Menikmati Kopi Ala Coffee Shop dari Rumah dengan Kopi Kapsul

Menikmati kopi ala coffee shop yang enak dan praktis kini bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menikmatinya dengan kopi kapsul. Apa itu kopi kapsul?

Menikmati Kopi Ala Coffee Shop dari Rumah dengan Kopi Kapsul
Source Image: Unsplash

Menikmati sajian kopi seperti di coffee shop dapat Anda nikmati dari rumah dengan cara yang praktis dan tidak memakan waktu lama, yaitu dengan menggunakan kopi kapsul. Apakah kamu pernah mendengar tentang kopi kapsul?

Kopi kapsul merupakan kopi yang telah dikemas secara eksklusif menggunakan kapsul. Proses penyeduhannya pun dilakukan secara eksklusif juga dengan menggunakan mesin khusus.

Secara tidak langsung, mesin kopi kapsul adalah sebuah pengembangan dari mesin espresso tradisional. Mesin kopi kapsul dapat membuat kopi dengan cara lebih praktis dan efisien namun dengan rasa yang tak kalah jauh dengan mesin kopi espresso biasa.

Banyak merek kenamaan yang sudah meluncurkan produk kopi kapsul agar bisa digunakan secara umum seperti Starbucks, Nespresso, hingga Nescafe Dolce Gusto. Varian rasanya pun sangat beragam sehingga Anda dapat memilih sesuai selera dan keinginan. Jadi, penggunaan kopi kapsul pun bisa dibilang sudah cukup umum meskipun pengemasan dan mesin yang digunakan sangat eksklusif.

Salah satu keunggulan menggunakan kopi kapsul adalah kemampuannya yang mampu mempertahankan rasa yang sesuai dengan aslinya. Proses pengemasannya menggunakan kapsul sehingga dapat dipastikan udara tidak ada yang masuk. Udara yang masuk secara berkala ke dalam kemasan atau toples biji kopi akan mengganggu kualitas rasa dari kopi saat diseduh.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan mesin kopi kapsul sangat disarankan untuk memperhatikan tekanan bar yang dihasilkan mesin. Pasalnya, tekanan bar akan berpengaruh terhadap krema yang dihasilkan pada sebuah kopi.

Krema adalah buih kuning kecoklatan yang dapat mempengaruhi aroma dan juga rasa. Untuk itu, gunakan mesin kopi kapsul yang memiliki tekanan ekstraksi 15 bar atau di atas 15 bar. Salah satunya adalah mesin kopi kapsul dari Hibrew.

Selain itu, terdapat mesin kopi kapsul yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Anda dapat dengan bebas memiliki temperatur, berapa jumlah cangkir, hingga mode pembuatannya. Hal ini bisa Anda nikmati dengan memiliki mesin kopi kapsul dari Scishare.

Mesin kopi kapsul dapat dibilang sangat ramah bagi pemula, karena pembuatannya yang sangat instan dan tidak perlu banyak yang diperhatikan seperti mesin kopi pada umumnya, di mana Anda harus memperhatikan proses grinding, tamping, dan lain-lain. Bagaimana? Apa Anda mulai tertarik untuk menggunakan kopi kapsul?