Uhuk Uhuk! Ini Dia Penyebab dan Gejala Batuk Kering

Simak artikel ini untuk mengetahui informasi mengenai gejala dan penyebab batuk kering yang mungkin sedang kamu alami.

Uhuk Uhuk! Ini Dia Penyebab dan Gejala Batuk Kering
Image Source: Freepik/benzoix

Siapa sih yang nggak pernah mengalami batuk? Meskipun kondisi ini terkadang dapat mengganggu aktivitas, bahkan dapat sangat merepotkan ketika kamu berada di dalam ruangan yang sunyi atau di tempat umum, karena kamu bisa tiba-tiba jadi pusat perhatian. Namun, batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh.

Batuk dapat terjadi sebagai tindakan tubuh yang mencoba membersihkan tenggorokan dan saluran udara, dari kemungkinan iritasi, mikroba, radikal bebas, lendir, atau cairan apa pun yang dapat mengganggu.

Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui informasi mengenai gejala dan penyebab batuk kering yang mungkin sedang kamu alami.

Gejala Batuk Kering

Gejala Batuk Kering
Image Source: Freepik/benzoix

Batuk merupakan salah satu alasan paling umum orang pergi ke dokter. Hal ini karena batuk bisa dikatakan sebagai beberapa tanda yang dapat terjadi di tubuh kamu, terutama jika batuk yang kamu alami tidak kunjung sembuh.

Sebelum benar-benar mengalami batuk, umumnya terdapat gejala yang akan kamu rasakan ketika mengalami batuk yang disertai dengan rasa gatal di tonggorokan, seperti berikut:

  • Perut terasa kembung
  • Demam
  • Pilek
  • Mata berair
  • Hidung tersumbat
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan dan kesulitan menelan
  • Rasa panas di ulu hati dan dada

Batuk memang sangat mengganggu, dan bahkan menyebabkan kamu kesulitan untuk berbicara sehingga membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat. Batuk kering sendiri merupakan bentuk dari gejala penyakit yang dapat menandakan suatu masalah kesehatan yang serius.

Taffware HUMI Pure Aroma Essential Oil Aromatherapy 6 in 1 10ml - RHJY - No Color - JakartaNotebook.com
Taffware HUMI Pure Aroma Essential Oil Aromatherapy 6 in 1 10ml - RHJY termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware HUMI Pure Aroma Essential Oil Aromatherapy 6 in 1 10ml - RHJY murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Penyebab Batuk Kering

Penyebab Batuk Kering
Image Source: freepik/benzoix

Terjadi ketika tenggorokan merasa ada sesuatu yang menggelitik, batuk juga dapat terjadi jika makanan maupun minuman masuk ke saluran yang salah.

Meskipun begitu, batuk tetap lah batuk dan bisa sangat mengganggu. Batuk kering dapat memberikan rasa menusuk, menyebabkan iritasi, dan menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti penyakit paru-paru kronis.

Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui apa saja penyebab yang dapat menimbulkan terjadinya batuk kering.

Jika kamu sedang mengalami batuk kering atau bahkan sering mengalami hal tersebut, berikut hal-hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya:

  • Reaksi alergi
  • Asma
  • Bronkitis
  • Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD)
  • Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
  • Postnasal drip atau adanya lendir dari hidung yang menetes ke tenggorokan
  • Tersedak
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Selain penyebab yang telah disebutkan, batuk kering juga dapat terjadi jika kamu mengalami efek samping obat, kondisi cuaca yang sangat dingin dan kering, kualitas udara yang tidak bersih seperti adanya asap, polusi, debu, maupun kandungan serbuk sari.

TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine Battery - JSL-W302 - Blue/White - JakartaNotebook.com
TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine Battery - JSL-W302 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine Battery - JSL-W302 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Mencegah Batuk Kering

Mencegah Batuk Kering
Image Source: Freepik/benzoix

Tergantung pada pemicu, tentu penting bagi kamu yang sering mengalami batuk kering untuk mengetahui penyebabnya. Hal ini tentunya berguna untuk mamastikan kamu dapat terus menjaga kesehatan dan dapat menjalani hidup lebih baik.

1. Jalani Hidup yang Lebih Sehat

Langkah utama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjalani hidup sehat. Hentikan kebiasaan merokok, hal ini karena rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk kering, bahkan berpotensi menghasilkan dahak.

Selain itu, kamu bisa mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir setiap menyentuh sesuatu, dan sebelum serta sesudah makan.

Pastikan juga kebersihan rumah dan tempat-tempat yang kamu kunjungi, hindari debu dengan membersihkan karpet atau seprai secara berkala, mulai makan-makanan dengan menghindari pemicu naiknya asam lambung, dan menghindari zat-zat makanan yang dapat menjadi pemicu alergi.

POWECOM Masker Polusi Anti Debu Dust PM2.5 - 8005 - No Color - JakartaNotebook.com
POWECOM Masker Polusi Anti Debu Dust PM2.5 - 8005 termurah. Dapatkan dengan mudah POWECOM Masker Polusi Anti Debu Dust PM2.5 - 8005 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Hindari Paparan Polusi Udara

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kualitas udara yang buruk seperti adanya asap, polusi, debu, maupun kandungan serbuk sari dapat menjadi penyebab kamu mengalami batuk kering.

Untuk itu, pastikan kamu meghindari paparan polusi udara dan gunakan masker setiap kali keluar rumah.

Saat berada di dalam rumah, kamu bisa mendapatkan bantuan dengan menggunakan humidifier ketika udara kering dan air purifier untuk menjaga udara tetap bersih.

Dikarenakan banyaknya alasan yang menjadi alasan kenapa kamu bisa mengalami batuk kering, dokter akan membutuhkan evaluasi dan pengujian lebih lanjut untuk memahami masalah yang sedang kamu alami, sebelum akhirnya meresepkan obat.


Sumber:

Healthline. Dry Cough: What Causes It and How Do You Treat One?. https://www.buoyhealth.com/learn/dry-cough

Healthline. Should I Be Worried About My Dry Cough?. https://www.healthline.com/health/dry-cough

Buoy. What Causes a Dry Cough & How to Find Relief. https://www.buoyhealth.com/learn/dry-cough