10 Obat Perut Kembung Alami, Dijamin Ampuh!

Beberapa obat perut kembung alami ini efektif mengurangi rasa tak nyaman karena penumpukan gas sistem pencernaan. Dijamin mudah dan efektif!

10 Obat Perut Kembung Alami, Dijamin Ampuh!
Image Source: Freepik/

Penumpukan gas pada perut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang biasa kita kenal dengan sebutan kembung. Kamu bisa mengatasi kondisi ini dengan menggunakan obat perut kembung alami.

Obat ini terbuat dari bahan alami yang mudah ditemukan sehari-hari. Kandungan senyawa di dalamnya dapat meringankan rasa sakit atau tidak nyaman akibat banyaknya gas yang terperangkap dalam sistem pencernaan.

Penasaran apa saja obat perut kembung alam yang bisa digunakan? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Obat Perut Kembung Alami, Ampuh & Mudah Ditemukan

Obat perut kembung alami ini bisa jadi solusi untuk kamu yang bermasalah dengan rasa begah dan tidak nyaman pada area perut. Tak perlu khawatir karena semua obat ini pastinya ampuh dan mudah didapatkan. 

1. Teh Chamomile

Image Source: Freepik/

Obat perut kembung alami pertama yang bisa kamu coba adalah teh chamomile. Bahan ini terkenal karena dapat memberikan efek menenangkan saat dikonsumsi. Kandungan flavonoid yang dimiliki membuat teh ini dapat mengurangi terbentuknya gas di dalam sistem pencernaan. 

Tak hanya itu, teh chamomile juga efektif untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan lainnya, seperti mual, muntah, maag dan diare.

2. Minyak Kayu Putih

Sering ditemukan di kotak P3K atau pouch obat, ternyata minyak kayu putih termasuk jadi obat perut kembung alami yang cukup ampuh. Sensasi hangat yang dihasilkan dapat menenangkan otot perut dan pencernaan serta menghilangkan rasa tak nyaman pada perut.

Minyak kayu putih juga membuat gas di dalam perut lebih mudah dikeluarkan. Kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih pada area ulu hati hingga perut untuk mengatasi kembung.

3. Jahe

Jahe
Image Source: Freepik/Freepik

Selain banyak digunakan sebagai bumbu pada masakan, jahe juga berfungsi sebagai obat perut kembung alami. Tanaman herbal ini memiliki kandungan zingibain yang dapat membantu pencernaan protein dan mencegah penumpukan gas pada sistem pencernaan.

Senyawa gingerol di dalamnya juga efektif mengatasi kembung serta meredakan mual. Kamu dapat mengonsumsi jahe dengan cara direbus atau diseduh lalu tambahkan madu untuk mengurangi rasa pedasnya.

4. Teh Peppermint

Terkenal sebagai minuman yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, teh peppermint merupakan obat perut kembung alami yang wajib dicoba. Tanaman peppermint memiliki senyawa flavonoid yang mampu meredakan berbagai masalah kesehatan, seperti kembung dan mual. 

Tak hanya itu, kandungan menthol di dalamnya juga memiliki efek antispasmodik yang menyebabkan rasa tidak nyaman di perut. Tak heran jika banyak yang mengonsumsi teh peppermint untuk menjaga kesehatan sehari-hari.

BOROW Teko Listrik Kopi Pemanas Air Leher Angsa Pour Over 1000W 1000ml Non Wooden - ZK-KH301 - Black - JakartaNotebook.com
BOROW Teko Listrik Kopi Pemanas Air Leher Angsa Pour Over 1000W 1000ml Non Wooden - ZK-KH301 termurah. Dapatkan dengan mudah BOROW Teko Listrik Kopi Pemanas Air Leher Angsa Pour Over 1000W 1000ml Non Wooden - ZK-KH301 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Source: Freepik/Rawpixel

Obat perut kembung alami lainnya yang bisa kamu coba adalah cuka apel. Termasuk salah satu bahan masakan yang sempat viral beberapa tahun kebelakang, cuka apel dapat mempercepat proses pencernaan sehingga mengurangi produksi gas di dalam perut. 

