10 Manfaat Sunscreen untuk Kulit, Cegah Penuaan Dini!

Jadi salah satu step skincare yang sering dilewati, nyatanya manfaat sunscreen yang bisa menjaga kesehatan kulit. Simak manfaat selengkapnya di sini!

10 Manfaat Sunscreen untuk Kulit, Cegah Penuaan Dini!
Image Source: Pexels/Kampus Production

Siapa yang masih malas menggunakan sunscreen? Kalau kamu orangnya, maka sekarang saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan ini.

Jadi step perawatan kulit terakhir, tentu banyak orang yang dengan sengaja melewati penggunaan sunscreen. Tekstur super tebal dan susah diratakan juga membuat produk ini banyak dihindari oleh para beauty enthusiast.

Eits, jangan salah, meski tidak nyaman dan menambah waktu penggunaan skincare, produk ini punya segudang manfaat untuk kulit. Yuk, kenali beberapa manfaat sunscreen untuk kesehatan kulitmu!

Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Termasuk dalam kategori skincare, manfaat sunscreen bagi kesehatan dan kecantikan kulit sudah banyak dibahas tak hanya oleh para beauty enthusiast, tapi juga dari kalangan kesehatan. Berikut beberapa manfaat menggunakan sunscreen yang bisa kamu dapatkan:

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Melindungi Kulit dari Sinar UV
Image Source: Pexels/Shiny Diamod

Hidup di negara tropis seperti Indonesia mungkin membuat kamu terbiasa beraktivitas di bawah terik matahari, padahal hal ini sangat berbahaya untuk kulit, lho!

Sinar ultraviolet atau UV yang dihasilkan matahari memiliki dampak yang buruk untuk kulit. Manfaat sunscreen yang pertama adalah melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

Kandungan SPF atau Sun Protection Factor pada sunscreen bekerja dengan memblokir dan memantulkan sinar ultraviolet. Inilah yang membuat kulit terbebas dari berbagai risiko kerusakan.

2. Mencegah Kulit Gelap

Pasti kamu sudah tak asing dengan kata belang, bukan? Belang adalah kondisi kulit yang menggelap setelah terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Tentunya kondisi ini membuat banyak ladies nggak nyaman, apalagi jika terjadi pada bagian tangan, kaki atau wajah.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, mulailah menggunakan sunscreen secara rutin sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pastikan kamu mengaplikasikannya di area yang banyak terkena paparan matahari.

3. Meratakan Warna Kulit

Meratakan Warna Kulit
Image Source: Pexels

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sunscreen berfungsi sebagai lapisan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. Manfaat sunscreen selanjutnya adalah meratakan warna kulit.

Kulit yang gelap perlahan akan kembali ke warna asalnya, menggunakan produk ini menjaga agar proses ini berjalan dengan lancar dan kulit yang sehat tidak menggelap. Tentunya hasil ini bisa didapatkan kalau kamu menggunakannya dengan rutin, ya!

4. Mencegah Timbulnya Spot Hitam

Terpapar sinar matahari dalam waktu lama dapat menimbulkan spot atau noda hitam pada kulit. Noda ini timbul karena adanya tumpukan melanin atau pigmen warna pada kulit. Meski termasuk hal yang normal, tentunya spot hitam ini bisa mengurangi rasa percaya diri.

Manfaat menggunakan sunscreen lainnya adalah mencegah timbulnya spot hitam pada kulit. Aplikasikan sunscreen pada area wajah, tangan, kaki, leher, dan bahu yang terkena sinar matahari.

5. Menghindari Sunburn

Menghindari Sunburn
Image Source: iStock/Joel Carillet

Sunburn adalah kondisi di mana kulit terbakar sinar matahari sehingga timbul reaksi kemerahaan, panas, gatal, dan perih. Biasanya kondisi ini memerlukan beberapa hari hingga minggu untuk benar-benar sembuh.

Sunburn sangat mungkin terjadi terutama pada orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu dianjurkan untuk menggunakan sunscreen sebelum ke luar rumah.

6. Mencegah Penuaan Dini

Mungkin kamu pernah mendengar jika menggunakan sunscreen merupakan investasi untuk kulit di masa depan. Pernyataan ini benar adanya karena manfaat sunscreen selanjutnya adalah dapat mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Sinar violet tidak hanya membuat kulit gelap dan memunculkan spot hitam, tapi juga merusak sel-sel yang sehat sehingga mengurangi produksi kolagen dan elastisitas kulit. Proses ini biasa disebut photoaging yang juga jadi penyebab 90% munculnya tanda penuaan dini.

