Manfaat Berlari untuk Kesehatan Anda

Berlari memiliki banyak manfaat yang tak kamu ketahui. Apa saja itu?

Manfaat Berlari untuk Kesehatan Anda
Image Source: freepik.com

Kesehatan adalah yang utama. Tentunya Anda sudah sering mendengar kalimat tersebut. Namun, untuk menjaga kesehatan tentunya tidak semudah mengatakannya. Membutuhkan sebuah konsistensi terutama bagi Anda yang ingin memulai pola hidup sehat. Terdapat beberapa pilihan olahraga untuk membantu Anda hidup dengan pola yang sehat, salah satunya dengan berlari.

Berlari merupakan salah satu bentuk olahraga kardio yang paling populer. Setiap orang setidaknya pasti pernah melakukan aktivitas ini sepanjang hidupnya. Aktivitas ini juga tergolong murah dan tidak memerlukan banyak biaya, bahkan bisa Anda lakukan di mana dan kapan saja.

Namun, tahukah Anda manfaat berlari? Berikut ini merupakan manfaat berlari yang wajib Anda ketahui.

1. Menurunkan Berat Badan

Image Source: Pexels

Berlari dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan menjadi lebih ideal dengan membakar lemak lebih cepat. Lari secara rutin juga membuat tubuh Anda mampu membakar kalori. Bahkan kalori akan terbakar setelah Anda selesai berlari.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Image Source: Pexels

Berlari merupakan salah satu olahraga kardio yang memberikan keuntungan bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Saat berlari, jantung dan pembuluh darah akan memompa oksigen bersama darah ke seluruh bagian tubuh.

3. Memperkuat Otot dan Tulang

Image Source: Pexels

Berlari dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot terutama otot-otot kaki. Otot kaki juga akan semakin fleksibel karena terus-menerus Anda gunakan untuk melangkah. Selain itu, tekanan selama berlari juga bisa memperkuat kondisi tulang. Tulang yang mendapat tekanan selama berlari akan merangsang pertumbuhan sel-sel tulang baru yang bisa menurunkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis pada usia lanjut.

4. Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Image Source: Pexels

Lari bukanlah obat mujarab yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, aktivitas fisik yang Anda lakukan secara rutin ini bisa membantu mencegah berbagai risiko penyakit kronis.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Image Source: Pexels

Setiap olahraga yang Anda lakukan bisa membuat Anda merasa bahagia. Manfaat lari untuk meningkatkan suasana hati ini dikenal sebagai runner’s high. Selain itu, lari juga bisa meningkatkan mood pada mereka yang menderita depresi. Berlari merangsang tubuh meningkatkan produksi endocannabinoid dalam jumlah besar. Endocannabinoid adalah hormon yang bertugas membuat Anda merasa senang.

Tentunya Anda membutuhkan aksesoris untuk berlari dengan maksimal seperti sepatu dan kaos olahraga. Namun, tidak sedikit orang membawa tas untuk menaruh gadget seperti smartphone. Penggunaan smartphone untuk mengukur heart rate dan statistik berlari sangat membantu untuk mengukur agar mencapai hasil yang ideal. Anda juga dapat menggunakan walking pad jika Anda tidak ingin berlari ke luar rumah.

Kesehatan sangatlah berharga, oleh karena itu berlari merupakan pilihan yang pas untuk memulai hidup yang lebih baik. Memang akan terasa berat di awal saat mencoba namun Anda pasti bisa. Berlarilah!