Newton's Cradle, Pajangan Unik yang Mengandung Unsur Ilmu Fisika

Selain sebagai hiasan, pajangan pendulum dapat digunakan sebagai media presentasi ataupun media penghilang stress. Pergerakan dari bola-bola yang stabil membuat perasaan satisfying yang melihatnya.

Newton's Cradle, Pajangan Unik yang Mengandung Unsur Ilmu Fisika
Image Source: freepik

Pernahkah kamu melihat pajangan unik yang terdiri dari 5 buah bola yang menggantung? Dan bila kita tarik bolanya maka akan memantulkan bola lainnya pada sisi lainnya?

Bagi yang belum tahu, ternyata alat tersebut bukan hanya pajangan saja. Ternyata alat tersebut dapat digunakan sebagai alat representasi dari hukum fisika tentang momentum dan energi. Alat tersebut memiliki nama Newton's Cradle, dinamakan berdasarkan penemu hukum Newton yaitu Sir Isaac Newton.

Newton's Cradle atau bandul Newton adalah suatu rangka yang biasanya memiliki 5 buah pendulum, masing-masing pendulum tergantung dengan 2 kawat/tali yang sama panjang. Alat ini menunjukkan hukum III tentang aksi reaksi di mana jika sejumlah pendulum ditarik dari satu sisi dan dilepaskan, maka jumlah yang sama akan terpental dan kembali memberikan dorongan untuk jumlah yang sama.

Dilansir dari wikipedia, bahkan ada Newton's Cradle terbesar di dunia yang dimiliki oleh The Geek Group's lab in Michigan. Sangat keren dan menakjubkan bukan?

Image Souce: cdn

Alat ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran terutama dalam bidang pelajaran fisika. Untuk kegiatan belajar alat ini dapat dijadikan sebagai media eksperimen untuk menentukan koefisien restitusi dari bola pendulum, menghitung percepatan dan sebagainya.

Pada saat ini Newton's Cradle biasanya banyak ditemukan sebagai hiasan meja di kantor-kantor karena keunikannya. Mainan sekaligus pajangan ini dapat mengusir kebosanan sementara dengan menggerakan bola-bola pendulum sehingga menghasilkan hentakan-hentakan yang mengagumkan.

Kamu bisa menemukan berbagai macam model rangka newton cradle yang paling sesuai untuk dipajang di meja kerja kamu. Ukuran bola pendulumnya pun juga beragam sehingga memudahkan untuk dimainkan.