3 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Sudah Tahu?

Meskipun memiliki fungsi yang sama, sunblock dan sunscreen memiliki perbedaan dari cara kerja, bahan yang digunakan, dan cara pengaplikasian.

3 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Sudah Tahu?
Sumber: Harvard Health Publishing

Sinar matahari yang hangat dan cerah, terutama di pagi hari, memang anugerah alam yang memberikan banyak manfaat, termasuk sintesis vitamin D dan meningkatkan mood.

Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat membawa risiko serius bagi kesehatan kulit, lho!

Radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, meningkatkan risiko kanker kulit, dan mempercepat penuaan kulit.

Dalam upaya melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, banyak produk perlindungan matahari yang telah dikembangkan. Dua kategori utama dari produk ini adalah sunblock dan sunscreen.

Meskipun terlihat serupa, sunblock dan sunscreen ternyata memiliki perbedaan. Keduanya memang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi cara kerja, bahan yang digunakan, dan cara mengaplikasikan kedua jenis tabir surya ini berbeda.

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Agar tidak keliru lagi, simak beberapa perbedaan antara sunblock dan sunscreen berikut ini sebelum kamu membelinya di apotek atau toko kecantikan terdekat.

1. Cara Kerja

Cara Kerja Sunblock dan Sunscreen
Sumber: Freepik/Anastasia Kazakova

Perbedaan pertama antara sunblock dan sunscreen adalah cara kerjanya. Berikut penjelasannya.

Cara Kerja Sunblock

Sudah tahu apa itu sunblock? Sunblock adalah jenis produk perlindungan matahari yang dibuat untuk melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

Cara kerja sunblock adalah dengan menciptakan lapisan penghalang fisik di atas permukaan kulit yang mencegah sinar UV masuk ke dalam kulit. Setelah diaplikasika, sunblock akan memantulkan kembali sinar matahari sehingga sinar UV menjadi tidak sampai ke lapisan kulit.

Cara Kerja Sunscreen

Sama seperti sunblock, sunscreen merupakan produk untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Terutama sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Sunscreen sendiri bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas sebelum sinar ini menembus kulit lebih dalam. Suhu panas ini kemudian dilepaskan dari kulit.

2. Bahan yang Digunakan

Bahan yang digunakan sunblock dan sunscreen
Sumber: Freepik/Freepik

Jika melihat ari cara kerjanya yang berbeda, sunblock dan sunscreen tentu memiliki bahan kandungan yang berbeda pula. Apa saja itu?

Bahan yang Digunakan dalam Sunblock

Penghalang yang ada pada sunblock terbentuk oleh bahan-bahan seperti zinc oxide atau titanium dioxide atau dikenal juga sebagai bahan mineral. Inilah yang membuat tekstur pada sunblock cenderung lebih tebal dibandingkan sunscreen.

Saat kamu mengaplikasikan sunblock pada kulit, bahan mineral itu lah yang membentuk lapisan di permukaan kulit dan memantulkan sinar UV menjauh dari kulit.

Bahan yang Digunakan dalam Sunscreen

Sunscreen mengandung bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, dan sejumlah bahan aktif lain yang bertindak sebagai filter UV. Namun, bahan aktif tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap PABA (asam para-aminobenzoic).

Selain itu, produk sunscreen sering kali memiliki tingkat SPF (Sun Protection Factor) berbeda-beda yang mengindikasikan seberapa produk ini dapat melindungi kulit jika dibandingkan tidak menggunakan sunscreen.

Misalnya, bila kulit akan terbakar matahari dalam waktu 15 menit, maka penggunaan SPF 10 dapat memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar. Setelah 150 menit berlalu, sunscreen harus kembali dioleskan.

3. Cara Mengaplikasikan

Cara Mengaplikasikan Sunblock dan Sunscreen
Sumber: The List

Last but not least, perbedaan lain yang terdapat pada kedua produk tabir surya ini adalah cara mengaplikasikannya.

