Mengasah Minat dan Bakat Anak Sejak Usia Dini

Untuk mengetahui minat dan bakat anak, Anda dapat menyediakan sarana untuk membantu perkembangan anak. Apa sajakah itu?

Mengasah Minat dan Bakat Anak Sejak Usia Dini
Image Source: freepik

Sebagai orang tua tentunya ingin memberikan hal yang terbaik untuk anak. Namun, jika Anda terlalu sering memenuhi permintaan anak, hal ini juga tidak baik untuk perkembangan anak. Sejak usia dini Anda sudah harus mulai mengidentifikasi minat dan bakat anak agar lebih terarah.

Mengenali bakat anak bukanlah perkara mudah, butuh waktu dan proses yang panjang untuk memahami potensi dan kemauan mereka. Beberapa indikator tersebut meliputi kecakapan menangkap dan mengembangkan informasi, mengingat, fokus, memiliki motivasi untuk belajar, serta punya rasa ingin tahu yang besar terhadap hal yang diminatinya.

Pendekatan dengan menggunakan mainan merupakan salah satu metode yang menyenangkan. Dengan mengetahui mainan yang disukai anak, akan memudahkan Anda saat mengarahkan minat dan bakatnya. Berikut beberapa rekomendasi mainan yang bisa jadi inspirasi untuk Anda.

1. Mainan Building Blocks

Image Source: JakartaNotebook

Mainan ini dapat mengasah ketelitian, kesabaran, dan membantu berpikir secara runtut. Meski sangat sulit, jika anak menemukan minatnya melalui permainan ini, maka Anda dapat mengarahkannya dengan lebih mudah. Anda juga dapat bermain bersama anak dan melakukan bonding agar mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Terdapat beberapa jenis mainan building blocks dengan harga dan tingkat kesulitan beragam yang dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan anak.

2. Mainan Musik

Image Source: JakartaNotebook

Jika anak Anda memiliki ketertarikan akan musik, maka terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengarahkan bakatnya. Anda dapat memberikan jenis alat musik seperti gitar, piano, drum dan lain-lain. Jika sudah dapat melihat bakat anak, Anda pun bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti kursus musik guna mengasah dan mengembangkan bakat anak.

3. Mainan Hiburan

Image Source: jakartanotebook.com

Lain halnya jika anak Anda memiliki ketertarikan sebagai seorang penampil, seperti gemar berbicara, bernyanyi, bahkan melucu, Anda pun juga harus mengakomodir keterampilannya. Anda dapat memberikan beberapa permainan sulap untuk menginspirasi, seperti kartu dan tongkat sulap. Namun, sebaiknya permainan tersebut harus dilakukan di bawah pengawasan.

4. Aksesoris Olahraga

Image Source: JakartaNotebook

Untuk anak yang gemar akan aktivitas fisik seperti olahraga dan beladiri, terdapat beberapa peralatan yang dapat menunjang minat dan bakat. Anda dapat memberikan berbagai jenis bola dan bermain bersama teman agar melatih sportivitas dan ketangkasan. Anda juga dapat memberikan busur jika anak tertarik akan olahraga panahan. Jika anak tertarik pada bela diri, Anda juga dapat memberikan sarung tinju dan samsak agar anak dapat berlatih di rumah dalam pengawasan.

***

Zaman telah berubah, anak tidak harus mengikuti jejak orang tua yang mengharuskan anak menjadi seperti yang orang tua inginkan. Sebagai orang tua, pastinya ingin yang terbaik untuk setiap anaknya. Oleh karenanya, mencoba memberikan beberapa pilihan aksesoris untuk mengetahui minat dan bakat sangatlah diperlukan. Memang tidak mudah untuk mengetahui minat dan bakat anak di tengah banyaknya pilihan. Semoga beberapa barang rekomendasi di atas dapat membantu Anda menemukan minat dan bakat anak.