3 Manfaat Esktrakurikuler untuk Tumbuh Kembang Anak

Dilakukan di luar kegiatan belajar, manfaat ekstrakurikuler untuk pertumbuhan anak memang tidak bisa diremehkan. Simak selengkapnya di sini.

3 Manfaat Esktrakurikuler untuk Tumbuh Kembang Anak
Image Source: freepik

Bagi kamu yang sudah atau sedang melalu masa-masa sekolah pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ekstrakurikuler. Pasalnya beberapa sekolah mewajibkan muridnya untuk mengikuti kegiatan ini sebagai salah satu syarat kenaikan kelas.

Dilakukan di luar jam belajar formal, ekstrakurikuler mengajarkan berbagai ilmu yang tidak diajarkan di kelas. Yang paling menarik adalah anak dapat memilih sendiri jenis kegiatan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Meski banyak murid yang melakukan kegiatan ini hanya untuk memenuhi syarat kenaikan kelas, nyatanya banyak manfaat ekstrakurikuler bagi tumbuh kembang anak.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat kegiatan ini ada baiknya kita kenalan dulu dengan apa itu ekstrakurikuler.

Apa Itu Ekstrakurikuler?

Apa Itu Ekstrakurikuler
image Source: Pexels

Jika berbicara tentang apa itu ekstrakurikuler, tentu kita tak boleh melewatkan membahas arti kata satu ini. Ekstrakurikuler berasal dari bahasa Inggris extracurricular yang berarti program di luar kurikulum pendidikan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kegiatan ini umumnya dilakukan di luar jam berlajar mengajar dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan serta mengembangkan minat dan bakat anak.

Berdasarkan tujuan ini, anak dapat melakukan ekstrakurikuler dari berbagai bidang, seperti kesenian, olahraga, bela diri, dan banyak lainnya. Pilihan aktivitas yang ditawarkan juga sangat banyak, mulai dari tari, teater, band, basket, voli, badminton, karate, pencak silat, hingga paskibra.

ETONWEAG Tas Selempang Tote Bag Gym Bag - YJ9969 - Pink - JakartaNotebook.com
ETONWEAG Tas Selempang Tote Bag Gym Bag - YJ9969 termurah. Dapatkan dengan mudah ETONWEAG Tas Selempang Tote Bag Gym Bag - YJ9969 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Manfaat Ekstrakurikuler yang Baik untuk Anak

Manfaat Ekstrakurikuler yang Baik untuk Anak
Image Source: freepik

Banyaknya kegiatan yang bisa diikuti membuat anak punya banyak pilihan untuk mengembangkan minatnya. Selain itu, juga ada segudang manfaat ekstrakurikuler yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Simak ulasan lengkapnya berikut!

1. Menentukan Bidang yang Diminati

Kamu pasti pernah mendengar istilah kalau sekolah itu nggak melulu soal nilai, tetapi juga bagaimana kamu berkomunikasi dengan orang lain, dan bagaimana mengembangkan diri di bidang lain di luar ruang kelas.

Meskipun nilai dapat menunjukkan bakat dalam mata pelajaran, hasrat yang anak kejar sendirilah yang benar-benar menunjukkan potensi mereka di masa depan. Hal ini karena manusia pada dasarnya memiliki keunggulan masing-masing dan kegiatan ini lah yang akan membantu untuk menemukan hal tersebut.

JOWOART Pisau Palet Lukis Cat Akrilik Painting Scraper Knife 7 PCS - JW7 - Silver - JakartaNotebook.com
JOWOART Pisau Palet Lukis Cat Akrilik Painting Scraper Knife 7 PCS - JW7 termurah. Dapatkan dengan mudah JOWOART Pisau Palet Lukis Cat Akrilik Painting Scraper Knife 7 PCS - JW7 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Kegiatan ekstrakurikuler memberikan anak kesempatan untuk menemukan hal-hal baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Pada tahap ini, anak akan mulai belajar bidang apa pun yang dapat membuat mereka mahir serta mengulik rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar yang tidak ada akhirnya.

Percikan ini lah yang pada akhirnya akan membuat anak memilih jalur dan bidang apa yang ingin mereka tekuni di saat kuliah dan bekerja.

2. Meningkatkan Kemampuan Sosial

Kegiatan ekstrakurikular memiliki dasar untuk saling bekerja sama dan membentuk keterikatan antar individu lain.

Kemampuan ini tentu sangat penting saat mereka tumbuh dewasa, terutama untuk membangun rasa persahabatan serta mengenali berbagai watak dan karakter lain di luar anggota keluarga.

Kegiatan yang fokus pada minat anak juga dapat mendorong dan membangun kepercayaan diri mereka. Anak akan menjadi lebih berani untuk mengambil langkah dan melakukan hal-hal positif yang mereka inginkan.

Keterampilan yang terus diasah dapat melahirkan kemampuan untuk mengemukakan pendapat dan mengakspresikan diri pada dunia dengan karya-karya kreatif serta prestasi lainnya.

3. Mengembangkan Kebiasaan Baik

Ekstrakurikuler yang memiliki jadwal dan runtutan kegiatan ini akan menjadikan anak lebih disiplin dan membantuk kebiasaan positif.

Selain itu, anak akan belajar bagaimana cara membagi waktu dengan kegiatan-kegiatan lain yang harus mereka lakukan, dan menentukan skala prioritas yang sangat penting bagi kemampuan dasar saat dewasa nanti.

TAKARA Jam Tangan LED Anak Paw patrol Projection Dog Everest - PP3189 - Blue - JakartaNotebook.com
TAKARA Jam Tangan LED Anak Paw patrol Projection Dog Everest - PP3189 termurah. Dapatkan dengan mudah TAKARA Jam Tangan LED Anak Paw patrol Projection Dog Everest - PP3189 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Bara api semangat yang anak lakukan karena melalukan kegiatan yang mereka sukai ini juga dapat membentuk kepribadian dan memelihara kesehatan mental menjadi lebih baik.

Anak juga akan menjadi lebih aktif dan memiliki banyak teman selain teman sekelasnya.

Cara Memilih Ekstrakulikuler yang Tepat

Cara Memilih Ekstrakulikuler yang Tepat
Image Source: freepik

Sekarang kamu sudah tahu kalau ekstrakulikuler itu membawa banyak manfaat bagi anak sebagai landasan dasar mereka ketika tumbuh dewasa nantinya. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memilih kegiatan yang tepat?

Pada dasarnya orang tua adalah orang yang paling tahu kelebihan dan kekurangan yang anak miliki. Kamu bisa mengobservasi minat dan keterampilan mereka dengan bermain bersama.

Jika anak menunjukkan minat dan kemampuannya dalam bidang seni, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih kelas seni seperti, atau jika anak menunjukkan prestasinya dalam bidang di luar ruangan, kamu bisa memilih kelas olahraga.

Memang sulit untuk menentukan hal-hal terbaik bagi anak, karena rasanya sayang untuk menghabiskan semua yang baik di masa anak-anak.

Hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah mendukung keputusan dan kegiatan positif yang anak lakukan. Biarkan api semangat tersebut terus berkobar dan membakar dirinya menjadi pribadi yang percaya diri.

Hargai keputusannya dalam memilih bidang yang akan mereka tekuni nantinya, karena hal tersebut lah yang membuat mereka tidak kehilangan jiwa mudanya dan akan selalu mengingat kamu sebagai yang selalu ada di sisi mereka.