7 Perlengkapan Melahirkan yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Perlengkapan melahirkan ini harus kamu persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum persalinan tiba!

7 Perlengkapan Melahirkan yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit
Image Source: Pinterest

Datangnya waktu persalinan terkadang tidak bisa terprediksi dan bisa tiba kapan saja tanpa memandang waktu. Karena kita tidak tahu kapan waktu persalinan tiba, untuk itu sang calon ibu harus sudah menyiapkan perlengkapan melahirkan yang harus dibawa ke rumah sakit.

Hal ini akan menghindarkan ibu dan keluarga dari kebingungan saat tiba-tiba harus ke rumah sakit. Selain itu, dengan membawa perlengkapan melahirkan yang lengkap, ibu bisa lebih fokus pada proses persalinan tanpa perlu khawatir tentang kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Membawa perlengkapan melahirkan yang tepat tidak hanya memudahkan selama proses persalinan, tetapi juga memberikan kenyamanan ekstra bagi ibu setelah melahirkan. Ada banyak perlengkapan persalinan yang pastinya wajib untuk dibawa. Apa saja? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

Perlengkapan Melahirkan Ini Harus Dibawa Saat Proses Persalinan!

Perlengkapan melahirkan tidak hanya melibatkan barang-barang untuk ibu, tetapi juga perlengkapan untuk bayi yang baru lahir dan kebutuhan lainnya yang mungkin diperlukan selama di rumah sakit.

1. Dokumen Penting

Dokumen Penting
Image Source: Pexels/Anete Lusina

Perlengkapan melahirkan pertama yang sangat penting dibawa saat proses persalinan adalah dokumen-dokumen penting. Dokumen penting wajib disiapkan sebagai perlengkapan melahirkan yang harus dibawa karena mereka memainkan peran krusial dalam proses administrasi di rumah sakit.

Dokumen penting ini meliputi kartu identitas, kartu asuransi, catatan medis kehamilan, dan surat rujukan dokter diperlukan untuk pendaftaran, mempermudah akses ke layanan kesehatan, dan memastikan bahwa ibu dan bayi mendapatkan perawatan yang tepat.

Pastikan semua dokumen penting tersebut disimpan di tas dokumen sehingga siapa pun yang melakukan urusan administrasi dapat menemukannya dengan mudah.

2. Pakaian Ganti yang Nyaman

Pakaian Ganti yang Nyaman
Image Source: Pexels/Vlada Karpovich

Pakaian ganti yang nyaman merupakan salah satu perlengkapan melahirkan yang tidak boleh tertinggal karena sangat berperan dalam mendukung kenyamanan ibu pasca persalinan. Pakaian yang bisa dibawa meliputi kain, daster atau baju longgar lengan pendek dan berkancing untuk memudahkan proses menyusui dan pemeriksaan darah.

Pastikan juga pakaian yang dipilih berbahan lembut seperti katun sehingga dapat membantu mencegah iritasi pada kulit yang mungkin sensitif setelah melahirkan.

3. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan Mandi
Image Source: Pexels/Cup of Couple

Sebenarnya ibu yang baru melahirkan tidak diwajibkan untuk mandi dan harus menunggu intruksi dari dokter. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap membawa peralatan mandi yang biasa digunakan di rumah seperti sikat gigi, shampoo, sabun, sabun cuci muka, dan lainnya.

Jika belum diperbolehkan mandi, sang ibu bisa membersihkan diri dengan mencuci muka, sikat gigi, atau menggunakan parfum agar tetap segar. Ketika sang ibu sudah siap atau sudah diperbolehkan untuk mandi, tidak perlu lagi bingung tentang perlengkapan mandi karena sudah tersedia.

Agar lebih rapi dan mudah ditemukan, semua perlengkapan mandi bisa disimpan menggunakan travel pouch.

4. Pembalut Maternity

Pembalut Maternity
Image Source: Pexels/Karolina Kaboompics

Pembalut maternity menjadi salah satu perlengkapan esensial yang wajib dibawa saat persalinan karena tubuh ibu akan mengalami perdarahan pascapersalinan yang disebut lochia. Proses alami ini terjadi sebagai bagian dari pemulihan rahim, dan darah yang keluar biasanya cukup banyak.

Little Bees Baby Nasal Aspirator Alat Pembersih Hidung Bayi - XN-8031 - Green - JakartaNotebook.com
Little Bees Baby Nasal Aspirator Alat Pembersih Hidung Bayi - XN-8031 termurah. Dapatkan dengan mudah Little Bees Baby Nasal Aspirator Alat Pembersih Hidung Bayi - XN-8031 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pembalut maternity dirancang khusus untuk menghadapi situasi ini, dengan daya serap yang lebih tinggi dibandingkan pembalut biasa, sehingga ibu tetap merasa nyaman dan aman selama masa pemulihan. Selain daya serap yang tinggi, pembalut maternity juga dibuat dengan bahan yang lembut dan nyaman di kulit, mengingat area yang sensitif pascamelahirkan membutuhkan perawatan ekstra.

5. Bra Menyusui

Bra Menyusui
Image Source: Pexels/ALINA MATVEYCHEVA

Bra menyusui penting dibawa saat persalinan karena memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi ibu saat mulai menyusui bayi segera setelah melahirkan. Bra menyusui dirancang khusus dengan bukaan depan atau klip yang memudahkan akses ke payudara, sehingga ibu bisa menyusui dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu melepas bra sepenuhnya. Ini sangat membantu, terutama di hari-hari awal setelah persalinan ketika bayi membutuhkan ASI secara sering.

Selain fungsionalitasnya, bra menyusui juga memberikan dukungan yang diperlukan untuk payudara, yang bisa menjadi lebih sensitif dan berat setelah melahirkan. Jika sudah terasa penuh sang ibu juga bisa menggunakan pompa asi elektrik untuk memudahkan proses pumping.

6. Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi
Image Source: Pexels/Polina Tankilevitch

Tidak hanya sang ibu saja yang membutuhkan perlengkapan setelah melahirkan, sang bayi pun memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi setelah lahir. Begitu bayi dilahirkan, mereka akan membutuhkan pakaian yang hangat, popok, selimut, dan perlengkapan lainnya untuk menjaga mereka tetap nyaman dan aman.

Perlengkapan seperti baju bayi, kain, selimut, topi, sarung tangan, dan kaus kaki membantu mengatur suhu tubuh bayi yang masih rentan terhadap perubahan suhu. Popok, tisu basah, dan produk perawatan kulit bayi juga penting dibawa untuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi yang sensitif.

7. Perlengkapan Tambahan

Perlengkapan Tambahan
Image Source: Pexels/SHVETS production

Perlengkapan ini tidak wajib dibawa tapi bisa juga dipersiapkan untuk menunjang proses persalinan. Bantal tambahan yang bisa digunakan di rumah untuk memaksimalkan kenyamanan, diffuser dengan essential oil favorit untuk menambah ketenangan, hiburan tambahan seperti buku, hingga kamera atau alat perekam video untuk mengabadikan momen penting.

Setelah mempersiapkan berbagai perlengkapan melahirkan yang harus dibawa ke rumah sakit, tentunya calon ibu akan merasa lebih tenang dan siap menghadapi momen besar. Dan saat sang bayi sudah lahir, jangan lupa untuk memenuhi berbagai perlengkapannya yang bisa ditemukan di JakartaNotebook yang pasti murahnya!