7 Manfaat Kesehatan Hari Valentine, Fakta Gak Nih?

7 Manfaat Kesehatan Hari Valentine, Fakta Gak Nih?

Hari Valentine 2021, punya rencana apa nih?

Halo Jaknoters!

Sekarang kita sudah masuk ke bulan Februari 2021 yaa, tentu sama seperti bulan sebelumnya pasti ada momen yang kita tunggu pada bulan ini. Salah satunya adalah hari Valentine atau hari kasih sayang yang tepat pada tanggal 14 Februari selalu dirayakan. Momen hari Valentine ini jadi sangat spesial jika dirayakan dengan orang-orang terkasih.

Siapa saja yang sedang menjalin cinta dan merajut kasih sayang Setiap yang adalah yang selalu menanti perayaan hari Valentine 2021 ini. Namun, tahukan kamu bahwa ternyata hari Valentine yang biasa kamu lalui bersama orang terkasih itu memberikan manfaat kesehatan loh!

Berikut sederet manfaat kesehatan dari hari Valentine:

Manfaat Kesehatan Hari Valentine, Fakta Gak Nih? | Sumber: Unsplash
  • Menjalin cinta memang bikin awet muda ya!

Awet muda tak selalu tentang perawatan mahal. Hanya karena bersenang-senang di hari Valentine juga akan membuat kamu lebih awet muda loh! Merayakan sesuatu yang membahagiakan juga membantu kamu menjaga pola hidup sehat. Maka, sudah pasti kedua hal ini memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan kulit dan kecantikan.

  • Cinta yang penuh bunga-bunga membuat kamu jauh dari kata stress

Perayaan hari Valentine yang dipenuhi dengan curahan kasih sayang mampu menangkal stress. Karena inilah kadar radikal bebas di dalam tubuh bisa ditekan, sehingga berbagai penyakit berbahaya tidak akan terjadi.

  • Kebahagiaannya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Perasaan bahagia mampu memberikan dampak positif bagi kemampuan tubuh. Misalnya untuk memerangi berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Ada sebuah penelitian yang dilakukan dengan memberikan vaksinasi hepatitis B pada 81 orang. Hasilnya terlihat bahwa yang bahagia secara psikis memiliki respons antibodi yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang kurang bahagia.

  • Hormon endorphine bisa menurunkan risiko serangan jantung

Perasaan bahagia saat merayakan hari Valentine juga terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung di masa mendatang. Ini karena hormon endorfin yang tercipta saat Anda merasa bahagia dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung.

  • Cokelat Valentine bisa meningkatkan fungsi otak

Yang namanya hari Valentine identik dengan saling bertukar cokelat. Nah, ternyata dark chocolate dapat meningkatkan fungsi otak melalui aliran darah kamu. Cokelat dikenal mengandung stimulus seperti kafein dan theobromine yang berguna.

  • Kamu dan pasangan bakal lebih panjang umur

Karena perasaan bahagia bisa membuat kamu jadi awet muda dan menurunkan resiko penyakit berbahaya maka "bahagia" merupakan kunci umur yang lebih panjang. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang berbahagia memiliki risiko kematian 18% lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak berbahagia.

  • Kalau masih single, ada manfaatnya juga kok!

Jangan sedih jika hingga saat Valentine masih single gak masalah kok! Karena ternyata kamu ngga perlu sibuk-sibuk mengirim pesan hari kasih sayang 2021 pada malam hari kepada pasanganmu. Alhasil kamu tidur lebih nyenyak dan cukup daripada yang berpasangan karena menghabiskan waktu chatting dengan pasangan. Kualitas tidur seseorang menurun di antaranya disebabkan oleh kebiasaan tidur pasangan yang mengganggu jam tidur.