10 Perkakas/Alat Pertukangan yang Wajib Ada di Rumah

Pastikan kamu memiliki beberapa perkakas atau alat pertukangan wajib di rumah untuk memudahkan memasang dan memperbaiki furnitur hingga ruangan.

10 Perkakas/Alat Pertukangan yang Wajib Ada di Rumah
Image Source: Freepik/Fabrikasimf

Sama seperti benda lainnya, seluruh bagian rumah dan isinya butuh perawatan agar bisa digunakan dalam jangka panjang. Jika sebelumnya selalu memanggil jasa tukang profesional, kini kamu bisa mulai memasang dan memperbaiki aneka furnitur sendiri dengan perkakas atau alat pertukangan.

Beberapa perkakas yang wajib ada di rumah ini bisa membantu kamu mengatasi berbagai masalah, seperti mengganti lampu, mengencangkan mur pada furnitur, hingga memperbaiki atap yang bocor.

Daftar Perkakas/Alat Pertukangan yang Wajib Ada di Rumah

Nah, jika masih bingung apa saja perkakas yang wajib ada di rumah, JakartaNotebook sudah menyiapkan  daftar khusus yang bisa kamu gunakan sebagai acuan. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Palu

Palu
Image Source: Freepik/Freepik

Palu jadi perkakas wajib di rumah nomor satu yang harus kamu miliki. Pasalnya alat pertukangan ini punya banyak fungsi penting yang tidak bisa digantikan. Bagian kepala dari bahan metal berat memiliki daya pukul super kuat yang dapat digunakan untuk memasang paku, memipihkan benda, hingga menghancurkan tembok yang rapuh.

Tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, pastikan kamu memilih palu dengan ukuran yang pas agar nyaman digenggam dan tidak mudah jatuh saat digunakan. Kamu juga dianjurkan untuk memilih palu dengan kepala yang terbuat dari bahan stainless steel atau besi yang solid.

2. Tang

Jika membutuhkan alat untuk membantu memasang atau memperbaiki furnitur, tang bisa jadi pilihan yang tepat. Perkakas wajib di rumah ini memiliki bentuk seperti capitan dengan bentuk ujung yang berbeda.

Termasuk dalam produk multi fungsi, perkakas ini tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari tang potong, tang rivet, tang crimping, hingga tang kombinasi. Kamu bisa menggunakan tang untuk memotong dan menyambungkan kabel, memasang baut, serta merapikan kawat.

LTOOLS Tang Pemotong Kawat Listrik Multifungsi Long Nose Wire Plier 9 Inch - GJ19-03 - Black - JakartaNotebook.com
LTOOLS Tang Pemotong Kawat Listrik Multifungsi Long Nose Wire Plier 9 Inch - GJ19-03 termurah. Dapatkan dengan mudah LTOOLS Tang Pemotong Kawat Listrik Multifungsi Long Nose Wire Plier 9 Inch - GJ19-03 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Obeng

Obeng
Image Source: Freepik/Wirestock

Memasang dan melepaskan aneka sekrup, baut, dan mur semakin mudah menggunakan obeng. Alat yang berbentuk seperti stik ini memiliki bagian ujung dengan bentuk beragam sehingga menghemat waktu pemasangan sekrup tertentu.

Saat ini terdapat dua jenis obeng yang tersedia yang ada dipasaran, yakni obeng dengan satu dan dua ujung. Obeng dengan satu ujung biasanya dijual satuan atau dalam set yang berisi beragam bentuk ujung. Sedangkan obeng dengan dua ujung umumnya dijual satuan dengan bentuk ujung yang paling umum.

Pastikan bentuk dan ukuran ujung obeng dan sekrup sesuai sebelum membeli perkakas wajib di rumah satu ini.

4. Sekrup dan Baut

Sekrup dan baut jadi alat pertukangan wajib di rumah yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya kedua alat ini saling melengkapi dan berfungsi untuk menyatukan berbagai komponen furnitur dan bagian rumah.

Sekrup adalah benda berbentuk seperti paku yang memiliki detail ulir pada bagian batangnya dan ujung runcing. Bagian kepala sekrup umumnya memiliki pola atau ukiran khusus sehingga dapat diputar dengan obeng.

Lain halnya dengan baut yang memiliki ukuran lebih kecil dan bagian ujung yang datar. Bentuk inilah yang membuat baut harus dikunci menggunakan mur agar tidak mudah lepas. Pemasangan baut juga tidak menggunakan obeng, melainkan kunci dengan mulut yang menyesuaikan bentuk mur.

