan kepercayaan masyarakat Tionghoa dalam membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Tradisi bersih-bersih ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa satu hari menjelang Imlek, karena jika membersihkan rumah pada saat Imlek akan membuang keberuntungan di tahun tersebut.

Nah...selain membersihkan rumah, mendekorasi rumah juga menjadi hal yang bisa kamu lakukan menjelang Imlek. Dekorasi yang digunakan di rumah biasanya sebagian besar pernak-pernik berwarna merah karena Imlek identik dengan hal-hal berwarna merah yang dipercaya membawa keberuntungan.

#Tips membersihkan rumah yang efektif & efisien

  • Mulailah dari bagian rumah yang sulit dijangkau, yakni plafon, dinding bagian atas, dan belakang perabotan.
  • Mengecat ulang dinding, pintu, serta jendela.
  • Membersihkan pajangan rumah, seperti patung atau bonsai. Pajangan yang ada di dalam rumah tentu harus tampak bersih dan indah saat Imlek.
  • Bersihkan bingkai foto menggunakan koran bekas yang dicampur air kemudian diperas hingga setengah kering untuk membersihkan bagian kaca. Gunakan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan debu pada pinggiran bingkai.
  • Jika sudah selesai, lanjutkan dengan mendekor setiap sudut ruangan sesuai dengan suasana Imlek.

Tunggu apalagi? Segera bersiap untuk menyambut Imlek ya Jaknoters!