Manfaat Kemah yang Bisa Jadi Inspirasi Kegiatan Berlibur Kamu

Berkemah menjadi kegiatan healing yang tidak hanya dapat dilakukan bersama dengan teman atau keluarga, tetapi juga dapat kamu lakukan sendiri.

Manfaat Kemah yang Bisa Jadi Inspirasi Kegiatan Berlibur Kamu
Image Source: standret


Bayangkan kamu berada di tengah alam yang asri, di tengah deretan pohon yang rimbun dan membuat seolah segala beban kamu terangkat. Jika kamu memimpikan hal tersebut, berkemah bisa jadi kegiatan yang cocok.

Berada di tempat yang tinggi dan mungkin jika beruntung kamu menemukan tempat dengan pemandangan menarik seperti indahnya kumpulan lampu kota dari jauh.

Jika kamu berkemah bersama dengan keluarga, kegiatan ini dapat dilakukan untuk mempererat kekompakan, seperti pembagian kerja atau menyusun tenda bersama-sama.

Selain itu, berkemah dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Hal ini tentunya karena dengan berkemah, tubuh akan mendapatkan sinar matahari yang mungkin selama ini kurang kita dapatkan.

Selain manfaat tersebut, ada loh hal lain yang bisa kamu dapatkan dengan berkemah, simak ulasan berikut ini!

1. Berkemah Dapat Membuat Kamu Lebih Bahagia

Berkemah Dapat Membuat Kamu Lebih Bahagia
Image Source: freepik

Dengan berkemah, kamu akan mendapatkan oksigen dan cahaya matahari yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini bisa meningkatkan suasana hati kamu menjadi lebih baik, loh.

Kegiatan yang ada di acara berkemah juga akan membuat kamu lebih ceria, karena meskipun kamu introvert, manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial dan tetap membutuhkan interaksi.

Berkemah bisa menjadi solusi ketika kamu ingin lebih mengenal seseorang. Mengenal tak selalu dilakukan pada orang yang baru kita tahu, bisa jadi kamu ingin lebih mengenal keluarga, karena selama ini kamu tidak memiliki waktu, dan kurang mengikuti perkembangan mereka.

Suasana kemah yang sunyi bisa kamu isi dengan topik yang ringan atau berat seperti kebijakan ekonomi dunia.

2. Berkemah Dapat Membuat Diri Kamu Mengenali Diri Sendiri

Berkemah Dapat Membuat Diri Kamu Mengenali Diri Sendiri
Image Source: freepik

Bekerja seharian bahkan tak jarang di akhir pekan dapat membuat isi kepala rasanya mau pecah. Memiliki waktu sendiri dengan berada di kamar rasanya terkadang tidak cukup.

Suasana baru adalah hal yang kamu butuhkan. Berkemah merupakan kegiatan yang dapat kamu lakukan seorang diri. Kamu akan memiliki nuansa sepi jauh dari ibukota yang selalu kamu idam-idamkan.

Tahu drama Korea Hospital Playlist? Chae Song Hwa punya kebiasaan untuk pergi berkemah sendiri, loh.

3. Melihat Indahnya Langit Malam Saat Berkemah

Melihat Indahnya Langit Malam Saat Berkemah
Image Source: ArtPhoto_studio

Kegiatan ini bisa jadi hal yang paling ditunggu. Di mana sebelumnya kamu mungkin telah melihat matahari terbenam, kemudian langit akan semakin gelap tergantikan dengan bulan dan taburan bintang.

Berada di daerah yang minim polusi cahaya, akan memudahkan kita menatap cahaya bintang. Benda langit yang sebenarnya selalu menemani kita saat malam hari, terkadang terlupakan karena tertutupi dengan gemerlap lampu kota.

Pencarian produk teropong bintang | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian teropong bintang. teropong bintang yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.

Temukan teropong bintang untuk melengkapi kegiatan berkemah kamu di sini!

Saat malam hari, suhu akan menjadi turun dan dingin. Saat inilah kamu dapat memasak makanan hangat dan membuat api unggun.

***

Dengan berkemah, tubuh kita akan menjadi lebih aktif untuk bergerak, mulai dari menentukan area, menyusun tenda, mengeksplorasi area sekitar, dan menyiapkan makanan yang akan diolah nantinya.

Untuk itu, pastikan kamu telah membawa alat kemah yang sesuai dan pastikan tidak ada yang tertinggal.

Pencarian produk camping | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian camping. camping yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.

Temukan keperluan kemah kamu di sini!

Persiapkan dengan matang dan buatlah daftar barang apa saja yang harus kamu bawa untuk memastikan kegiatan berkemah kamu berjalan sesuai dengan rencana dan kamu bisa memaksimalkan manfaat dari berkemah.