7 Peralatan Anjing yang Harus Dimiliki, Apa Saja?

Apakah kamu memutuskan untuk mengadopsi dan memelihara anjing? Jika ya, maka kamu memerlukan persiapan yang matang, karena memelihara anjing adalah sebuah keputusan besar.

Selain kasih sayang dan juga perhatian, kamu juga perlu menyiapkan segala peralatan anjing yang akan menunjang kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan mereka.

Sebagai calon pemilik, penting untuk kamu tahu peralatan apa saja yang harus dimiliki agar si hewan berkaki empat yang menggemaskan ini dapat tumbuh dengan baik dan juga bahagia.

7 Peralatan Anjing Haru Dimiliki

Artikel ini akan membahas 8 peralatan anjing yang harus dimiliki oleh setiap pemilik anjing, mulai dari kebutuhan dasar sampai dengan aksesoris lucu untuk menunjang penampilan mereka.

1. Tempat Makan

Image source: Freepik/freepik

Penting dan juga krusial, tempat makan dan minum adalah peralatan pertama yang harus kamu miliki saat akan memelihara anjing di rumah. Tempat makan akan melatih anjing untuk makan dengan rapi serta sesuai dengan porsi yang telah ditentukan.

Kamu bisa menggunakan tempat yang menyediakan dua wadah sekaligus yaitu tempat makan dan juga tempat minum yang tersedia secara berdampingan, sehingga hewan kesayangmu akan lebih mudah untuk makan dan minum. Pilih tempat makan berbahan stainless steel agar lebih tahan lama dan juga awet.

2. Tempat Tidur

Image source: Freepik/freepik

Setelah membeli tempat makan dan minum, jangan lupa untuk menyediakan tempat tidur yang nyaman untuk mereka beristirahat.

Terlebih jika kamu memelihara anak anjing, tempat tidur amat sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang mereka.

Pilih tempat tidur dengan bahan yang lembut dan ukuran yang sesuai, serta mudah dibersihkan. Letakkan tempat tidur di sudut yang tenang agar mereka tidak merasa terganggu saat istirahat.

TAILUP Tas Pinggang Snack Anjing Portable Dog Training Detachable Bag - QC12 - Black - JakartaNotebook.com
TAILUP Tas Pinggang Snack Anjing Portable Dog Training Detachable Bag - QC12 termurah. Dapatkan dengan mudah TAILUP Tas Pinggang Snack Anjing Portable Dog Training Detachable Bag - QC12 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Kandang

Image source: Freepik/freepik

Meski telah memiliki tempat tidur, kamu perlu menyiapkan kandang untuk anjing peliharaan di rumah. Karena selain berfungsi sebagai tempat tidur, makan, dan tempat beraktivitas lainnya, kandang juga berguna untuk melatih anjing.

Selain itu, kandang juga bisa sebagai tempat aman untuk mereka ketika Anda tidak bisa mengawasi. Pilih kandang dengan ukuran yang tepat, dan pastikan untuk membersihkan secara rutin agar anjing sehat dan nyaman.

Kamu bisa pilih kandang jenis tetap yang dapat diletakkan di sudut rumah, atau kandang portable berupa tas sehingga kamu bisa membawa anjing kesayangan jalan-jalan ke mana saja.

4. Peralatan Grooming

Image source: Unsplash/J. Balla Photography

Setelah memiliki anjing, kamu tentu harus memperhatikan kesehatan mereka dengan melakukan perawatan rutin. Maka dari itu kamu memerlukan peralatan grooming untuk merawat dan memelihara mereka dengan baik.

Sisir, gunting kuku, alat cukur, sikat gigi dan pasta gigi anjing, sampo khusus anjing, hingga alat pengering bulu adalah beberapa daftar perlengkapan yang kamu butuhkan.

Peralatan grooming penting dimiliki, terlebih jika anjingmu berbulu lebar dan lebat. Lakukan perawatan secara rutin agar mereka terbiasa untuk disentuh dan ditangani oleh orang, terlebih ketika kamu tidak memiliki waktu untuk merawatnya secara langsung.

5. Tali dan Kalung

Image source: Freepik/prostooleh

Tali dan kalung adalah peralatan penting yang perlu dimiliki oleh setiap pemilik anjing. Kalung berfungsi sebagai alat identifikasi, tempat menempelkan tag dengan informasi penting seperti nama anjing dan kontak pemilik.

Sementara tali, berfungsi sebagai pengikat saat kamu membawa anjing berjalan-jalan, menjaga mereka tetap aman dan terkendali ketika berada di tempat umum. Pilih tali dan kalung dengan ukuran yang sesuai ya, dan pastikan pilih bahan yang nyaman agar kedua aksesoris tersebut tidak mengiritasi kulit anjing.

6. Mainan

Image source: Unsplash/Kobi Kadosh

Setelah kamu memiliki anjing, jangan lupa perhatikan tumbuh kembang fisik dan juga mental mereka dengan menyiapkan peralatan berupa mainan. Selain sebagai sarana hiburan, mainan juga membantu mengembangkan keterampilan dan kesehatan anjing. Mainan yang tepat dapat memberikan stimulasi mental, mencegah kebosanan, dan mengurangi perilaku destruktif pada anjing.

Kamu bisa cari mainan anjing yang menstimulasi mental dan merangsang otak seperti puzzle, mengembangkan fisik seperti bola atau frisbee, atau mainan kunyah yang bisa membantu meredakan kecemasan dan tegang pada anjing.

YUTOU Sisir Anjing Pembersih Mata Dua Sisi Grooming Brush - BE0276 - Black - JakartaNotebook.com
YUTOU Sisir Anjing Pembersih Mata Dua Sisi Grooming Brush - BE0276 termurah. Dapatkan dengan mudah YUTOU Sisir Anjing Pembersih Mata Dua Sisi Grooming Brush - BE0276 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Pagar Penghalang

Image source: Unsplash/12photostory

Peralatan anjing selanjutnya yang wajib kamu miliki dan tidak kalah penting adalah pagar penghalang. Pagar membantu kamu untuk mengajari mereka terkait area mana yang boleh diakses dan tidak.

Selain itu, pagar juga dapat mencegah anjing keluar dari rumah dan memberikan ruangan yang aman serta nyaman untuk mereka beristirahat tanpa risiko berbahaya, terlebih ketika kamu tidak bisa mengawasi mereka secara langsung.

Kamu bisa menggunakan pagar portable, pagar lipat, atau pagar pembatas untuk anak. Dengan memiliki pagar penghalang yang tepat, Anda dapat menjaga keselamatan anjing peliharaan Anda, memudahkan pelatihan, dan menciptakan lingkungan yang lebih teratur di rumah.

Dengan mempersiapkan 7 peralatan anjing ini, kamu tidak hanya memastikan kenyamanan, tetapi juga memberikan perawatan yang optimal bagi mereka. Ingatlah, investasi dalam peralatan yang tepat bukan hanya tentang kenyamanan tetapi juga tentang kesehatan dan kebahagiaan anjing kamu.

Kamu bisa memberikan cinta dan perhatian yang terbaik bagi sahabat berbulu dengan perlengkapan lain seperti matras, pet carrier, hingga alat penghilang bulu yang bisa dengan mudah kamu temukan di JakartaNotebook.