7 Inspirasi Model Gorden Jendela yang Cantik & Estetik

Jadi elemen dekorasi yang penting, intip aneka inspirasi model gorden jendela berikut untuk membuat ruangan semakin cantik dan estetik.

7 Inspirasi Model Gorden Jendela yang Cantik & Estetik
Image Source: Unsplash

Layaknya Romeo dan Juliet, jendela dan gorden adalah pasangan yang tak bisa dipisahkan. Setiap rumah setidaknya memiliki satu dua pasang jendela dan gorden untuk menjaga sirkulasi udara agar bebas dari pengap.

Semakin berkembangnya zaman membuat banyak model baru yang muncul di pasaran. Banyaknya pilihan model gorden jendela ini dimanfaatkan oleh para desainer interior untuk menciptakan ruangan dengan vibe atau tema tertentu.

Nah, jika masih belum menemukan model yang tepat, kamu bisa simak beberapa inspirasi model gorden jendela dari JakartaNotebook yang bisa buat ruangan makin cantik dan estetik.

Sejarah Gorden Jendela

Pada awalnya gorden terbuat dari kulit hewan dan digunakan untuk membangun tenda tempat tinggal oleh penduduk Amerika Utara. Selain itu, alat ini juga digunakan sebagai partisi dan penutup ruangan oleh peradaban Persia, India dan Asia Timur. Sayangnya pada masa ini harga gorden sangatlah mahal karena terbuat dari bahan-bahan premium seperti wol dan sutra.

Kondisi ini mulai berubah setelah berkembangnya industri tekstil sehingga mulai banyak kain diproduksi dengan harga yang lebih terjangkau sehingga semua kalangan bisa menggunakan gorden untuk menutup jendela.

Kini gorden jendela hadir dengan bahan yang lebih tipis serta memiliki banyak pilihan model dan tekstur yang bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mengatur intensitas cahaya matahari, menjaga privasi penghuni rumah, hingga elemen dekorasi untuk menghiasi ruangan.

Houseeker Gorden Jaring Anti Nyamuk Window Net Mesh Curtain 130x150cm - AM198Z - White - JakartaNotebook.com
Houseeker Gorden Jaring Anti Nyamuk Window Net Mesh Curtain 130x150cm - AM198Z termurah. Dapatkan dengan mudah Houseeker Gorden Jaring Anti Nyamuk Window Net Mesh Curtain 130x150cm - AM198Z murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Inspirasi Model Gorden Jendela untuk Percantik Ruangan

Memilih model gorden jendela yang cocok memang bukan perkara yang mudah. Tak perlu khawatir karena kamu bisa mengintip inspirasi dari JakartaNotebook berikut.

1. Model Gorden Draperies

Model Gorden Draperies
Image Source: Pexels

Model Gorden satu ini banyak digunakan sebagai dekorasi untuk menghiasi ruangan. Pasalnya gorden draperies hadir dengan berbagai warna dan motif yang bisa melengkapi desain ruangan. Tak heran banyak orang yang memilihnya sebagai gorden jendela ruang tamu.

Meski menawarkan kesan cantik dan mewah, gorden ini dibuat dari bahan yang cukup berat serta dapat menyerap panas matahari. Maka mode ini kurang disarankan untuk rumah yang menghadap Timur dan Barat atau rumah dengan langit-langit yang rendah karena bisa membuat ruangan terasa pengap.

2. Model Gorden Blinds

Model Gorden Blinds
Image Source: Unsplash

Jika kamu mencari gorden unik dan memberikan suasana alami, model satu ini cocok untukmu. Model blinds atau juga dikenal sebagai kerai adalah gorden yang terbuat dari bahan bertekstur kaku seperti kanvas dan belacu.

Umumnya model ini hadir dengan warna-warna alami seperti cokelat, cream, dan ivory yang bisa memberikan kesan hangat pada ruangan. Berbeda dari gorden biasa yang dibuka dengan cara disibakkan, gorden blinds dilengkapi stik pengatur pada bagian pinggir sehingga lebih praktis.

