7 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Manusia

7 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Manusia
Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Manusia | Sumber : Ilustrasi

Saat ini liburan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Setidaknya dalam satu tahun, biasanya selalu akan ada waktu yang diambil khusus untuk liburan. Hal ini juga menjadi alasan dimana semakin menjamurnya travel agent yang menawarkan berbagai paket liburan murah baik di dalam maupun luar negeri. Terutama untuk masyarakat perkotaan yang hampir setiap hari penuh dengan rutinitas yang pastinya menguras banyak energi dan waktu.

Tahukah kamu bahwa manfaat liburan untuk kesehatan ada banyak? Bukan hanya sekedar sebagai penghilang stress loh Jaknoters, namun masih banyak lagi. Mau tahu lebih banyak lagi? Langsung saja simak di bawah ini!

Lebih panjang umur!? Apa benar ini manfaat liburan?

Percaya atau tidak, manfaat liburan salah satunya adalah membantu kamu untuk mendapatkan hidup yang lebih lama ketimbang orang-orang yang hidup tanpa banyak liburan. Hal ini bisa dilihat dari negara-negara di Eropa yang rela memberikan jadwal liburan kepada para pekerja hingga mencapai 30 hari per tahun. Lalu apa yang bisa dilihat dari hal itu? Angka harapan hidup di sana jauh lebih lama. Biaya perawatan kesehatan pun jauh lebih rendah dibandingkan yang lain. It's mean, liburan itu penting dan bisa bikin kamu panjang umur Jaknoters!

Bisa jadi pemimpin yang jauh lebih baik

Apa sih kaitan manfaat liburan dengan pemimpin? Tentu ada dong! Survei membuktikan, apabila seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan memilih mengambil waktu untuk menikmati liburan, ketika dia kembali ke kantor tentu akan membawa kreativitas yang jauh lebih mendalam serta ide-ide baru untuk kemajuan perusahaan kedepannya.

Dapatkan berat badan yang ideal

Kamu yang suka liburan dengan banyak kegiatan outdoor yang melibatkan fisik, seperti naik gunung atau camping, kamu tentu bisa memanfaatkan momennya menjadi manfaat liburan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika dilakukan secara rutin, liburan semacam ini pun bisa menjadi cara olahraga yang menyenangkan, khususnya membantu mu menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal.

Isi ulang energi

Penelitian telah membuktikan apabila kamu pergi liburan dengan waktu yang cukup lama dapat memberikan manfaat liburan yaitu mengisi cadangan energi. Hal ini tentu amat sangat berguna untuk kamu yang memiliki kegiatan atau aktivitas berlebihan. Dengan memiliki energi yang lebih banyak, pastinya pekerjaan yang dilakukan setelah mengambil cuti untuk liburan akan lebih baik.

Risiko sakit penyakit berkurang

Jika kamu adalah salah satu orang yang sudah merasa lelah dengan rutinitas, segera lakukan pengajuan cuti untuk liburan sejenak. Mengambil keputusan untuk menghilangkan stress sambil menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih dapat membantu kamu dalam mengurangi risiko terkena penyakit loh! Hal ini paling menonjol pada risiko penyakit jantung, dengan liburan bersama risiko kamu terkena serangan jantung hingga sebesar 30% untuk pria dan 50% untuk wanita. WOW!

Bukan hanya sehat untuk mental, manfaat liburan juga banyak untuk fisik

Seringkah kamu mendengar orang bilang jika liburan bisa menghilangkan depresi atau stress seseorang? Ya ini memang betul! Namun, manfaat liburan bukan hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga baik untuk kesehatan fisik. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Kok bisa?

Prof. Fulvio D’Acquisto, peneliti di bidang imunitas berpendapat bahwa kondisi lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistem imun untuk bekerja lebih baik. Pernyataan ini diperolehnya dari hasil eksperimennya yang menunjukkan bahwa lingkungan yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar sel darah putih, yang pastinya sangat berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri.

Puas dan bersyukur dengan hidup

Tahukah kamu, apabila kamu sering melakukan petualangan bersama teman-teman, hal ini akan menimbulkan hormon dopamin kecil yang bermanfaat untuk otak sehingga memunculkan perasaan menyenangkan loh! So, jika kamu semakin aktif dengan memanfaatkan waktu luang yang ada, kamu akan semakin merasa bersyukur dan puas dengan kehidupan  secara keseluruhan.

Sudahkah kamu merasakan salah satu manfaatnya Jaknoters? Kalau belum.. jangan berdiam diri lagi, segera ambil jatah cuti mu dan nikmatilah liburan bersama orang-orang terdekat karena akan membawa banyak dampak positif untuk segala yang kamu lakukan saat ini.

Temukan berbagai perlengkapan traveling yang bakalan membuat liburanmu semakin mudah, nyaman, dan tentunya bermanfaat dari JakartaNotebook. Jangan ragu lagi jika hendak liburan panjang ya Jaknoters, karena liburan itu banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kamu!