LUXIANZI Set Obeng 42 in 1 Magnetic Bits Screwdriver High Hardness - LU42 - Green - JakartaNotebook.com
LUXIANZI Set Obeng 42 in 1 Magnetic Bits Screwdriver High Hardness - LU42 termurah. Dapatkan dengan mudah LUXIANZI Set Obeng 42 in 1 Magnetic Bits Screwdriver High Hardness - LU42 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Paku

Paku
Image Source: Freepik/Wirestock

Hampir sama seperti sekrup dan baut, paku adalah perkakas wajib di rumah yang berfungsi untuk menyatukan dua benda atau menggantung furnitur pada dinding. Memiliki ujung super runcing, paku sangat kuat dan bisa menembus berbagai jenis bahan bangunan.

Jadi perkakas yang banyak digunakan untuk membangun dan memperbaiki rumah, paku memiliki beberapa jenis, yakni paku beton, paku kayu, paku payung, dan paku bengkirai, dan paku duplex.

Setiap jenis paku dibedakan oleh tingkat kekerasan bahan bangunan yang dapat ditembus, seperti paku kayu dan bengkirai untuk menembus kayu atau paku beton yang bisa menembus lapisan beton.

6. Kunci Inggris

Kunci inggris jadi alat pertukangan wajib di rumah yang tak boleh dilupakan. Alat yang juga dikenal sebagai adjustable wrench ini digunakan untuk memasang atau melepaskan mur dan baut.

Umumnya mulut kunci inggris bersifat adjustable yang membuatnya dapat diatur sesuai ukuran mur atau baut yang akan dikencangkan. Meski sering disamakan dengan kunci pas, nyatakan keduanya adalah alat yang berbeda.

Kunci inggris punya bagian mulut yang bisa diatur ukurannya. Sedangkan kunci pas memiliki ukuran mulut yang tetap dan tidak bisa diubah lagi.

7. Gergaji

Gergaji
Image Source: Freepik/Prostooleh

Jika umumnya kamu menggunakan pisau untuk memotong aneka bahan makanan, gergaji adalah alat pertukangan yang bisa kamu gunakan untuk memotong aneka bahan bangunan. Punya bentuk yang mirip dengan pisau, gergaji memiliki ukuran yang lebih besar dengan tambahan gerigi tajam pada bagian ujungnya.

Kombinasi ukuran dan detail ini membuat gergaji bisa diandalkan untuk memotong bahan bangunan yang tebal dan kuat, seperti balok kayu, pipa, atau ranting pohon yang mengganggu.

Saat ini terdapat dua jenis gergaji yang ada di pasaran, yaitu gergaji manual dan gergaji listrik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

8. Meteran

Meski terlihat sepele, meteran jadi perkakas wajib di rumah dengan fungsi super penting. Meteran yang super panjang bisa membantu kamu mengukur ruangan atau furnitur dengan akurat sehingga proses pembangunan atau renovasi rumah menjadi lebih mudah dan cepat.

Perkakas ini juga memudahkan proses menata ulang ruangan karena kamu bisa memaksimalkan penggunaan space pada ruangan. Ukuran furnitur yang dipilih pun akan lebih selaras.

Deli Home Meteran Roll High Precision Tape Measure 19 mm 5 m - HT8519 - Black - JakartaNotebook.com
Deli Home Meteran Roll High Precision Tape Measure 19 mm 5 m - HT8519 termurah. Dapatkan dengan mudah Deli Home Meteran Roll High Precision Tape Measure 19 mm 5 m - HT8519 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

9. Bor

Bor
Image Source: Freepik/Freepik

Bor adalah alat pertukangan wajib di rumah yang berfungsi untuk membuat lubang pada berbagai permukaan. Alat ini biasanya digunakan untuk memasang sekrup pada dinding atau jendela. 

Bor memanfaatkan putaran dan mata bor yang tajam untuk melubangi permukaan tertentu sehingga kamu bisa memasang sekrup dengan mudah. Saat ini umumnya para tukang beralih menggunakan bor listrik karena lebih praktis dan hemat tenaga.

10. Tangga Lipat

Perkakas wajib di rumah terakhir yang harus kamu miliki adalah tangga lipat. Berbeda dari tangga biasa yang besar dan perlu ruang penyimpanan khusus, jenis tangga ini dapat dilipat sehingga ukurannya lebih kecil dan lebih mudah disimpan.

Walau tidak digunakan setiap saat, tangga lipat sangat berguna jika kamu harus menjangkau tempat-tempat tinggi, seperti langit-langit, loteng, hingga atap rumah. Pastikan kamu memilih produk yang terbuat dari material terbaik seperti aluminium berkualitas.

Selain itu, perhatikan pula fitur yang ditawarkan seperti kunci pengaman, pijakan kokoh, dan standar keamanan yang digunakan.

Memilih perkakas wajib di rumah yang tepat dan berkualitas dapat memudahkan kamu merawat kondisi rumah agar tetap prima dalam jangka panjang. Tak hanya itu, kamu juga akan menghemat pengeluaran karena tidak harus membayar jasa tukang profesional yang mahal.