Tips Percantik Rumah untuk Menyambut Lebaran

Menjelang Hari Raya Lebaran, jangan lupa percantik rumah untuk menyambut keluarga dan kerabat yang bersilaturahmi.

Tips Percantik Rumah untuk Menyambut Lebaran
Image Source: designcafe.com

Hari raya Lebaran adalah momen yang paling dinanti umat Islam setelah puasa penuh selama satu bulan lamanya. Tidak sekedar hari raya saja, momen ini dimanfaatkan seluruh orang untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara serta kerabat.

Menjelang lebaran, biasanya sebagian orang dan mungkin kamu salah satunya menjadi lebih semangat untuk membereskan dan menata ulang ruangan demi menyambut kedatangan keluarga dan tamu di hari raya.

Apakah kamu ingin menciptakan kesan rumah yang nyaman untuk para tamu yang berkunjung? Bingung harus memulainya dari mana? Yuk, coba tips berikut ini!

1. Menambah Dekorasi Lebaran di Sudut Rumah

Image Source: trenasia.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik sudut rumah di hari raya adalah dengan memberikan dekorasi bertema lebaran. Kamu bisa memasang lampu hias untuk menyemarakan hari raya di dalam rumah.

Jangan lupa tambahkan aksesoris di dinding atau meja bertemakan Lebaran untuk memberikan tampilan ruangan yang meriah. Beli barang dekorasi dengan ukuran yang sesuai tempat peletakannya nanti, ya.

2. Cat Ulang Dinding Rumah

Image Source: Freepik

Jika dinding di rumah kamu sudah berubah warna atau bahkan mengelupas, ini saatnya untuk kamu mengecat ulang dinding rumah sesuai dengan tema dan konsep yang diinginkan.

Warna cat yang umum digunakan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri adalah hijau, putih, atau warna-warna terang lainnya yang memberikan kesan ceria serta menyenangkan.

Meriahkan kegiatan mengecat rumah bersama dengan anak, suami, istri, atau anggota keluarga lainnya. Gunakan kuas roller cat tembok untuk mempermudah pekerjaan kamu.

3. Tata Ulang Ruang Makan

Image Source: Freepik

Dapur biasanya menjadi spot favorit saat Lebaran karena kamu dan keluarga akan menyantap hidangan khas hari raya di sini, sehingga kamu harus mendekorasi ruang makan! Tata ulang ruang makan sedemikian rupa untuk menambah kesan nyaman dan hangat saat bersantap makanan khas Lebaran.

Gunakan peralatan makan atau minum yang cantik dan estetik untuk menyajikan setiap hidangan di atas meja makan. Tambahkan dekorasi pendukung lainnya, seperti lilin, dan bunga hias yang ditempatkan pada vas bunga dengan desain unik.

Koleksi Produk Kumpul Bersama Keluarga

4. Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Image source: Unsplash

Satu tempat yang tidak boleh kamu lupakan untuk turut dibersihkan dan ditata untuk menyambut hari raya adalah kamar mandi. Buat tamu kamu semakin nyaman ketika berkunjung ke rumah dengan tampilan kamar mandi yang bersih dan wangi.

Gunakan sikat elektrik untuk mempermudah kamu membersihkan kamar mandi secara cepat dan mudah. Jangan lupa, untuk meletakkan pewangi ruangan dengan aroma bunga segar, seperti lavender, lily, dan jasmine.

5. Rapikan Taman

Image Source: realhomes.com

Ubah taman di rumah kamu menjadi tempat nongkrong bersama keluarga dan kerabat. Kamu bisa menambahkan beberapa ornamen seperti lampu taman atau hiasan lainnya untuk mempercantik taman agar nuansa Lebaran semakin terasa.

Jangan lupa untuk merapikan rumput yang telah panjang dan bersihkan pot dari tanaman-tanaman yang telah layu atau kering agar taman terlihat lebih bersih dan juga segar.

Yuk mulai percantik setiap sudut rumah kamu menjelang hari raya Lebaran nanti. Rumah yang bersih, cantik, dan tertata rapi akan membuat tamu yang berkunjung merasa nyaman serta lebih betah. Kamu bisa temukan perlengkapan dan dekorasi untuk rumah di Jakartanotebook.