Cara Mengaplikasikan Sunblock

Sunblock akan langsung bekerja menahan paparan sinar matahari sesaat setelah diaplikasikan ke kulit. Walaupun demikian, sunblock tetap harus dioleskan ulang setiap 2 hingga 3 jam agar efek perlindungan dapat lebih maksimal.

Cara Mengaplikasikan Sunscreen

Berbeda dengan sunblock, sunscreen memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk menyerap ke dalam kulit sebelum melindungi kulit dari sinar matahari. Oleh sebab itu, aplikasikan sunscreen sekitar 10 menit sebelum kamu pergi ke luar rumah.

Selain itu, sunscreen juga harus diaplikasikan kembali setelah beberapa jam sesuai dengan tingkat SPF yang terkandung pada produk.

Apa saja Kelebihan Sunblock dan Sunscreen?

Kelebihan Sunblock dan Sunscreen
Sumber: Unsplash/Onela Ymeri

Pada dasarnya tidak ada yang lebih baik antara sunblock dan sunscreen, kamu hanya perlu memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu.

Kelebihan Sunblock

Jika dibandingkan beberapa kelebihan yang dimiliki sunblock adalah:

  • Langsung bekerja menahan paparan sinar matahari sesaat setelah diaplikasikan ke kulit
  • Memiliki tekstur non-comedogenic yang tidak menyumbat pori sehingga aman bagi kulit sensitif dan berjerawat
  • Dapat memberikan perlindungan yang lebih optimal untuk aktivitas di bawah paparan sinar matahari selama berjam-jam, seperti berolahraga di luar ruangan, konser outdoor, atau main ke pantai

Kelebihan Sunscreen

Tentunya sunscreen juga punya kelebihan yang tak kalah menarik, yaitu:

  • Memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan sunblock
  • Tidak menimbulkan whitecast atau bekas putih saat diaplikasikan

Apa saja Kekurangan Sunblock dan Sunscreen?

Kekurangan Sunblock dan Sunscreen
Sumber: The New York Times

Meskipun memberikan perlindungan terhadap sinar matahari, sunblock dan sunscreen juga memiliki dampak negatif pada kulit karena bahan yang terkandung di dalamnya.

Kekurangan Sunblock

Kekurangan yang banya dirasakan saat menggunakan sunblock adalah munculnya whitecast atau noda putih yang tertinggal pada kulit. Tekstur produk yang tebal membuat sunblock lebih sulit diaplikasikan dan meninggalkan noda di kulit.

Kekurangan Sunscreen

Meski lebih ringan ringan dan mudah digunakan, sunscreen juga memiliki kekurangan yakni dapat memunculkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Kandungan alkohol yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit gatal dan kemerahan.

Dalam memilih produk perlindungan matahari, pertimbangkan hal seperti jenis kulit, aktivitas yang akan dilakukan, dan preferensi terkait kenyamanan. Pastikan produk yang dipilih tidak memiliki bahan yang dapat menimbulkan alergi.

Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikannya sebelum beraktivitas di luar rumah dan re-apply setiap beberapa jam sekali agar perlindungan terhadap sinar matahari dapat lebih optimal.

Agar dapat melindungi tubuh dari sinar matahari secara maksimal, kamu juga bisa menggunakan perlengakapan aktivitas outdoor lainnya, seperti payung UV, kacamata hitam, dan topi UV dengan mudah dan murah di JakartaNotebook.


Sumber:

Real Simple. Finally: This Is the Real Difference Between Sunscreen and Sunblock. https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/suncare/sunscreen-vs-sunblock#:~:text=As Ashley Magovern%2C MD%2C a,sun's rays by reflecting them

Verywell Health. Sunblock vs Sunscreen: Differences and How to Choose. https://www.verywellhealth.com/sunscreen-or-sunblock-514381

Health. Sunscreen vs. Sunblock: What's the Difference, and Which One Is Better? https://www.health.com/beauty/skincare/sunscreen-vs-sunblock

WenMD. Sunscreen: How to Select, Apply, and Use It Correctly. https://www.webmd.com/children/sunscreen-use-correctly