Sebelumnya model gorden ini banyak digunakan pada ruang kantor. Namun, sekarang banyak juga rumah dengan desain minimalis yang mengadopsi model ini.

3. Model Gorden Scarves

Model Gorden Scarves
Image Source: Unsplash

Gorden jendela dengan mode scarves banyak digunakan sebagai aksen untuk memberi kesan mewah pada suatu ruangan. Pasalnya model ini tidak membutuhkan tempat untuk menggantung seperti ring, kain, atau rail. Cukup lilitkan kain pada batang jendela yang sudah ada dan biarkan kedua sisinya menggantung dan membuat lipatan secara alami.

Mudahnya pemasangan model gorden ini membuat kamu bisa mengganti model dan warna gorden sesuai suasana serta tema yang kamu inginkan.

4. Model Gorden Cascades

Model Gorden Cascades
Image Source: Unsplash

Gorden Cascade jadi salah satu model yang paling banyak digunakan rumah–rumah di Indonesia. Gorden dengan model ini punya ciri khas juntaian pada kedua sisi jendela. Bagian atas gorden umumnya digantungkan pada batang jendela sehingga membentuk gelombang.

Kamu bisa menemukan model gorden ini pada bangunan lawas mulai dari rumah, kantor, hingga hotel, Agar makin cantik desainer interior juga menambahkan aksen setengah lingkaran pada bagian tengah atas gorden.

5. Model Gorden Pleat

Model Gorden Pleat
Image Source: Unsplash

Model Gorden Pleat merupakan sebutan untuk gorden dengan kelim atau jahitan tepi pada bagian atas yang menghasilkan bentuk lipatan khas. Model ini biasanya dibuat menggunakan bahan yang kaku dan tipis sehingga bisa digunakan sebagai pembatas ruangan.

Saat ini kamu bisa memilih banyak variasi dari model pleat, mulai dari pinch pleat, box pleat, hingga tailored pleat.

6. Model Gorden Sheer

Model Gorden Sheer
Image Source: Unsplash

Jika kamu ingin cahaya matahari bisa masuk dan menerangi ruangan tanpa membuat mata sakit atau pedih model gorden sheer jawabannya. Terbuat dari bahan voile yang tipis, gorden ini bisa ditembus cahaya matahari sekaligus menjaga privasi di dalam ruangan.

Model gorden ini bisa digunakan sendiri atau dipakai sebagai pelapis dari jenis gorden lainnya sehingga ruangan tetap mendapat cahaya matahari pada siang hari dan tertutup pada malam hari.

7. Model Gorden Eyelet

Model Gorden Eyelet
Image Source: Freepik

Gorden eyelet jadi salah satu model yang populer beberapa tahun belakangan. Bahan ringan serta ring besi yang digunakan memudahkan kamu membuka dan menutup gorden.

Desainnya yang simpel juga membuat model gorden ini cocok untuk melengkapi interior rumah dengan berbagai tema mulai dari klasik hingga minimalis. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakannya untuk melapisi gorden jendela kamar, ruang tamu, hingga ruang keluarga.

Houseeker Gorden Jaring Anti Nyamuk Window Net Mesh Curtain 130x150cm - AM198Z - Black - JakartaNotebook.com
Houseeker Gorden Jaring Anti Nyamuk Window Net Mesh Curtain 130x150cm - AM198Z termurah. Dapatkan dengan mudah Houseeker Gorden Jaring Anti Nyamuk Window Net Mesh Curtain 130x150cm - AM198Z murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Itu dia beberapa inspirasi model gorden jendela yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik ruangan. Kamu juga bisa melengkapi gorden dengan pengikat gorden, LED strip, dan lampu hias gorden agar ruangan terasa lebih hangat.