Hujan Jakarta Suka Turun Tiba-Tiba? Siapin Hal-Hal ini!

Biar gak merasa ribet banget atau terganggu ketika hujan turun apalagi untuk yang melakukan aktivitas di luar rumah, pastikan kamu sudah menyiapkan semua ini yah!

Hujan Jakarta Suka Turun Tiba-Tiba? Siapin Hal-Hal ini!

Mengingat bahwa musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober - April membuat banyak orang akhir-akhir ini bertanya-tanya kapan hujan turun. Dan ternyata mulai beberapa hari yang lalu, hujan turun cukup deras di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan sampai menyebabkan banjir di beberapa titik di kota Jakarta. Hal ini merupakan pertanda bahwa kamu harus segera menyiapkan diri menghadapi musim penghujan.

Bagi sebagian orang mungkin musim hujan itu menyenangkan, karena membuat suasana jadi cuacanya adem, enak buat istirahat, tapi juga tidak dipungkiri banyak juga yang menganggap musim hujan itu bikin repot.

Oleh karena itu, biar gak merasa ribet banget atau terganggu ketika hujan turun apalagi untuk yang melakukan aktivitas di luar rumah, pastikan kamu sudah menyiapkan semua ini yah!

foto : ilustrasi

Sedia payung sebelum hujan

Pepatah ini tepat banget loh guys! Segala sesuatu akan berjalan baik apabila telah dipersiapkan dengan matang terlebih dahulu. Ketika kamu ada janji untuk bepergian di situasi cuaca yang tidak menentu seperti ini sebaiknya selalu siapkan payung atau jas hujan demi kenyamanan berkendara. Jika kamu suka bepergian atau melakukan aktivitas dengan naik kendaraan umum, yang mesti kamu bawa selalu adalah payung.

Selain payung dan jas hujan, kamu juga perlu perlengkapan sejenis yang bisa membantu kamu menyelamatkan penampilan dikala hujan tiba. Gak mau kan jadi keliatan kuyup kehujanan pas janjian sama doi.

Gunakan Pakaian Hangat

Ketika hujan turun tiba-tiba, biasanya suhu berubah menjadi lebih dingin dari biasanya, apalagi ketika di malam hari. So, sebaiknya kamu selalu menyiapkan pakaian tebal atau hangat baik di dalam rumah maupun luar rumah.

Periksa Roda Kendaraan dengan Baik

Buat kamu yang berkendara di musim hujan seperti ini, bisa berbahaya loh jika tidak berhati-hati. Jalanan yang licin bahkan penglihatan buram karena embun bisa bikin risiko kecelakaan meningkat. Jadi, jangan lupa periksa ban mobil dan ban motor kamu sebelum memutuskan untuk berkendara ketika hujan. Pastikan juga jika lampu sein dan rem kamu berfungsi dengan baik ya.

Jaga Pola Makan

Perubahan suhu dari panas ke dingin juga sering jadi penyebab munculnya penyakit. Selain itu, saat musim hujan ancaman flu dan penyakit-penyakit lainnya juga bisa terjadi dengan mudah loh. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tentu akan mengkhawatirkan apabila kita terserang penyakit. Jadi, pastikan kamu rajin minum vitamin dan jaga pola makan seimbang ya. Siapkan makanan hangat saat hujan deras, tentu bisa menghangatkan dirimu serta menjaga imunitas ketika cuaca ekstrim.

Perhatikan Kondisi Atap Rumah

Atap bocor adalah salah satu masalah yang sering kita alami ketika musim hujan datang. Nah.. apabila Jaknoters tidak mau kejadian seperti itu terjadi, maka siapkanlah kondisi atap dengan baik selagi intensitas hujan belum tinggi. Selama masih ada waktu, gunakanlah untuk mengecek kemudian rapikan bagian yang tidak tertutup dengan baik.

Siapkan Hiburan di Rumah

Kondisi hujan sering menyebabkan kita untuk mager alias males gerak karena diluar sedang hujan deras. Begitu pula saat weekend, jika hujan deras memang paling enak itu nyantai di kamar ya. So, biar ga merasa tertekan-tertekan banget, kamu bisa menyiapkan hiburan di rumah seperti film,buku,majalah,games, ataupun camilan.

Jangan lupa ya poin-poin penting di atas!

Miliki semua perlengkapan yang siap membantu kamu untuk mengatasi hujan Jakarta yang tiba-tiba ini hanya di JakartaNotebook! Cek sekarang juga Jaknoters!