Simak! Niat Sholat Idul Adha Lengkap serta Tata Caranya

Simak! Niat Sholat Idul Adha Lengkap serta Tata Caranya
Image Source: Liputan 6

Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Pada hari tersebut, umat Muslim di seluruh dunia berkumpul untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Sholat ini memiliki bacaan dan tata cara yang berbeda dari sholat biasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas niat dan tata cara shalat Idul Adha secara detail.

Niat Sholat Idul Adha untuk Makmum dan Imam

Image: Freepik

Sholat Idul Adha biasanya dilaksanakan di masjid atau tempat terbuka secara berjamaah. Baik menjadi makmum atau imam, membaca niat sholat Idul Adha sama pentingnya.

Niat Sholat Idul Adha untuk Makmum

Bacaan niat sholat Idul Adha tidak berbeda dari sholat 5 waktu. Hanya ada beberapa perubahan seperti di bawah ini.

أُصَلِّيْ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَـــالَى

Artinya: Aku berniat salat sunah Iduladha dua rakaat sebagai makmum karena Allah ta’ala.

Niat Sholat Idul Adha untuk Imam

Jika bertindak sebagai imam, kamu hanya perlu mengganti sedikit bagian pada niat sholat Idul Adha.

أُصَلِّيْ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلّٰهِ تَعَـــالَى

Artinya: Aku berniat salat sunah Iduladha dua rakaat sebagai imam karena Allah ta’ala.

Melafalkan niat sholat bertujuan untuk membantu kekhusyukan salat yang dikerjakan. Hal ini dijelaskan dalam kitab Nihayatul Muhtaj yang dijelaskan oleh Imam Ramli.

وَيُنْدَبُ النُّطْقُ بِالمَنْوِيْ قُبَيْلَ التَّكْبِيْرِ لِيُسَاعِدَ اللِّسَانُ القَلْبَ وَلِأَنَّهُ أَبْعَدُ عَنِ الوِسْوَاسِ وَلِلْخُرُوْجِ مِنْ خِلاَفِ مَنْ أَوْجَبَهُ

Artinya: Disunnahkan melafalkan niat menjelang takbir (sholat) agar lisan dapat membantu (kekhusyukan) hati, agar terhindar dari gangguan hati dan karena menghindari dari perbedaan pendapat yang mewajibkan melafalkan niat.

Tata Cara Sholat Idul Adha

Image: Freepik

Dalam melaksanakan shalat Idul Adha, penting bagi kita untuk memahami tata cara yang benar dan melaksanakannya dengan hati yang penuh khusyuk. Berikut tata cara dan bacaan sholat Idul Adha yang harus kamu perhatikan.

1. Persiapan

Sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, pastikan bahwa kita telah mandi atau melakukan wudu dengan sempurna. Memakai pakaian yang bersih dan sopan juga merupakan bagian dari persiapan ini.

Memastikan diri kita berada dalam keadaan suci fisik dan spiritual sangat penting untuk melaksanakan ibadah dengan sepenuh hati.

2. Niat

Niatkan dalam hati untuk melaksanakan shalat Idul Adha. Agar lebih afdol, kamu bisa melafalkan niat sholat Idul Adha seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

3. Takbiratul Ihram

Setelah berbaris rapi dan dan berniat, takbiratul ihram dilakukan oleh imam dan diikuti oleh jamaah. Takbiratul ihram adalah gerakan mengangkat tangan ke sebelah bahu sambil mengucapkan "Allahu Akbar" untuk memulai shalat.

4. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbir pertama, kamu bisa membaca doa iftitah. Doa ini sama seperti doa yang biasa dilafalkan saat sholat 5 waktu.

5. Takbir 7 Kali

Setelah takbiratul ihram pertama dan membaca doa iftitah, jamaah membaca takbir sebanyak tujuh kali. Di sela-sela takbir, disunnahkan untuk membaca:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Baca: Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illallah wallahu akbar.
Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.

Rhodey Dompet Pria Anti Theft Password Model Panjang - A0113 - Black - JakartaNotebook.com
Rhodey Dompet Pria Anti Theft Password Model Panjang - A0113 termurah. Dapatkan dengan mudah Rhodey Dompet Pria Anti Theft Password Model Panjang - A0113 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Membaca Surat Al-Quran

Imam akan membaca surat Al-Fatihah dan surat pilihan lainnya setelah 7 kali takbir. Sebagai makmum kamu bisa mengikutinya dengan khusyuk.

7. Ruku' dan Sujud

Setelah membaca surat Al-Quran, imam dan jamaah melakukan gerakan ruku' (membungkuk) dan sujud (bersujud) seperti biasa dalam shalat. Gerakan ini dilakukan dengan khusyuk dan penuh penghormatan kepada Allah SWT.

8. Rakaat Kedua

Setelah selesai rakaat pertama, jamaah berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua. Rakaat kedua memiliki langkah-langkah yang serupa dengan rakaat pertama. Namun, pengulangan takbir hanya dilakukan sebanyak 5 kali saja.

Sholat dilanjutkan hingga selesai dan diakhiri dengan salam.

9. Khutbah

Setelah selesai melaksanakan shalat, imam memberikan khutbah (ceramah) kepada jamaah. Khutbah ini mengandung pesan-pesan penting yang berkaitan dengan perayaan Idul Adha sehingga bagus untuk disimak.

He Chooses Tas Make Up Kosmetik Transparent Mesh Triangle - KS34 - Gray - JakartaNotebook.com
He Chooses Tas Make Up Kosmetik Transparent Mesh Triangle - KS34 termurah. Dapatkan dengan mudah He Chooses Tas Make Up Kosmetik Transparent Mesh Triangle - KS34 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Sholat Idul Adha merupakan ibadah yang melibatkan jamaah dalam rangkaian perayaan yang penuh makna. Melalui momen ini, umat Muslim mengingat kembali pengorbanan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT.

Dalam melaksanakan sholat Idul Adha, penting untuk memahami tata cara yang benar dengan hati yang khusyuk. Dengan pelaksanaan yang baik, semoga kita dapat meraih berkah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.