5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Menyiapkan Mental

Masih malas melakukan pemanasa sebelum olahraga? Yuk, simak beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti step tambahan ini!

5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Menyiapkan Mental
Image source: Freepik/Storyset

Apakah kamu satu dari sekian banyak orang yang sedang mengikuti trend positif berolahraga? Jika iya, maka ada hal yang wajib kamu lakukan sebelum aktivitas fisik berat dimulai yaitu pemanasan.

Pemanasan penting dilakukan untuk mengurangi risiko cedera saat berolahraga dan membantu tubuh agar siap menjalani aktivitas fisik. Selain itu, pemanasan bertujuan agar tubuh tidak kaget saat harus menanggung beban dan tekanan dari aktivitas berat yang dilakukan.

Namun sayangnya, aktivitas ini sering diabaikan oleh banyak orang dan kamu tentu tidak boleh menirunya. Nyatanya banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan step lambahan ini.

Lalu apa saja manfaat dari pemanasan yang bisa kamu dapatkan sebelum berolahraga?

5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan dan olahraga adalah paket yang tidak boleh dipisahkan agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan pemanasan sebelum olahraga.

1. Mencegah Cedera

Mencegah Cedera
Image source: Freepik/Freepik

Manfaat utama dari pemanasan sebelum berolahraga adalah meminimalisir terjadinya risiko cedera. Pemanasan dapat memperlancar peredaran darah ke otot dan mengurangi otot tegang, sehingga otot tidak akan terkejut saat kamu melakukan latihan fisik yang cukup berat.

Otot yang hangat akan lebih lentur dan kuat. Pemanasan, bisa menjauhkan kamu dari risiko otot kram, terkilir, atau robek otot selama berolahraga.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Suhu Tubuh

Pemanasan yang melibatkan gerakan ringan dan peningkatan detak jantung secara bertahap akan membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh otot. Tahapan aktivitas fisik pertama ini dapat meningkatkan suhu tubuh secara bertahap.

Saat suhu otot meningkat, oksigen dan nutrisi yang diperlukan tubuh akan tersedia lebih banyak, sehingga otot-otot lebih elastisitas dan kamu dapat melakukan olahraga berat dengan mudah.

Selain itu, jantung juga mendapatkan kesempatan untuk bersiap dan tidak bekerja terlalu keras saat olahraga.

Karpet Pilates Yoga Mat 173 cm - Q4 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
Karpet Pilates Yoga Mat 173 cm - Q4 termurah. Dapatkan dengan mudah Karpet Pilates Yoga Mat 173 cm - Q4 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Olahraga Lebih Efektif

Olahraga Lebih Efektif
Image source: Freepik/Freepik

Pemanasan yang baik akan memanaskan cairan di sekitar persendian dan ini memungkinkan kamu bergerak lebih baik. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik dari pemanasan sebelum olahraga, maka sertakan gerakan yang menargetkan kelompok otot yang akan digunakan saat olahraga.

Misalnya, kamu akan melakukan olahraga lari, maka lakukan pemanasan yang melatih banyak kelompok otot di banyak sendi, seperti squat.

4. Membantu Mempersiapkan Mental

Langsung berolahraga tanpa persiapan yang memadai dapat membuat tubuh merasa lebih lelah. Tubuhmu akan lebih mudah lelah saat harus olahraga dengan intensitas berat.

AOLIKES Pelindung Pergelangan Tangan Support Fitness Olahraga - 1526 - Black - JakartaNotebook.com
AOLIKES Pelindung Pergelangan Tangan Support Fitness Olahraga - 1526 termurah. Dapatkan dengan mudah AOLIKES Pelindung Pergelangan Tangan Support Fitness Olahraga - 1526 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pemanasan membantu kamu lebih fokus secara mental, memusatkan perhatian pada aktivitas yang akan dilakukan, dan membuatmu lebih terlatih secara bertahap untuk menghadapi rasa lelah.

5. Mempersiapkan Tubuh Saat Olahraga Berat di Gym

Mempersiapkan Tubuh Saat Olahraga Berat di Gym
Image source: Freepik/Storyset

Menggunakan bantuan alat olahraga di ruang gym untuk membantu membentuk otot adalah cara yang bagus, tetapi alat-alat tersebut tidak boleh digunakan sebelum kamu mengendurkan persendian.

Pemanasan akan membuat tubuh dan pikiranmu berada dalam kondisi yang tepat saat latihan dengan bantuan alat, sehingga risiko cedera dapat terhindar.

Tips Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Setelah mengetahui manfaat melakukan pemanasan sebelum olahraga jadi nggak ingin melewatkan step ini, bukan? Nah, jika ingin mulai rutin melakukan pemanasa, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Lakukan pemanasan dengan durasi minimal 5-10 menit
  • Istirahatkan tubuh selama 15-detik setiap akan melakukan gerakan pemanasan lain agar tubuh dapat bernapas dengan normal kembali
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup saat pemanasan agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan

Penting untuk diingat bahwa pemanasan sebelum olahraga harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Pemanasan untuk olahraga kardio mungkin berbeda dengan latihan kekuatan.

Untuk mempersiapkan pemanasan yang baik dibutuhkan peralatan yang sesuai, seperti matras, karpet , atau bantalan kaki sebagai alas latihan. Kamu bisa mendapatkan ketiganya dengan harga yang terjangkau di JakartaNotebook. Cus, beli sekarang!


Sumber:

Mayo Clinic. Aerobic exercise: How to warm up and cool down. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20045517

WebMD. Benefits of Warm-Up Exercises. https://www.webmd.com/fitness-exercise/benefits-of-warmup-exercises

Fit Athlethic. Reasons Why Warm Up Exercises Are Important. https://fitathletic.com/5-reasons-warm-exercises-important/