6 Manfaat Olahraga Kardio & Alasan Kamu Harus Mencobanya

Banyak manfaat dari kardio untuk tubuh yang dilakukan secara rutin, salah satunya untuk mengatasi stres dan depresi.

6 Manfaat Olahraga Kardio & Alasan Kamu Harus Mencobanya
Image source: Freepik/storyset

Olahraga kardio atau yang juga dikenal sebagai latihan aerobik adalah jenis olahraga yang melibatkan aktivitas fisik sehingga meningkatkan denyut jantung dan pernapasan.

Dikenal dapat membakar lemak dan kalori secara cepat, aktivitas fisik ini dapat memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen. Selain itu, olahraga yang bisa dilakukan di dalam atau luar rumah juga ini bermanfaat untuk memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Beragam Manfaat Olahraga Kardio

Salah satu latihan aerobik sederhana yang bisa kamu coba adalah bersepeda, berenang, berjalan kaki (jalan cepat atau jogging). Buat kamu yang belum tahu mengapa harus melakukan kardio dan apa saja manfaat yang didapat, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Menguatkan Jantung

Menguatkan Jantung
Image source: Freepik/vectorjuice

Manfaat paling utama dan alasan kamu harus olahraga kardio adalah melatih kekuatan jantung. Jantung akan berdetak lebih cepat saat berolahraga, dan peningkatan tersebut akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Jantung yang sehat dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien, sehingga aliran darah akan meningkat ke seluruh tubuh. Ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan kadar kolestrol.

2. Jauhkan Kelebihan Berat Badan

Diet dan olahraga adalah duet terbaik untuk menurunkan berat badan, dan latihan aerobik dapat membantu membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan tentunya menurunkan berat badan.

Saat kamu latihan dengan intens dan mengimbanginya dengan menjaga pola makan sehat, maka berat badan akan turun selain itu berat ideal akan terjaga. Meningkatkan metabolisme tubuh, latihan fisik ini membakar kalori dan lemak lebih banyak.

TaffHOME Handuk Microfiber Quickdry 35 x 75 cm - U0755 - Blue - JakartaNotebook.com
TaffHOME Handuk Microfiber Quickdry 35 x 75 cm - U0755 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Handuk Microfiber Quickdry 35 x 75 cm - U0755 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Mengatasi Stres dan Depresi

Mengatasi Stres dan Depresi
Image source: Freepik/storyset

Aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, atau berenang dapat merangsang dan meningkatkan senyawa kimia di otak, dopamin dan serotonin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Apabila kamu merasa stres, cemas, atau depresi, kardio bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Olahraga kardio dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan fungsi kognitif. Hal ini tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Jika kamu menderita sakit punggung kronis, aerobik dapat membantu mendapatkan kembali fungsi dan daya tahan otot. Olahraga aerobik bisa menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, dan mengurangi nyeri punggung kronis. Cobalah latihan fisik ini secara perlahan dan bertahap.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur
Image source: Freepik/storyset

Jika kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari, cobalah latihan kardio saat bangun tidur. Latihan fisik yang dilakukan secara rutin diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Akan tetapi, disarankan untuk olahraga dua jam sebelum waktu tidur, karena olahraga menjelang waktu tidur justru akan menjadikan tubuh terasa segar dan membuat kamu sulit terlelap.

6. Meningkat Metabolisme Tubuh

Latihan aerobik secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Aktivitas fisik kategori sedang secara teratur meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut imunoglobulin dan mengaktifkan respons imun pada tubuh.

TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 - Black - JakartaNotebook.com
TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Tips Latihan Kardio

Tips Latihan Kardio
Image source: Freepik/storyset

Sebelum memulai program latihan fisik ada baiknya kamu memilih aktivitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kesehatan tubuhmu serta memerhatikan beberapa tips sebelum memulai latihan seperti berikut.

1. Pemanasan

Pemanasan merupakan hal penting sebelum memulai latihan. Hal ini membantu mempersiapkan otot dan meningkatkan aliran darah secara bertahap sehingga menurunkan kemungkinan cedera. Luangkan waktu sekitar 5-10 menit untuk bergerak dengan intensitas rendah.

LOOZYKIT Bantalan Kaki Tangan Yoga Fitness Knee Hand Pad Mat 2 PCS - G2 - Black - JakartaNotebook.com
LOOZYKIT Bantalan Kaki Tangan Yoga Fitness Knee Hand Pad Mat 2 PCS - G2 termurah. Dapatkan dengan mudah LOOZYKIT Bantalan Kaki Tangan Yoga Fitness Knee Hand Pad Mat 2 PCS - G2 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Mulai dengan Lambat

Jika kamu baru memulai kardio, mulailah dari aktivitas yang tidak memerlukan banyak latihan atau peralatan. Kamu bisa mencoba jumping jack, jalan cepat, jogging jarak dekat, atau bahkan menari.

3. Pendinginan

Usai berolahraga jangan lupa untuk melakukan pendinginan selama 5-10 menit, lalu turunkan kecepatan secara bertahap. Lakukan gerakkan dengan intensitas rendah, dan regangkan otot yang baru saja digunakan untuk latihan.

Penting untuk diingat bahwa mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu perlu latihan kardio secara teratur. Mulailah dari intensitas sedang dan kemudian berlanjut ke intensitas tinggi.

Jangan lupa untuk konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai program latihan baru ya. Gunakan peralatan penunjang latihan aerobik seperti walkingpad, smartwatch, insole sepatu, dan lainnya yang bisa kamu temukan dengan mudah dan murah di JakartaNotebook.