TaffSPORT Sarung Tangan Half Finger Sepeda Gym M - Blue - JakartaNotebook.com
TaffSPORT Sarung Tangan Half Finger Sepeda Gym M termurah. Dapatkan dengan mudah TaffSPORT Sarung Tangan Half Finger Sepeda Gym M murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Mengurangi Risiko Kanker Kulit
Image Source: iStock/Kali9

Paparan sinar matahari selama puluhan tahun pada akhirnya akan berdampak pada timbulnya penyakit serius seperti kanker kulit. Pasalnya sinar UV A dan UV B dapat merusak DNA pada sel kulit dan membuat sel ini tumbuh tak terkontrol.

Cara paling efektif untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker kulit adalah rutin menggunakan sunscreen. Selalu sediakan produk ini pada tempat-tempat yang mudah dijangkau saat akan keluar rumah seperti meja ruang tamu, mobil, dan jangan lupa untuk membawanya di dalam tas.

8. Mencegah Munculnya Komedo

Komedo membuat wajah terasa kasar dan kusam. Salah satu biang keroknya adalah paparan sinar matahari. Itulah mengapa sunscreen bisa menjadi penyelamat untuk melindungi kulit sekaligus mengurangi komedo.

Tentunya, kamu harus memperhatikan kandungan sunscreen yang tepat agar tidak menyumbat pori-pori. Sunscreem utamanya yang memiliki kandungan seperti rosehip seed oil, sea buckthorn oil, grapeseed oil, sunflower oil, dan jojoba oil bisa jadi pilihan tepat.

9. Menurunkan Risiko Penipisan Pembuluh Darah

Menurunkan Risiko Penipisan Pembuluh Darah
Image Source: HealthDigest

Senang berjemur? Hati-hati! Paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama sinar UV, bisa merusak dinding pembuluh darah di kulitmu. Akibatnya, pembuluh darah menjadi tipis dan terlihat seperti memar atau berdarah.

Kabar baiknya, pembuluh darah tipis ini biasanya tidak berbahaya. Namun, Anda mungkin terganggu dengan penampilannya. Tapi, mencegah tentu lebih baik daripada mengobati! Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko pembuluh darah di wajah menjadi tipis.

10. Membantu Melembapkan Wajah

Sunscreen biasanya dikenal sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Namun, beberapa sunscreen diformulasi khusus dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit juga, seperti ceramide, emolien, humektan, hyaluronic acid, airlicium HA, atau ascorbyl glucoside.

Bahan-bahan ini bekerja sama untuk menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut. Banyak juga sunscreen sekaligus pelembap yang cenderung ringan, sehingga nyaman digunakan sehari-hari tanpa meninggalkan kesan berminyak.

Rhodey Topi Rimba Outdoor Anti UV Fishing Boonie Hat Polyester - TM34 - Black - JakartaNotebook.com
Rhodey Topi Rimba Outdoor Anti UV Fishing Boonie Hat Polyester - TM34 termurah. Dapatkan dengan mudah Rhodey Topi Rimba Outdoor Anti UV Fishing Boonie Hat Polyester - TM34 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat

Setelah membaca manfaat sunscreen untuk kulit, mungkin sekarang kamu bingung bagaimana cara memilih produk yang tepat. Sebenarnya menemukan sunscreen yang tepat adalah proses yang susah-susah-gampang, tapi kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

  • Sesuaikan formula sunscreen dengan jenis kulitmu
  • Pastikan produk memiliki label broad-spectrum agar dapat melindungi dari sinar UV A dan UV B
  • Pilih sunscreen dengan perlindungan minimal SPF 30 dan PA++
  • Usahakan produk memiliki kandungan zinc oksida maupun titanium oksida untuk perlindungan maksimal

Selain menggunakan produk yang tepat, pastikan kamu tahu cara pakai sunscreen yang benar yakni 15-30 menit sebelum ke luar rumah dan ulangi penggunaannya setiap 2 jam sekali.

Manfaat sunscreen memang sangat penting untuk kesehatan kulit, terutama di hari tua. Semoga artikel ini bisa membantu kamu semakin rajin menggunakan produk skincare ini, ya!

Yuk, sama-sama lindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Sumber

John Hopkins Medicine. Sunscreen and Your Morning Routine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/sunscreen-and-your-morning-routine#:~:text=Used regularly%2C sunscreen helps prevent,Anna Chien addresses common concerns

White, Taneasha. Do You Really Need Sunscreen Every Day?. https://www.healthline.com/health/sunscreen-explained

Parrish Healthcare. 5 Reasons To Use Sunscreen Every Day. https://www.parrishhealthcare.com/news/2020/july/5-reasons-to-use-sunscreen-every-day/

Rosengren, Helena. Surprising Benefits of Sunscreen (and one obvious one!). https://www.skinrepair.net.au/4-surprising-benefits-of-sunscreen-and-one-obvious-one/

People4Ocean. Separating Fact From Fiction: Does Sunscreen Cause Acne?. https://www.people4ocean.com/blogs/blog/does-sunscreen-cause-acne