7 Obat Radang Tenggorokan Alami, Murah & Mudah Dibuat

Redakan rasa tidak nyaman di tenggorokkan dengan obat radang tenggorokan alami. Selain ampuh, bahannya pun mudah ditemukan.

7 Obat Radang Tenggorokan Alami, Murah & Mudah Dibuat
Image Source: Freepik/gpointstudio

Menjelang pergantian musim, pasti kamu banyak menemukan orang yang mengalami gangguan kesehatan ringan seperti batuk kering, pilek, hingga radang tenggorokan.

Sama seperti beberapa penyakit lain kondisi ini sebenarnya normal terjadi, apalagi jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Namun, jika tidak segera ditangani tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika belum sempat pergi ke dokter, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan alami sebagai alternatif. Namun, sebelum itu, yuk, kita kenali lebih dalam apa itu radang tenggorokan.

Apa Itu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Kondisi ini ditandai dengan rasa tidak nyaman, gatal, perih, atau sakit yang membuat seseorang kesulitan menelan.

Umumnya radang tenggorokan ditularkan lewat percikan air liur saat penderitanya bicara, batuk, atau bersin. Selain itu, asap rokok dan polusi juga bisa jadi penyebab munculnya kondisi ini.

Meski baru bisa dirasakan saat kondisinya sudah parah, beberapa gejala umum yang muncul pada penderita radang tenggorokan adalah sakit tenggorokan, sakit saat menelan, suara serak, dan tenggorokan nyeri saat berbicara.

Obat Radang Tenggorokan Alami yang Aman & Ampuh

Kondisi kesehatan ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, tak ada salahnya menggunakan obat alami sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit ini. Berikut rekomendasi obat radang tenggorokan alami yang bisa kamu coba.

1. Perasan Lemon

Perasan Lemon
Image Source: Freepik/freepik

Obat radang tenggorokan alami pertama adalah perasan lemon. Bahan ini sudah sejak lama dipercaya dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan infeksi bakteri atau virus.

Kaya akan vitamin C, perasan lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Kandungan antioksidan di dalamnya juga berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Semakin lengkap dengan adanya senyawa astringent yang dapat meredakan bengkak dan peradangan di tenggorokan. Cara menggunakan perasan lemon juga sangat mudah, kamu bisa menyampurkannya dengan segelas air hangat atau teh.

2. Madu

Madu
Image Source: Freepik/freepik

Sama seperti obat sebelumnya, madu juga telah lama digunakan sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.

Senyawa antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi di dalamnya membuat madu dapat mempercepat proses penyembuhan sembari meredakan peradangan pada tenggorokan.

Studi tentang infeksi saluran pernapasan pada anak juga menunjukkan jika bahan makanan ini efektif untuk mengatasi batuk. Kamu bisa mengonsumsi madu secara langsung atau menyampurnya dengan teh atau minuman hangat lainnya.

3. Air Garam

Air Garam
Image Source: Freepik/racool-studio

Air garam bisa jadi obat radang tenggorokan alami yang ampuh. Pasalnya larutan ini punya sifat antiseptik yang dapat membasmi bakteri dan virus yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Tak hanya itu, air garam juga dapat memecah lendir sehingga mengurangi penumpukan lendir di tenggorokan.

Jika ingin menggunakan obat alami ini, kamu cukup campurkan ¼ sampai ½ sendok teh garam dengan segelas air. Gunakan larutan ini untuk berkumur setiap 3 jam sekali hingga kondisi tenggorokan membaik.

Cocktailgeek Alat Peras Jeruk Lemon Juicer with Bowl and Strainer - SS-304 - Silver - JakartaNotebook.com
Cocktailgeek Alat Peras Jeruk Lemon Juicer with Bowl and Strainer - SS-304 termurah. Dapatkan dengan mudah Cocktailgeek Alat Peras Jeruk Lemon Juicer with Bowl and Strainer - SS-304 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Source: Freepik/ivanoffdm

Sempat viral karena manfaatnya untuk menjaga kondisi kulit wajah, cuka apel juga jadi alternatif obat radang tenggorokan. Penelitian menunjukkan jika bahan ini punya sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri.

Sifat asam yang dimiliki cuka apel membuat bakteri dan virus sulit berkembang sehingga dapat menghentikan penyebarannya. Sifat ini jugalah yang membuatnya dapat mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan bahan ini sangat mudah. Campurkan 1-2 sdm cuka apel dengan segelas air, kemudian pakai untuk berkumur secara rutin. Pastikan kamu menengadahkan kepala saat berkumur, ya!

5. Teh Herbal

Teh Herbal
Image Source: Freepik/8photo

Manfaat teh herbal sebagai obat radang tenggorokan alami memang tak bisa diragukan. Terbuat dari tumbuhan herbal dengan kualitas terbaik, teh ini tentunya punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Teh punya kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu membentengi tubuh dari infeksi bakteri, virus, hingga radikal bebas. Sensasi hangat yang diberikan juga mengurangi nyeri atau sakit.

Kamu bisa memilih beberapa jenis teh herbal, seperti teh jahe dengan kandungan antiinflamasi, teh chamomile untuk meredakan peradangan, teh peppermint untuk mengencerkan dahak, hingga teh dandelion untuk mengobati infeksi.

BalmyDays Filter Saringan Teh Reusable Tea Infuser Strainer 50mm - K522 - Silver - JakartaNotebook.com
BalmyDays Filter Saringan Teh Reusable Tea Infuser Strainer 50mm - K522 termurah. Dapatkan dengan mudah BalmyDays Filter Saringan Teh Reusable Tea Infuser Strainer 50mm - K522 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Kayu Manis

Kayu Manis
Image Source: Freepik/azerbaijan-stock

Tak hanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kue dan masakan yang lezat. Kayu manis juga sudah lama dipakai dalam pengobatan tradisional di Cina.

Menyampurkan satu sendok teh bubuk kayu putih ke dalam secangkir teh atau air panas dapat menjadi cara menyembuhkan radang tenggorokan secara alami.

Kandungan antibakteri pada bahan ini dapat meredakan pembengkakan dan peradangan pada tenggorokan. Sifat antioksidan yang dimiliki juga efektif melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus yang jadi sumber aneka penyakit.

7. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Source: Freepik/jcomp

Obat radang tenggorokan alami terakhir adalah bawang putih. Bumbu dapur ini memiliki senyawa allicin yang bersifat antibakteri, antivirus dan antijamur sehingga dapat membasmi mikroba penyebab sakit tenggorokan.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat juga sangat praktis. Kamu bisa mengunyah bumbu dapur ini saat mentah sehingga kandungan allicin dapat langsung mengenai tenggorokan.

Namun, jika tidak ingin mengonsumsinya langsung, kamu bisa menyampurkannya dengan minyak zaitun, madu, atau membuatnya menjadi jus.

Huohou Penghancur Bawang Garlic Presser Crusher Squeezer - HU0067 - Black - JakartaNotebook.com
Huohou Penghancur Bawang Garlic Presser Crusher Squeezer - HU0067 termurah. Dapatkan dengan mudah Huohou Penghancur Bawang Garlic Presser Crusher Squeezer - HU0067 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara mengobati radang tenggorokan tidak harus dengan obat yang dapat mengganggu fungsi ginjal dan liver. Namun, jika kondisi tidak segera membaik, pastikan kamu segera mengunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat, ya!


Sumber

Healthline. Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do). https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies#home-remedies

Mayo Clinic. Sore throat – Symptoms and causes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635

Medical News Today. What are the best ways to help a sore throat?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-help-sore-throats#contacting-a-doctor