7 Ide Masakan Anak Kos yang Simple, Praktis, dan Enak

Meski tinggal di kos, kamu bisa menikmati makanan yang lezat dan mudah dibuat dengan 7 ide masakan anak kos di bawah ini!

7 Ide Masakan Anak Kos yang Simple, Praktis, dan Enak
Image Source: Pexels/Daria Obymaha

Menjadi anak kos memang penuh tantangan, terutama dalam urusan makanan sehari-hari. Masakan anak kos sering kali harus memenuhi tiga kriteria utama: simple, praktis, dan enak. Mengingat keterbatasan fasilitas memasak dan bahan yang sering kali dihadapi, menemukan resep yang tepat bisa menjadi solusi terbaik untuk menghemat waktu dan biaya.

Masakan anak kos tidak harus rumit atau membutuhkan banyak peralatan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan metode memasak yang sederhana, berbagai hidangan lezat bisa dihasilkan. Mempersiapkan masakan anak kos juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mengasah keterampilan memasak.

Dalam artikel ini, JakartaNotebook akan membagikan 7 ide masakan anak kos yang simple, praktis, dan enak. Setiap ide masakan dirancang agar mudah diikuti dan tidak memerlukan banyak waktu atau peralatan.

7 Ide Masakan Anak Kos yang Mudah Dibuat

Yuk, simak dan coba praktekkan berbagai ide masakan anak kos berikut ini untuk menambah variasi menu harianmu!

1. Omelet Mie

Omelet Mie
Image Source: detikFood

Ide masakan anak kos yang pertama adalah yang paling mudah untuk diikuti. Omelet mie hanya membutuhkan 2 bahan saja yaitu telur dan mie instan. Cara memasanknya kamu hanya perlu merebus mie instan dengan rasa favorit kamu. Sambil menunggu mie matang, masukan 2 buah telur dan bumbu mie instan ke dalam mangkuk, kemudian aduk rata.

Jika mie sudah matang, tiriskan, kemudian tuang ke dalam mangkuk telur yang sudah tercampur dengan bumbu mie instan. Kemudian aduk mie dan telur hingga merata. Langkah terakhir panaskan minyak di wajan kemudian masukan adonan omelet ke atas wajan. Tunggu hingga matang, kemudian omelet mie pun siap dihidangkan.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Image Source: Pexels/Trista Chen

Masakan anak kos kedua adalah nasi goreng, kamu bisa membuat nasi goreng dengan sangat mudah karena kini ada banyak bumbu nasi goreng siap masak yang dijual di toko-toko. Untuk cara memasak yang paling simple adalah dengan hanya memasukan nasi dan tuang bumbu nasi goreng kemudian aduk hingga rata.

Kamu juga bisa menambahkan telur dadar, bakso, atau sosis sebagai toppingnya. Sangat simple dan praktis, bukan?

3. Telur Ceplok Kecap

Telur Ceplok Kecap
Image Source: Kompas

Ide masakan selanjutnya dijamin menggugah selera makanmu! Bahan yang diperlukan adalah telur, cabai, bawang merah, bawang putih, kecap, dan garam. Pertama masak telur mata sapi. Kamu bebas menentukan berapa telur yang ingin kamu gunakan.

Jika telur sudah matang dan diangkat, tumis irisan cabai, bawang putih, dan bawang merah. Jika sudah harum, masukan kecap sekitar 5 sendok makan. Setelah itu masukan segelas air. Masukan garam sesuai selera kemudian aduk rata. Jika air sudah agak mendidih, kemudian masukan telur ceplok yang sudah kamu masak. Tunggu hingga matang dan telur ceplok kecap pun siap untuk kamu makan dengan nasi.

4. Sup Telur

Sup Telur
Image Source: Center Media

Telur dikenal mampu diolah untuk berbagai hidangan. Jika tadi telur diolah menjadi telur kecap, ide selanjutnya dengan olahan telur adalah menjadi sup telur. Pertama panaskan sedikit minyak, kemudian masukan telur dan aduk untuk membuat telur orak arik. Jika dirasa sudah matang, masukan air dan bumbu penyedap serta garam. Tunggu hingga air mendidih dan sup telur pun siap untuk disantap.

Jika menggunakan telur saja kurang, kamu bisa menambahkan bakso, wortel, dan tomat agar rasanya semakin lezat. Hidangan ini akan sangat cocok disantap ketika cuaca dingin karena kuahnya mampu menghangatkan tubuhmu.

5. Nugget Cabe Garam

Nugget Cabe Garam
Image Source: HARIAN DISWAY

Jika kamu memiliki nugget di kosan namun bosan jika digoreng saja, kamu bisa coba mengolahnya menjadi nugget cabe garam. Bahan tambahan yang dibutuhkan pun sangat mudah, yaitu hanya cabai, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan garam saja.

Goreng nugget seperti biasa, kemudian setelah matang tiriskan dan potong menjadi tiga bagian. Jika kamu ingin memasaknya utuh juga tidak masalah. Untuk bumbu tambahannya tinggal tumis irisan cabai, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Jika sudah wangi masukkan nugget. Dan langkah terakhir adalah dengan menambahkan garam sesuai selera. Akan sangat lezat dan mengenyangkan jika kamu menyantapnya bersama dengan nasi.

6. Sosis Asam Manis

Sosis Asam Manis
Image Source: Pidjar.com

Hidangan selanjutnya yang lezat namun mudah dibuat adalah sosis asam manis. Kamu hanya membutuhkan sosis, saus pedas, saus tomat, dan saus tiram saja. Kamu juga bisa menambahkan bawang putih dan bawang bombay agar lebih lezat.

Pertama goreng sosis hingga matang lalu tiriskan. Untuk sausnya campurkan semua saus menjadi satu di wajan, kemudian tambahkan air, aduk rata dan tambahkan penyedap rasa. Jika sudah sedikit mengental dan rasanya sudah pas, tuang sosis ke dalam wajan. Aduk hingga rata dan hidangan sosis asam manis pun siap dihidangkan.

Jika kamu menggunakan bawang putih dan bawang bombay, tumis kedua bahan masakan tersebut hingga wangi sebelum kamu memasukkan saus.

7. Tumis Sawi Putih

Tumis Sawi Putih
Image Source: Kompas

Jika kamu ingin hidangan sayur yang lezat dan mudah dibuat, kamu bisa memasak tumis sawi putih. Bahan yang diperlukan adalah sawi putih, cabai, bawang putih, bawang merah, dan penyedap rasa.

Pertama panaskan minyak dan tumis cabai, bawang putih, dan, bawang merah. Jika sudah harum tambahkan sedikit air. Kemudian masukan sawi putih yang sudah dipotong. Tambahkan penyedap rasa dan aduk rata hingga matang.

Dengan ide masakan anak kos di atas, kini kamu tidak perlu bingung lagi tentang menu yang ingin kamu masak di kosan. Jika kos kamu tidak memiliki dapur, kamu bisa menggunakan panci listrik portable agar memasak lebih mudah.

Jika ingin peratalan masak yang praktis dan mudah, kamu bisa mencari dan menemukannya di JakartaNotebook yang meneyediakan kelengkapan rumah yang praktis dan dijamin murahnya!