6 Penyebab AC Tidak Dingin, Bukan Cuma Freon!

Di saat cuaca sedang panas-panasnya, menurunnya kinerja AC adalah bencana. Yuk, pelajari penyebab AC tidak dingin untuk mendapatkan solusinya.

6 Penyebab AC Tidak Dingin, Bukan Cuma Freon!
Image Source: Freepik/Ksandrphoto

Kesejukan ruangan yang dibawa oleh AC seringkali menjadi penyelamat di tengah teriknya cuaca panas. Namun, ada saat-saat ketika AC yang kita andalkan tiba-tiba kehilangan kemampuan untuk memberikan kesejukan yang kita harapkan.

Lalu, apa penyebab AC tidak dingin? Mari kita gali lebih dalam ke dalam misteri di balik AC yang tidak dingin dan temukan solusi untuk menjaga kenyamanan di rumah tetap terjaga.

AC Split, Biasa Digunakan di Rumah

Sebelum membahas mengenai penyebab AC tidak dingin, ada baiknya kamu mengenali jenis AC yang ada di pasaran. Umumnya ada 3 jenis AC, yakni inverter, low watt, dan split.

AC split adalah jenis AC yang sering digunakan di rumah atau kantor. Sistem pendinginan AC jenis ini menggunakan dua unit utama, sebut saja unit indoor dan outdoor. Lebih jelasnya bisa kamu simak di bawah ini.

  1. Unit Indoor: Unit indoor biasanya dipasang di dalam ruangan yang akan didinginkan. Ini adalah bagian yang kamu lihat di dalam ruangan dan biasanya terdiri dari dua komponen utama, yakni evaporator dan blower (kipas).
  2. Unit Outdoor: Unit outdoor adalah bagian yang terletak di luar bangunan. Ini terdiri dari kompresor, kondensor, dan kipas luar. Unit outdoor bertanggung jawab untuk menghilangkan panas yang diambil dari dalam ruangan oleh unit indoor.

Penyebab AC Tidak Dingin

Namanya perangkat elektronik, wajar jika bermasalah setelah penggunaan lama. Seperti AC yang bisa saja kehilangan kemampuan pendinginannya. Lalu apa saja penyebab AC tidak dingin?

1. Kondisi Lingkungan yang Panas

Kondisi Lingkungan yang Panas
Image Source: Freepik/MrDm

Suhu lingkungan dapat mempengaruhi kinerja AC. Ruangan yang terlalu panas atau terpapar sinar matahari secara langsung dapat membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan tirai atau gorden untuk menghalangi cahaya matahari.

2. Pintu dan Jendela Terbuka

Pintu dan Jendela Terbuka
Image Source: Freepik/Denisik11

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya masih tentang kondisi ruangan. Untuk memastikan AC berfungsi secara optimal, pastikan pintu dan jendela ruangan tertutup saat menyalakan alat ele.

Pintu atau jendela yang terbuka dapat mengurangi efisiensi pendinginan dan membuat suhu dalam ruangan tetap tinggi meskipun AC menyala.

3. AC yang Tidak Tepat

AC yang Tidak Tepat
Image Source: Freepik/Jokiewalker

Pernahkah kamu melihat AC yang digunakan untuk dua ruangan sekaligus? Ini bisa jadi penyebab AC tidak dingin. AC memiliki kemampuan pendingin yang berbeda, seperti 1/2 PK, 3/4 PK, atau 1 PK.

Saat memilih AC, penting untuk memilih kemampuan pendingin yang sesuai dengan ukuran ruangan. Jika kamu memilih AC dengan PK yang terlalu kecil, maka AC mungkin tidak dapat mendinginkan ruangan dengan baik.

WECOOL Cover Angin AC Windshield Air Conditioner Deflector Cute Design Winter Ice World - WL90 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
WECOOL Cover Angin AC Windshield Air Conditioner Deflector Cute Design Winter Ice World - WL90 termurah. Dapatkan dengan mudah WECOOL Cover Angin AC Windshield Air Conditioner Deflector Cute Design Winter Ice World - WL90 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Kekurangan atau Kehabisan Freon

Kekurangan atau Kehabisan Freon
Image Source: Freepik/Tascha1

Pernah mendengar tukang service mengatakan ada masalah freon pada AC? Yup, freon adalah bahan kimia yang penting dalam proses pendinginan AC.

Jika kekurangan atau kehabisan freon, maka AC tidak akan dapat memberikan pendinginan yang efektif. Salah satu alasan utama freon berkurang adalah adanya kebocoran dalam sistem sirkulasi AC.

5. Filter AC yang Kotor

Filter AC yang Kotor
Image Source: Freepik/Freepik

Seiring berjalannya waktu, berbagai perangkat pasti berdebu jika tidak rutin dibersihkan, sama seperti AC. Sebenarnya, AC sudah memiliki filter untuk menyaring debu dan kotoran dari udara yang masuk ke dalam sistem.

Jika filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menjadi penyebab AC tidak dingin. Kamu dapat membersihkan filter AC secara mandiri atau menggunakan jasa cuci AC secara berkala setiap 4 sampai 6 bulan sekali.

CRAISE Pembersih AC Foam Air Conditioner Cleaning Spray 500ml - C50 - Blue - JakartaNotebook.com
CRAISE Pembersih AC Foam Air Conditioner Cleaning Spray 500ml - C50 termurah. Dapatkan dengan mudah CRAISE Pembersih AC Foam Air Conditioner Cleaning Spray 500ml - C50 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Pengaturan Remote yang Salah

Pengaturan Remote yang Salah
Image Source: Freepik/Jcomp

Saat membeli AC pastikan untuk memahami cara penggunaan dan pengaturannya. Pengaturan yang kurang tepat dapat menjadi penyebab AC tidak dingin atau terlalu dingin.

Periksa pengaturan di remote AC Anda. Pengaturan yang salah, seperti mode "Dry" daripada mode "Cool," dapat membuat AC tidak memberikan suhu yang diinginkan.

Pastikan juga bahwa kipas AC diatur pada kecepatan yang tepat dan suhu diatur dalam kisaran 20-22 derajat Celsius untuk hasil pendinginan yang optimal.

Hadirnya AC memang membawa kenyamanan. Namun, saat AC tiba-tiba tak dingin, penyebabnya bisa beragam, mulai dari kondisi lingkungan hingga pengaturan yang salah.

Mengetahui penyebab AC tidak dingin di atas dapat membantu Anda mencari solusi yang tepat. Ada baiknya melakukan perawatan AC secara berkala. Anda bisa menemukan peralatan penunjang AC terbaik, seperti cover angin AC di JakartaNotebook.