Cara menggunakan obat perut kembung alami ini pun sangat mudah, kamu cukup menambahkan satu sendok makan cuka air pada secangkir air atau teh hangat. Minum campuran ini secara teratur di pagi hari atau saat merasa kembung.

6. Kunyit

Kunyit bisa jadi obat perut kembung alami yang efektif dan mudah didapat selanjutnya. Selain memiliki warna yang cantik, kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang kaya antioksidan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada penderita gangguan pencernaan, kunyit dapat mengurangi gejala sakit perut dan begah hingga 67%. Efek ini tentu sangat membantu untuk kamu yang sering merasa tidak nyaman akibat perut kembung.

7. Pepaya

Pepaya
Iamge Source: Freepik/Jcomp

Meski jadi buah yang tidak disukai banyak orang, pepaya ternyata bisa menjadi obat perut kembung alami yang ampuh. Buah ini memiliki kandungan air serta serat tinggi yang baik untuk kesehatan.

Semakin sehat karena adanya enzim papain yang membantu proses mencerna asam amino yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari perut kembung dan rasa begah setelah makan.

Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT-04 - White - JakartaNotebook.com
Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT-04 termurah. Dapatkan dengan mudah Shake n Take Blender Buah Portable Mini Juicer 500ml - VT-04 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Probiotik

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan obat perut kembung satu ini. Probiotik merupakan bakteri baik yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi probiotik secara teratur dapat mencegah terjadinya penumpukan gas pada perut yang menyebabkan kembung. 

Kamu bisa mengonsumsi probiotik dalam  bentuk minuman seperti yoghurt dan kombucha atau makanan seperti tempe yang mudah ditemukan. 

9. Kayu Manis

Kayu Manis
Image Source: Freepik/Freepik

Tak hanya memiliki aroma yang khas dan wangi, kayu manis ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjadi obat perut kembung alami. Kandungan senyawa antioksidan pada kayu manis dapat meredakan kembung hingga melancarkan pencernaan. 

Adanya senyawa antiinflamasi juga dapat menyembuhkan peradangan pada pencernaan. Tambahkan bubuk atau parutan kayu manis pada secangkir teh atau masakan agar tetap lezat dikonsumsi.

10. Air Hangat

Obat perut kembung alami terakhir sangat sederhana dan mudah digunakan, yakni air hangat. Kamu bisa menggunakan air hangat dan waslap sebagai kompres untuk menenangkan perut yang sakit atau tidak nyaman. 

Otot perut yang rileks akan melancarkan sistem pencernaan dan memudahkan proses mengeluarkan gas dari perut. Jangan lupa untuk mengulang proses kompres setiap 5 hingga 15 menit.

Beberapa bahan di atas dalam menjadi pilihan obat perut kembung alami yang bisa dicoba sebelum mengonsumsi obat. Perut kembung sendiri bukan merupakan kondisi darurat dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, tak ada salahnya menggunakan bahan-bahan di atas untuk mengurangi rasa begah yang tidak nyaman.

Membuat aneka minuman hangat semakin mudah karena kamu bisa menggunakan teko listrik low watt, pemanas gelas, dan gelas saringan rempah dengan harga #DijaminMurah di JakartaNotebook!


Sumber:

WebMD. Foods to Help You Ease Bloating. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-foods-to-help-you-ease-bloating 

Healtline. 20 Foods and Drinks That Help with Bloating. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-with-bloating 

Brigham and Women’s Hospital. Gas and The Bloat. https://www.brighamandwomens.org/patients-and-families/meals-and-nutrition/bwh-nutrition-and-wellness-hub/special-topics/gas-beat-the-bloat 

Medical News Today. Does Apple Cider Vinegar Help with Bloating?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326866 

Healthline. 7 Helpful Supplements for Bloating. https://www.healthline.com/nutrition/supplements-for-bloating