5 Manfaat Pilates untuk Kesehatan Tubuhmu

Banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah salah satunya adalah pilates. Lalu, apa saja manfaat pilates? Simak selengkapnya hanya di sini!

5 Manfaat Pilates untuk Kesehatan Tubuhmu
Image Source: Pexels

Apakah kamu familiar dengan olahraga pilates? Jika tidak, mungkin kamu pernah sesekali mendengarnya. Olahrga satu ini memang sedang populer terutama di kalangan perempuan yang kurang cocok dengan olahraga berat seperti angkat beban. Lantas apa itu pilates?

Apa Itu Pilates?

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang banyak digemari karena dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara menyeluruh.

Dikembangkan oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20, olahraga ini menggabungkan gerakan lebut dan fikus pikiran untunk mendapatkan kekuatan, fleksibilitas, postur, dan stabilitas tubuh yang optimal.

Salah satu hal yang unik dari pilates adalah adanya teknik kontrol pernapasan. Teknik ini membantu meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan fokus. Tak hanya itu, kontrol pernapasan juga dapat mengaktifkan otot-otot inti dan memaksimalkan efektivitas gerakan.

5 Manfaat Pilates untuk Tubuh

Pilates memang tidak terlihat sekompleks olahraga lain yang menguras banyak tenaga, Namun, ternyata olahraga ini punya segundang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat pilates? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Meningkatkan Kekuatan Otot
Image Source: Pexels

Pilates fokus pada pengembangan kekuatan otot inti, termasuk otot perut, punggung, panggul, dan panggul.

Dengan memperkuat otot pada bagian ini, kamu bisa memiliki kekuatan dan stabilitas tubuh yang lebih baik. Selain itu, olahraga satu ini juga melibatkan latihan untuk memperkuat otot-otot lain di tubuh seperti lengan, kaki, dan punggung bawah.

TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 - Purple - JakartaNotebook.com
TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffSPORT Matras Pilates Yoga Mat Anti Slip TPE 183 x 61 CM - PROlite 60 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

 Meningkatkan Fleksibilitas
Image Source: Pexels

Pilates melatih kekuatan otot secara menyeluruh, termasuk otot-otot yang sering kali tegang atau kaku. Inilah yang membuat olahraga ini cocok untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer.

Gerakan-gerakan yang dilakukan dapat menguatkan otot yang lemah serta merenggangkan otot yang kaku. Pada akhirnya keseimbangan dan kelenturan otot akan membaik secara keseluruhan.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki Postur Tubuh
Image Source: Pexels

Banyak digemari oleh orang lanjut usia atau lansia, manfaat pilates selanjutnya adalah dapat memperbaiki postur tubuh.

Memfokuskan latihan untuk memperkuat core strength atau otot inti, olahraga ini banyak melibatkan otot di sekitar perut, panggul, dan punggung. Jika dilakukan secara rutin, gerakan ini dapat mengurangi tekanan, mendukung kinerja tulang belakang, serta meningkatkan postur tubuh secara keseluruhan.

VKTECH Roller Alat bantu Yoga Hollow Column Foam Gym Massage Exercise - D334 - Purple - JakartaNotebook.com
VKTECH Roller Alat bantu Yoga Hollow Column Foam Gym Massage Exercise - D334 termurah. Dapatkan dengan mudah VKTECH Roller Alat bantu Yoga Hollow Column Foam Gym Massage Exercise - D334 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Melatih Keseimbangan

Melatih Keseimbangan
Image Source: Pexels

Bagi yang pernah mencicipi olahraga ini pasti sudah tahu seberapa pentingnya keseimbangan dan koordinasi saat melakukan berbagai gerakan. Berlatih pilates secara teratur membantu kamu meningkatkan kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuhmu yang bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari.

5. Mengurangi Stres

Mengurangi Stres
Image Source: Pexels

Manfaat pilates terakhir dan yang paling banyak diincar adalah mengurangi stres.

Memadukan teknik pernapasan dan fokus pikiran, kamu bisa sejenak melupakan kesibukan di kantor, sekolah, atau rumah dan mencurhkan pikiran untuk melakukan gerakan pilates.

Hal inilah yang efektif membuat tubuh rileks serta mengurangi stres. Olahraga ini juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan.

Itu tadi 5 maanfaat pilates untuk tubuh kamu. Olahraga pilates bisa kamu lakukan di rumah loh! Kamu bisa membeli peralatan pilates di JakartaNotebook dengan harga yang terjangkau dan pasti murahnya!

Pencarian produk pilates | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian pilates. pilates yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.