Ngabuburit, Tradisi Masyarakat di Bulan Ramadhan

Momen-momen di saat bulan suci Ramadhan akan selalu melekat terutama momen ngabuburit bersama teman atau kerabat sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit, Tradisi Masyarakat di Bulan Ramadhan
Image Source: Viva.co.id

Ngabuburit adalah tradisi yang dilakukan di Indonesia selama bulan suci Ramadhan. Momen ini mengacu pada aktivitas yang dilakukan orang-orang sambil menunggu waktu buka puasa di sore hari, tepat sebelum matahari terbenam. Istilah ngabuburit sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu burit yang artinya adalah sore atau petang sehingga dapat diartikan ngabuburit berarti menunggu sore atau tepatnya dalam momen ini menunggu waktu berbuka.

Kegiatan ngabuburit dapat bervariasi tergantung pada lokasi, budaya, dan preferensi individu. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama ngabuburit, tergantung pada preferensi dan budaya masyarakat setempat. Berikut beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan selama ngabuburit di Indonesia:

-Berbincang-bincang dengan keluarga dan teman-teman.

-Membaca Al-Quran atau buku-buku islami.

-Mendengarkan kuliah-kuliah agama atau tausiyah.

-Mengikuti acara pengajian atau dzikir bersama di masjid.

-Menonton acara televisi atau film yang islami.

-Berolahraga seperti bersepeda, berjalan kaki, atau bermain sepak bola.

-Membuat makanan khas Ramadhan, seperti kolak, bubur kacang hijau, atau takjil.

-Berbelanja kebutuhan Ramadan di pasar atau pusat perbelanjaan.

-Bermain permainan tradisional seperti congklak, egrang, atau balap karung.

-Mengikuti kegiatan seni dan budaya seperti tari, musik, atau teater.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas dapat dilakukan secara mandiri atau bersama-sama dengan keluarga dan teman-teman. Selain itu, banyak juga acara-acara ngabuburit yang diadakan oleh komunitas atau organisasi setempat seperti mengadakan kuis agama.

Secara keseluruhan, ngabuburit merupakan aspek penting Ramadhan bagi banyak orang Indonesia. Ini adalah waktu untuk bersosialisasi, membangun komunitas, dan terlibat dalam aktivitas yang membantu mengisi waktu hingga berbuka puasa.

Kalau kamu? Apa yang biasa kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka puasa? Karena puasa adalah momen untuk membuat diri kamu lebih positif, tentunya lakukan kegiatan yang positif ya sehingga puasa kamu lebih bermanfaat dan tujuan puasa kamu tercapai dengan baik sampai hari kemenangan tiba. Akhir kata “SELAMAT MENJALANI IBADAH PUASA” bagi yang menjalankan.


Promo Pesta THR Lebaran 2023 | JakartaNotebook.
Sambut Pesta THR Lebaran JakartaNotebook. Beli perlengkapan lebaran diskon hingga 70%. Kejar Flash Deals produk andalan dengan harga yang #SudahPastiMurahnya.