6 Manfaat Bermain Bola Basket Selain Menambah Tinggi Badan

Manfaat bermain bola basket lebih banyak dan dari hanya menambah tinggi badan saja, lho. Lalu apa saja manfaat lainnya? Yuk, simak artikel berikut ini.

6 Manfaat Bermain Bola Basket Selain Menambah Tinggi Badan
Image Source: Pexels/RDNE Stock project

Saat sekolah, mungkin kamu tertarik bermain basket agar agar tubuh menjadi lebih tinggi. Alasan ini tidak salah, pasalnya salah satu manfaat bermain bola basket yang paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah untuk menambah tinggi badan

Namun, perlu kamu ketahui kalau manfaat bermain bola basket lebih dari sekedar untuk menambah tinggi badan. Ada banyak sekali manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan bermain bola basket.

Lalu, apa saja manfaat bermain bola basket selain membuat tubuh menjadi lebih tinggi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Bermain Bola Basket untuk Tubuh

Selain menambah tinggi badan, bermain bola basket juga berpengaruh positif ke berbagai bagian tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan tulang hingga mengurangi stres, berikut bebrapa manfaat bermain bola basket yang bisa kamu dapatkan.

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan Kesehatan Tulang
Image Source: Pexels/Tima Miroshnichenko

Manfaat bermain bola basket yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Bermain bola basket melibatkan aktivitas berlari, melompat, dan bergerak secara dinamis.

Aktivitas ini menyebabkan tulang menanggung beban berulang sehingga dapat merangsang produksi sel-sel tulang baru. Hal ini dapat membantu meningkatkan densitas atau kepadatan tulang serta mengurangi risiko osteoporosis di masa mendatang.

Bermain bola basket juga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu dan menjaga rentang gerak sehat pada sendi-sendi yang tentunya berpengaruh pada kesehatan tulang.

SIIMHWRSS Baju Kaos Olahraga Gym Sport Breathable Quick Dry XL - ZT155 - Black - JakartaNotebook.com
SIIMHWRSS Baju Kaos Olahraga Gym Sport Breathable Quick Dry XL - ZT155 termurah. Dapatkan dengan mudah SIIMHWRSS Baju Kaos Olahraga Gym Sport Breathable Quick Dry XL - ZT155 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Memperkuat Otot

Manfaat Bermain Bola Basket
Image Source: Pexels/Samer Daboul

Aktivitas dinamis di lapangan mengajak tubuh untuk bekerja lebih keras dan membantu memperkuat otot-otot secara keseluruhan

Bermain bola basket memerlukan gerakan beragam yang merangsang otot-otot untuk berkontraksi dan meregang secara berulang. Ini membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan mengurangi risiko cedera.

3. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Manfaat Bermain Bola Basket
Image Source: Pexels/Mabel Amber

Saat bermain bola basket kamu akan melakukan gerakan cepat dan tiba-tiba ke berbagai arah. Gerakan ini melatih otot dan saraf untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan arah sehingga membantu kamu menjaga keseimbangan saat bergerak.

Kamu juga akan melakukan interaksi fisik dengan lawan. Tubuh harus merespons tekanan dan gesekan dari pemain lawan dengan cepat. Ini akan membantu kamu untuk mengembangkan keseimbangan dinamis saat berada dalam situasi yang kompleks.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Bermain Bola Basket
Image Source: Pexels/Cottonbro Studio

Saat bermain bola basket, tubuhmu akan melakukan gerakan-gerakan yang intens. Aktivitas tersebut memerlukan kerja keras dari jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot-otot.

Aliran darah menjadi semakin lancar melalui pembuluh darah sehingga membantu mempertahankan kesehatan pembuluh darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Liteskin Kaos Kaki Olahraga Breathable 39-45 - CO1 - Black - JakartaNotebook.com
Liteskin Kaos Kaki Olahraga Breathable 39-45 - CO1 termurah. Dapatkan dengan mudah Liteskin Kaos Kaki Olahraga Breathable 39-45 - CO1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Manfaat Bermain Bola Basket
Image Source: Pexels/Monstera

Bermain bola basket tidak hanya melibatkan aspek fisik dan teknis, tetapi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan komunikasi. Itu terjadi karena bola basket adalah olahraga tim, dan komunikasi yang efektif dalam tim sangat penting.

Saat bermain, kamu perlu berkoordinasi dengan rekan satu tim dalam membuat taktik, pergerakan, dan strategi. Semua hal ini memerlukan komunikasi baik agar semua pemain memiliki pemahaman yang sama.

6. Menghilangkan Stres

Menghilangkan Stres
Image Source: Pexels/RDNE Stock project

Aktivitas fisik pada saat bermain bola basket mampu melepaskan hormon endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Saat bermain kamu hanya akan fokus ke permainan dan strategi sehingga bisa melupakan sementara hal-hal yang membuat stres.

Bermain dalam tim atau bahkan hanya bermain dengan teman-teman juga dapat memberikan interaksi sosial yang positif. Berbicara, tertawa, dan bermain bersama dapat meningkatkan mood kamu dan mengurangi tekanan.

Bermain bola basket tidak hanya berdampak positif pada kesehatan fisik, tapi juga mental. Banyaknya manfaat yang ditawarkan tentu membuat banyak orang tertarik untuk mencoba olahraga ini.

Nah, jika kamu tertarik mencoba olahraga satu ini, tak ada salahnya mengulik 5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Perlu Dipelajari agar semakin paham dan ahli.

Selamat mencoba!