Mengonsumsi Air Putih Agar Kuat Menjalani Puasa

Anda harus tetap memenuhi kebutuhan minum air putih 8 gelas sehari selama bulan ramadhan karena memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

Mengonsumsi Air Putih Agar Kuat Menjalani Puasa
Source Image: Unsplash

Menjalankan ibadah puasa memang diharuskan untuk menahan lapar dan haus. Namun, keharusan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari tidak dapat dihindarkan. Karena banyak dampak buruk apabila Anda tidak minum air putih seperti mengalami lemas hingga dehidrasi.

Maka dari itu, Anda harus mengatur waktu yang pas untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara mengatur waktu minum air putih. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian kesehatan merekomendasikan untuk minum satu gelas air setelah bangun tidur, selepas sahur, saat berbuka puasa, setelah shalat Maghrib, setelah makan malam, setelah shalat Isya, Tarawih, dan sebelum tidur.

Mengkonsumsi 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih sehari selama berpuasa akan memberikan banyak manfaat. Kira-kira apa saja manfaat dari minum air putih? Simak di bawah ini ya.

1. Menghilangkan Rasa Nyeri

Mengalami rasa nyeri saat berpuasa diakibatkan karena kinerja otot kekurangan kandungan magnesium. Untuk itu, minumlah air putih yang cukup untuk membantu tubuh Anda dalam menjaga kinerja otot secara optimal.

2. Mengembalikan Elektrolit dalam Tubuh

Untuk mengembalikan mineral serta elektrolik di dalam tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa dan beraktivitas, maka Anda dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Kandungan elektrolit berfungsi membantu tubuh Anda mempertahankan jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dampak buruk dapat terjadi apabila Anda kekurangan elektrolit diantaranya penyakit seperti diare, gagal ginjal serta dehidrasi

3. Membuat Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Mencukupi kebutuhan minum air putih selama berpuasa juga membantu Anda agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Terlebih, bagi Anda yang memiliki penyakit seperti anemia atau kurang darah. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari agar tubuh dapat membentuk sel darah baru sehingga gejala anemia pun dapat dihindari.

4. Terhindar dari Kulit Kering

Mengalami kulit kering saat menahan lapar dan haus membuat Anda tidak nyaman, ditambah kulit pun sedikit pucat sehingga berpengaruh terhadap penampilan. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air putih dalam satu hari. Dengan mengkonsumsi air putih maka kulit Anda pun akan terlihat segar.

5. Mengatasi Masalah Konstipasi

Sulitnya buang air besar atau konstipasi adalah masalah kesehatan yang umum terjadi saat bulan puasa. Hal ini terjadi akibat tubuh kekurangan serat seperti tidak mengkonsumsi sayur dalam jumlah cukup, dan kurangnya cairan pada tubuh. Guna menghindari masalah tersebut Anda harus mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan.

***

Minum air putih merupakan salah satu hal dasar untuk membuat tubuh tetap sehat dan segar selama berpuasa. Apalagi, Anda berpuasa di negara tropis seperti Indonesia, yang memiliki durasi puasa selama 13 jam. Untuk itu, cukupi kebutuhan minum air putih dengan 8 gelas setiap hari. Usahakan jangan kurang dari 8 gelas, agar aktivitas Anda dapat dijalankan seperti biasa.