Penggunaan Baterai Isi Ulang, Langkah Kecil untuk Menyelamatkan Lingkungan

Penggunaan baterai rechargeable ternyata bisa menyelamatkan lingkungan loh! Mengapa begitu? Simak penjelasan di bawah ini.

Penggunaan Baterai Isi Ulang, Langkah Kecil untuk Menyelamatkan Lingkungan
Image Source: Unsplash

Apa yang kamu lakukan jika baterai yang digunakan untuk alat elektronik di rumah sudah habis? Semua pasti akan menjawab membuangnya. Namun, tahukah kamu jika baterai yang sudah tak terpakai merupakan limbah berbahaya untuk lingkungan? Ya, jika kamu membuang baterai yang sudah tak terpakai secara sembarangan nantinya akan merusak dan membahayakan lingkungan.

Semua jenis baterai masuk ke dalam jenis limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Terdapat kandungan logam berat seperti merkuri, mangan, timbal, nikel, lithium kadmium, dan zat berbahaya lain yang dapat mencemari air dan tanah serta berujung membahayakan tubuh manusia.

Kandungan berbahaya dari baterai membuatnya tidak boleh dibuang sembarangan. Namun, sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak mengerti tentang bahaya limbah baterai untuk lingkungan dan kesehatan.

Lalu bagaimana cara untuk mengurangi limbah baterai? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan lingkungan dari limbah baterai yang berbahaya di antaranya:

1. Pisahkan Limbah Baterai

Kamu harus membuang limbah baterai secara terpisah dengan sampah lainnya dengan cara mengumpulkan baterai tak terpakai yang ingin kamu buang ke dalam wadah khusus. Kemudian kamu bisa pergi ke tempat yang menyediakan tempat sampah terpisah antara sampah basah, kertas, dan B3. Buang baterai ke kategori B3 untuk limbah berbahaya sehingga petugas yang mengambil sampah bisa mendaur ulang baterai.

2. Gunakan Baterai Isi Ulang

Langkah selanjutnya adalah dengan meninggalkan baterai sekali pakai dan mulai menggunakan baterai isi ulang atau rechargeable. Penyebab banyaknya limbah baterai adalah karena masyarakat masih banyak yang menggunakan baterai sekali pakai yang durasi penggunaannya sangat singkat.

Sementara itu kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan baterai isi ulang. Baterai isi ulang memiliki jangka waktu pemakaian yang lama karena setelah daya baterai habis kamu bisa mengisi ulang dengan menggunakan charger baterai.

JakartaNotebook menyediakan baterai rechargeable atau baterai isi ulang dengan berbagai jenis dan ukuran. Tak hanya baterainya saja, kamu juga bisa membeli charger baterai untuk mengisi ulang baterai ketika daya sudah habis.

Dengan menggunakan baterai isi ulang, kamu sudah melakukan langkah kecil untuk mengurangi limbah berbahaya dan menyelamatkan lingkungan.