Mau Minum Kopi di Bulan Puasa? Berikut Fakta dan Tipsnya!

Bulan puasa tapi pengen minum kopi? Gak apa-apa kok! Simak fakta dan tips baik bagi tubuh ketika ingin minum kopi di bulan puasa ini!

Mau Minum Kopi di Bulan Puasa? Berikut Fakta dan Tipsnya!

Coffee lovers pengen minum kopi di bulan puasa?

Menjaga makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh saat bulan puasa tentu penting ya Jaknoters. Makanan serta minuman yang bernutrisi haruslah menjadi pilihan bagi orang-orang saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini tidak lain karena kebutuhan nutrisi tubuh saat puasa perlu mendapatkan lebih dibandingkan ketika tidak sedang berpuasa. Bagaimana dengan kopi? Minuman yang banyak diminati orang-orang di Indonesia ini disebut-sebut tidak baik dikonsumsi ketika berpuasa karena sifatnya yang bisa menyebabkan asam lambung naik. Namun bagaimana jika kamu adalah salah satu orang yang addicted sekali dengan kopi? Coba kita simak dulu beberapa fakta dan tips buat yang mau minum kopi di bulan puasa yuk!

Mau Minum Kopi di Bulan Puasa? Berikut Fakta dan Tipsnya! | Sumber: Shutterstock
  • Minum kopi di bulan puasa pada jam tertentu

Saat bulan puasa tiba, rutinitas minum kopi memang tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Tapi kamu gak perlu khawatir, ibadah puasa tidak akan membuat kamu benar-benar berhenti mengonsumsi minuman hitam manis ini kok. Kamu hanya perlu memilih waktu yang tepat untuk minum kopi di bulan puasa.

  • Kopi bikin insomnia

konsumsi teh atau kopi terlalu banyak dapat menyebabkan insomnia. Ini akan berpengaruh pada jam tidurmu. Apabila waktu tidurmu tidak cukup, bisa-bisa kamu terlambat bangun sahur atau bangun namun tidak semangat di pagi hari. Alhasil ibadah puasa kamu tidak akan berjalan maksimal.

  • Kopi mampu menaikan adrenalin

Dibalik pahitnya minuman satu ini, ternyata kopi mampu meningkatkan adrenalin di dalam tubuh secara signifikan loh Jaknoters! Oleh karena adrenalin meningkat, maka kinerja fisik juga ikut meningkat. Nah, bagi kamu yang ingin berolahraga kecil di bulan puasa, bisa meminum kopi pada jam tertentu agar kekuatan fisik jadi lebih maksimal.

  • Naiknya kadar gula di dalam darah

Minum kopi dengan penggunaan gula yang berlebih bisa menyebabkan naiknya kadar gula berlebih dalam darah. Sebaiknya hindari kopi yang terlalu manis apabila kamu ingin mengonsumsinya di bulan puasa, karena selain menaikan gula darah bisa membuat kamu jadi cepat haus bahkan dehidrasi.

  • Kopi memengaruhi kinerja saraf

Kamu tentu paham jika kopi mengandung kafein. Kafein ini sendiri bersifat stimulan yang memengaruhi kinerja sistem saraf pusat. Maka ketika bulan puasa dan kamu meminum kopi maka stimulan tersebut bisa menangkal rasa kantuk dan juga meningkatkan kewaspadaan.

Tips Minum Kopi di Bulan Puasa

Mau Minum Kopi di Bulan Puasa? Berikut Fakta dan Tipsnya! | Sumber: Shutterstock

Untuk menyiasati keinginan untuk minum kopi di bulan puasa namun ingin menghindari resiko buruk bagi tubuh ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan Jaknoters! Pertama, pastikan air mineral yang masuk ke dalam tubuh seimbang, selain itu konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin. Paling penting adalah memperhatikan jenis kopi serta waktu minum kopi di bulan puasa dengan tepat sehingga tidak memberi efek samping buruk bagi tubuh.

Agar kopi yang kamu minum lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya, Yuk coba bikin kopi sendiri di rumah dengan berbagai perlengkapan kopi dari One Two Cups ini!

Jangan lupa diterapkan ya Jaknoters! Semoga puasanya lancar :)