Kenali Modus Penipuan Berkedok OTP yang Catut JakartaNotebook

Penipuan online menggunakan kode OTP semakin marak terjadi belakangan ini. Oknum yang tidak bertanggung jawab berusaha meretas data pribadi pembeli yang bertujuan untuk menguras saldo hingga menggunakan data pribadi untuk aktivitas ilegal lainnya.

Sebagai marketplace yang melakukan transaksi secara online, JakartaNotebook menjadi salah satu pihak yang dirugikan karena namanya dicatut oleh oknum tidak bertanggung jawab. Perlu diingat jika JakartaNotebook tidak menggunakan Kode OTP dalam proses transaksi hingga tracking pesanan.

Apa Itu Kode OTP?

Kode OTP atau “one-time password” adalah 6 digit nomor yang dikirim melalui SMS, WhatsApp, e-mail, atau telepon. Kode ini berfungsi sebagai alat verifikasi untuk mencocokkan informasi dan memungkinkan kamu mengakses informasi akun di berbagai aplikasi. 

Meski terlihat sederhana dan bersifat sementara kode OTP punya fungsi yang penting untuk menjaga keamanan akun seseorang.

Bagaimana Modus Penipuan Berkedok OTP?

Belakangan ini nama JakartaNotebook dicatut oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan berkedok kode OTP. Adapun modus penipuan adalah sebagai berikut:

1. Oknum menghubungi pembeli karena kendala pengiriman pesanan dengan menyertakan informasi tracking pesanan

2. Menjanjikan retur/pengembalian dana karena pesanan tidak bisa diproses

3. Mengirimkan barcode tanpa fungsi jelas dengan potensi phising

4. Menggunakan akun lain untuk meminta kode OTP

Bagaimana agar Terhindar dari Penipuan Berkedok OTP?

Kami kembali mengingatkan jika JakartaNotebook tidak menggunakan Kode OTP dalam proses transaksi hingga tracking pesanan. Maka selalu waspada jika ada oknum yang mencatut nama JakartaNotebook dan meminta kode OTP.

1. Lakukan pemesanan lewat website (https://www.jakartanotebook.com/), aplikasi (JakartaNotebook), dan sales resmi (https://www.jakartanotebook.com/contact-sales) JakartaNotebook.

2. Melakukan tracking pesanan melalui laman resmi (https://www.jakartanotebook.com/tracking) yang ada di website JakartaNotebook.

3. Menghubungi nomor Customer Service yang tertera pada cabang masing-masing

4. Menghubungi nomor JakartaNotebook Center yang sudah terverifikasi

Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengetahui modus penipuan berkedok OTP yang mencatut JakartaNotebook dan tidak menjadi salah satu korbannya.

Selalu ingat untuk tidak mudah percaya dengan pesan dari nomor yang tidak dikenal serta jangan memberikan informasi pribadi pada orang asing, ya!