5 Jenis Peralatan Bartender dan Fungsinya

Ingin berkecimpung di dunia bartender? Sebelumnya, kamu harus mengetahui dulu apa saja jenis-jenis peralatan bartender. Apa saja itu?

5 Jenis Peralatan Bartender dan Fungsinya
Image Source: Pexels/AntoniShkraba

Meracik suatu minuman yang nikmat bagi seorang bartender tentunya tidak terlepas dari bantuan peralatan yang memadai. Jika pergi ke sebuah bar, kamu pasti akan menemukan berbagai macam peralatan bartender yang mungkin asing bagimu.

Peralatan bartender memiliki banyak jenis dan fungsinya masing-masing yang berguna untuk meracik minuman kamu menjadi semakin nikmat untuk diminum.

Jenis Peralatan Bartender dan Fungsinya

Apakah kamu pernah penasaran, sebenarnya apa saja fungsi dari peralatan bartender? Jika iya maka tak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskan tentang jenis-jenis peralatan bartender beserta fungsinya. Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Shaker

Peralatan Bartender Shaker
Image Source: Pexels/RonLach

Shaker merupakan alat yang sangat berperan penting dalam meracik minuman. Umumnya, seorang bartender akan memasukkan semua bahan utama dari resep minuman ke dalam gelas shaker dan mulai mengguncangkannya hingga semua bahan tercampur.

Shaker sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu Boston Shaker dan Cobbler Shaker. Peralatan bartender yang satu ini mungkin menjadi alat yang paling sering kamu lihat di bar.

Cocktail Shaker Japanese Stainless Steel 200ml - Silver - JakartaNotebook.com
Cocktail Shaker Japanese Stainless Steel 200ml termurah. Dapatkan dengan mudah Cocktail Shaker Japanese Stainless Steel 200ml murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Jigger Cup

Peralatan Bartender Jigger Cup
Image Source: Pexels/cottonbro studio

Minuman cocktail memiliki takaran tertentu sehingga cita rasanya sangat identik. Untuk memperoleh takaran yang sesuai, seorang bartender membutuhkan jigger cup atau cangkir dua sisi.

Biasanya peralatan bartender ini sudah memiliki nilai takar sendiri seperti 25 ml dan 10 ml pada masing-masing sisi. Jigger cup biasanya terbuat dari stainless steel sehingga aman untuk bahan minuman.

Subliva Gelas Ukur Jigger Bartender Cocktail Double Shot 30ml and 50ml - MSA10 - Silver - JakartaNotebook.com
Subliva Gelas Ukur Jigger Bartender Cocktail Double Shot 30ml and 50ml - MSA10 termurah. Dapatkan dengan mudah Subliva Gelas Ukur Jigger Bartender Cocktail Double Shot 30ml and 50ml - MSA10 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Muddle Stick

Peralatan Bartender Muddle Stick
Image Source: Barschool

Peralatan bartender yang satu ini berbentuk tongkat yang berfungsi untuk menghancurkan buah yang digunakan sebagai bahan minuman. Buah yang ditumbuk dapat mengeluarkan rasa kuat sehingga akan membuat minuman semakin fresh.

Penggunaan alat ini sangat cocok untuk minuman seperti blackberry bourbon smash, watermelon cocktail, dan lainnya.

4. Long Bar Spoon

Peralatan Bartender Long Bar Spoon
Image Source: Pexels/RickLealdeSousa

Long Bar Spoon adalah peralatan bertender berupa sendok dengan ukuran panjang 20-25 cm digunakan untuk mengaduk minuman. Ukuran super panjang ini memungkinkan seorang bartender untuk mengaduk minuman dengan mudah walaupun gelas yang digunakan beragam.

Desain sendok juga biasanya memiliki ujung datar yang dapat digunakan untuk proses muddling seperti muddle stick.

TEAEGG Sendok Aduk Bartender Cocktail Mixing Spoon 40cm - CDF1909 - Silver - JakartaNotebook.com
TEAEGG Sendok Aduk Bartender Cocktail Mixing Spoon 40cm - CDF1909 termurah. Dapatkan dengan mudah TEAEGG Sendok Aduk Bartender Cocktail Mixing Spoon 40cm - CDF1909 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Strainer

Peralatan Bartender Strainer
Image Source: Pexels/HelenaLopes

Kegunaan alat ini adalah untuk menyaring ampas buah, daun mint, dan bahan kondimen lain yang digunakan pada proses membuat minuman agar tidak tercampur ke dalam gelas saji.

Walaupun terdapat beberapa jenis variasi strainer, umumnya fungsi dari alat ini tetap sama, yakni memisahkan hasil minuman dengan bahan pembuatannya.

BARMAID BARWARE Cocktail Strainer Stainless Steel Bar Tools - BRW9 - Golden - JakartaNotebook.com
BARMAID BARWARE Cocktail Strainer Stainless Steel Bar Tools - BRW9 termurah. Dapatkan dengan mudah BARMAID BARWARE Cocktail Strainer Stainless Steel Bar Tools - BRW9 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain peralatan bartender di atas, masih banyak peralatan lainnya yang dapat membantu pekerjaan seorang bartender. Jika tertarik atau ingin belajar menjadi seorang bartender, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi dari alat bartending secara lebih spesifik.

Kamu juga bisa membeli peralatan bartender dengan kualitas terbaik dan harga yang Dijamin Murah di JakartaNotebook.