Penyakit yang Sering Mengintai Para Pekerja Kantoran

Ternyata ada banyak penyakit yang mengintai pekerja kantoran. Apa saja? Yuk cek artikel di bawah ini!

Penyakit yang Sering Mengintai Para Pekerja Kantoran
Image Source: Unsplash

Aktivitas bekerja yang dilakukan oleh pekerja kantoran umumnya sangat beragam, mulai dari aktivitas fisik hingga yang menguras pikiran. Beragam kondisi kerja dan juga situasi saat bekerja dapat menjadi pemicu munculnya penyakit yang dialami oleh para karyawan.

Lalu, apa saja kira-kira penyakit yang mungkin dialami oleh para pekerja kantoran? Yuk, simak beberapa informasi tentang penyakit yang sering mengintai para pekerja kantoran.

1. Depresi

Image Source: Pexels

Penyakit yang satu ini menyerang secara mental akibat kelelahan fisik ataupun beban kerja yang berlebihan. Orang yang terkena penyakit depresi biasanya disebabkan oleh situasi kerja yang kurang kondusif, disertai dengan beban kerja yang terlalu berat sehingga menguras tenaga dan juga pikiran seseorang.

Puncak dari depresi bisa berujung sangat fatal. Alangkah baiknya ketika bekerja tetap memperhatikan kondisi tubuh, makan-makanan yang bergizi, beristirahat yang cukup, dan jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan diri ke fasilitas kesehatan.

2. Nyeri Badan

Image Source: Freepik

Sudah menjadi hal yang lumrah bila kita bekerja seharian tubuh kita akan merasa sangat lelah. Permasalahan seperti sakit punggung, leher, pinggang dan lainnya dapat terjadi akibat tubuh kita terlalu lelah dan tentunya juga akan mempengaruhi kinerja kita di tempat kerja.

Jika kita memang diharuskan untuk bekerja sambil duduk dihadapan meja kerja terus menerus, ada baiknya diselingi dengan berdiri, berjalan atau melakukan peregangan otot selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu tubuh tetap rileks dan tidak mudah lelah.

Akan lebih baik lagi apabila kita rutin melakukan olahraga sehingga kondisi tubuh juga tetap prima. Jika lebih banyak aktivitas fisik seperti mengangkat barang ataupun mondar mandir, selingi dengan duduk sejenak sehingga otot-otot menjadi lebih rileks dan tidak terlalu tertekan.

3. Maag

Image Source: Pexels

Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung, di mana asam lambung bereaksi berlebihan dan membuat perut tidak nyaman. Penyakit maag dapat mengganggu aktivitas dan memungkinkan untuk menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berbahaya.

Oleh karena itu, walaupun sibuk bekerja kita harus memperhatikan kebutuhan utama manusia, yaitu makan dan minum yang cukup. Bagi yang memiliki penyakit maag akut, dapat menyiasatinya dengan menyediakan cemilan yang dapat dikonsumsi sambil melakukan pekerjaan.

Hal tersebut dilakukan agar asam lambung dapat terkontrol dan tidak menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya. Sedia selalu obat pencegahan sakit maag sehingga dapat dikonsumsi pada saat dibutuhkan.

4. Carpal Tunnel Syndrome

Image Source: Freepik

Sindrom ini menekan saraf di pergelangan tangan yang bisa terjadi akibat beberapa kondisi, salah satunya adalah memegang mouse komputer terlalu lama. Efek dari sindrom ini membuat pergelangan tangan terasa nyeri dan memungkinkan terjadinya pembengkakan yang lebih serius.

Carpal Tunnel Syndrome atau CTS dapat mengakibatkan kelemahan otot tangan, menimbulkan gejala kesemutan yang sering, sensasi terbakar, bahkan hingga mati rasa di tangan dan jari-jari tangan.

Untuk menghindari terkena penyakit ini, dapat dilakukan dengan melakukan peregangan pada pergelangan tangan, menghindari menekuk pergelangan tangan terlalu lama dan tidak mencengkeram mouse terlalu keras. Jika sudah terasa ada yang tidak wajar pada pergelangan tangan, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan penanganan.

Setelah membaca informasi tentang penyakit yang sering menyerang pekerja kantoran ini serta cara mencegahnya, semoga kalian bisa bekerja dengan lebih sehat dan juga terhindar dari penyakit-penyakit tersebut ya!