Manfaat Eucalyptus Untuk Kesehatan

Eucalyptus merupakan tanaman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meredakan flu hingga mengusir serangga. Simak manfaat lengkapnya di sini!

Manfaat Eucalyptus Untuk Kesehatan
Image Source: freepik.com

Tanaman merupakan sumber daya yang punya banyak manfaat, baik untuk lingkungan, ekonomi, hingga kesehatan. Beberapa tanaman bahkan sudah digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional selama ribuan tahun, salah satunya adalah eucalyptus.

Eucalyptus atau kayu putih merupakan tanaman pohon dari australia. Meski semua bagiannya bisa digunakan, daun dari tanaman ini tetap jadi bagian yang paling diburu. Pasalnya daun ini dapat disuling untuk menghasilkan minyak esensial yang kaya manfaat.

Penasaran dengan berbagai manfaat dari tanaman serbaguna ini? Yuk, simak manfaat eucalyptus untuk kesehatan yang mungkin bisa berguna untuk Anda.

1. Meredakan Gejala Flu dan Pilek

Meredakan Gejala Flu dan Pilek
Image Source: Pexels

Eucalyptus dapat membantu meredakan gejala flu dan pilek seperti hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Kandungan antibakteri, antivirus, dan antimikroba di dalamnya dapat mengatasi masalah hidung tersumbat yang sering muncul saat Anda terserang flu.

Cara menggunakan eucalyptus juga sangat mudah. Cukup teteskan minyak esensial ini pada air panas kemudian hirup uap yang dihasilkan. Cara ini efektif mengurangi lendir di saluran pernapasan dan membuka saluran napas yang tersumbat.

Anda juga bisa menggunakan minyak esensial ini sebagai obat kumur dengan mencampurnya bersama air hangat untuk mengurangi sakit tenggorokan.

2. Membantu Mengurangi Peradangan

Membantu Mengurangi Peradangan
Image Source: Pexels

Tak hanya bisa melawan bakteri dan virus, eucalyptus juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan jaringan lainnya.

Umumnya peradangan ditandai dengan nyeri, kemerahan, dan pembengkakan, terutama pada area persendian seperti lutut. Mengoleskan minyak eucalyptus pada area ini bisa mengurangi rasa nyeri yang muncul.

Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk mengurangi pegal setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, lho!

3. Menenangkan dan Mengurangi Stres

Menenangkan dan Mengurangi Stres
Image Source: Pexels

Eucalyptus merupakan pilihan yang tepat untuk merilekskan pikiran setelah seharian beraktivitas. Aroma khas yang dikeluarkan dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran sehingga Anda merasa lebih tenang.

Aroma khas ini juga bermanfaat untuk mengurangi gejala stres, seperti perubahan mood mendadak, konsentrasi berkurang, hingga sulit tidur yang membuat produktivitas menurun.

4. Menyegarkan Udara

Menyegarkan Udara
Image Source: Pexels

Termasuk dalam minyak esensial dengan aroma yang kuat, eucalyptus juga bisa digunakan untuk mengurangi bau tak sedap pada udara.

Tentunya manfaat ini tidak lepas dari senyawa antimikroba yang terkandung dalam minyak esensial ini. Bau tak sedap biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur, atau lumut yang beterbangan di udara.

Perpaduan aroma kuat dan senyawa antimikroba dari eucalyptus membantu menetralkan bau tak sedap, sehingga Anda bisa menghirup udara yang segar dalam ruangan.

5. Mengusir Serangga

Mengusir Serangga
Image Source: Pexels

Manfaat lain dari eucalyptus yang membuatnya banyak diburu adalah dapat digunakan sebagai pengusir serangga alami. Beberapa jenis serangga seperti nyamuk dan kutu busuk tidak suka dengan aroma tumbuhan ini.

Menggunakan minyak esensial ini tidak hanya bisa mengurangi populasi serangga di sekiter rumah, tapi juga mencegah Anda terserang penyakit yang disebabkan gigitan serangga seperti demam berdarah.

Jika belum menemukan produk eucalyptus terbaik, Taffware HUMI Pure Essential Oils Minyak Aromatherapy 10ml Eucalyptus bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya produk ini terbuat dari bahan kualitas terbaik sehingga mudah larut dalam air serta tidak meninggalkan bekas.

Selain eucalyptus, Anda juga dapat menemukan aneka minyak esensial dengan berbagai pilihan aroma, seperti lavender, peppermint, dan lemon grass. Agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda dapat menggunakan minyak esensial dengan humidifier kualitas terbaik dari Taffware Humi yang tersedia di JakartaNotebook.

***

Nah, itu dia beberapa manfaat eucalyptus untuk kesehatan. Meski punya banyak manfaat, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum menggunakan eucalyptus untuk tujuan pengobatan dan kesehatan.