8 Perlengkapan Naik Gunung Praktis yang Wajib Kamu Bawa!

Saat naik gunung, disarankan untuk sebisa mungkin membawa perlengkapan naik gunung yang praktis berikut ini agar tidak membuat tas menjadi berat.

8 Perlengkapan Naik Gunung Praktis yang Wajib Kamu Bawa!
Image Source: Pexels

Mendaki gunung kerap kali menjadi pilihan untuk wisata sebagai agenda pelepas stres. Sebelum naik gunung, tentu harus melakukan persiapan yang sangat matang karena kita akan berada di alam terbuka dan semua suplai kebutuhan akan lebih terbatas.

Saat mendaki, tas gunung merupakan salah satu peralatan mendaki gunung yang wajib dibawa. Tas gunung biasanya memiliki ukuran yang cukup besar karena harus mampu menampung semua perlengkapan dan kebutuhan saat berada di alam terbuka.

Selain itu, tentu terdapat perlengkapan lain yang tidak kalah penting untuk dibawa. Membawa perlengkapan yang sesuai kebutuhan bisa membantu mengatasi berbagai situasi yang mungkin terjadi di alam bebas, dari perubahan cuaca hingga cedera.

Lantas, apa saja peralatan gunung yang praktis yang bisa kamu bawa?

Perlengkapan Naik Gunung yang Praktis dan Wajib Dibawa

Untuk membantu mendaki medan yang ekstrem dan memastikan keselamatan selama mendaki, simak deretan perlengkapan naik gunung yang praktis dan wajib dibawa agar tidak membuat tasmu semakin berat, tetapi kebutuhan dapat terpenuhi berikut.

1. Tongkat Hiking

Tongkat Hiking
Image Source: Jakartanotebook

Tongkat hiking, atau yang juga dikenal sebagai trekking pole atau hiking pole, adalah alat yang digunakan oleh pendaki gunung dan pecinta alam untuk membantu mereka dalam perjalanan saat harus menghadapi medan yang berat selama pendakian.

Berfungsi sebagai penyeimbang dan penopang tubuh saat melakukan pendakian atau turun gunung, tongkat hiking memberikan penopang tambahan saat melintasi permukaan yang tidak rata, menuruni bukit curam, atau melintasi sungai berbatu.

Saat turun gunung atau menuruni bukit, menggunakan tongkat hiking membantu mengurangi tekanan pada lutut dan mengontrol gerakan turun agar lebih terkendali. Desainnya yang foldable atau dapat dilipat dijamin tidak akan membuat tasmu penuh.

2. Kompor Portable

Kompor Portable
Image Source: Jakartanotebook

Memasak bukan lagi hal yang mustahil saat mendaki gunung karena kamu bisa membawa kompor gas portable. Cara menggunakannya cukup tuangkan bahan bakar seperti alkohol atau spirtus, nyalakan api dengan korek, dan kompor siap digunakan.

Kompor gas portable sangat berguna untuk memasak berbagai masakan yang simple seperti mie instan, nasi, atau sup. Kamu juga bisa menghangatkan tubuh dengan membuat air panas untuk menyeduh minuman seperti susu, kopi, hingga wedang jahe.

Tak hanya itu, desain minimalis serta ukurannya yang kompak membuat kompor ini dapat dimasukkan ke dalam carries atau tote bag sehingga kamu tidak perlu lagi menjinjingnya yang bisa mengganggu perjalanan. Sangat praktis dan berguna, bukan?

3. Peralatan Memasak

Peralatan Memasak
Image Source: Jakartanotebook

Saat lapar selama mendaki gunung, tentu kamu butuh perlengkapan selain kompor untuk membuat makanan, bukan? Namun, terbatasnya ruang penyimpanan dan tenaga terkadang membuat kita tidak bisa membawa semua peralatan memasak.

Jangan khawatir! Untuk kamu yang ingin bisa memasak berbagai hidangan sembari menikmati pemandangan indah di gunung, memiliki set alat masak satu ini bisa menjadi solusi dan pilihan peralatan memasak naik gunung yang tepat untukmu.

Set peralatan masak ini terdiri dari panci, penggorengan, mangkuk, hingga sendok nasi yang bisa dibersihkan dan disimpan dengan praktis. Kini kamu bisa makan enak tanpa harus menggendong bawaan terlalu banyak berkat ukurannya yang minimalis.

4. Senter Kepala atau Headlamp

Senter Kepala atau Headlamp
Image Source: Jakartanotebook

Ketika mendaki gunung, tentu kamu akan membutuhkan kedua tanganmu untuk menjaga keseimbangan dan memegang peralatan seperti tongkat hiking atau tali pengaman. Nah, lalu bagaimana kamu bisa mendaki dengan aman saat malam hari?

Tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan senter kepala atau head lamp sebagai solusinya. Perlengkapan naik gunung satu ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan cahaya penerangan tanpa harus repot memegang senter.

Lampu yang terang dapat membantu melihat rintangan atau potensial bahaya di depanmu dengan lebih mudah, seperti akar tumbuhan, batu, atau lubang yang dapat menyebabkan kecelakaan. Cukup pasang senter di kepala, then you're good to go!

5. Kompas

Kompas
Image Source: Jakartanotebook

Saat berada di atas gunung, tentu kamu tak akan selalu bisa mengandalkan peta digital dari smartphone karena sinyal yang terbatas. Oleh karena itu, kompas adalah salah satu perlengkapan naik gunung yang sangat penting dan wajib untuk dibawa!

Saat tersesat atau terpisah dari rombongan, kompas serbaguna ini bisa jadi solusi yang tepat untukmu. Dibekali dengan berbagai fitur, kamu bisa menggunakan alat ini sebagai penunjuk arah, suhu, serta gantungan untuk membawa barang lainnya.

Tebuat dari material berkualitas, barang ini tahan dari suhu ekstrem sehingga kamu tak perlu takut kompas akan rusak karena suhu panas atau dingin. Desainnya pun berukuran kecil dan bisa digantung tanpa membuat tas terasa penuh dan berat.

6. Tali

Tali
Image Source: Jakartanotebook

Perlengkapan naik gunung belum bisa disebut lengkap jika tidak membawa tali. Tali bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mendirikan tenda, membuat shelter darurat, hingga mengikat barang-barang agar lebih mudah dibawa.

Selain itu, tali juga bisa membantu dalam situasi darurat seperti menuruni atau menaiki medan yang curam. Jenis tali yang biasa dibawa pendaki adalah paracord atau tali nilon yang kuat namun ringan dengan ukuran berkisar antara 10 hingga 30 meter.

LAKIKA Kursi Lipat Outdoor Mancing Camping Foldable Chair with Pocket L 39x39x65cm - LK4 - Blue/Gray - JakartaNotebook.com
LAKIKA Kursi Lipat Outdoor Mancing Camping Foldable Chair with Pocket L 39x39x65cm - LK4 termurah. Dapatkan dengan mudah LAKIKA Kursi Lipat Outdoor Mancing Camping Foldable Chair with Pocket L 39x39x65cm - LK4 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Pisau Lipat

Pisau Lipat
Image Source: Jakartanotebook

Pisau lipat merupakan alat multifungsi yang sangat penting dalam setiap perjalanan mendaki gunung. Alat ini dapat digunakan untuk memotong tali, membuka kemasan, memotong kayu kecil untuk membuat api, dan keperluan di alam bebas lainnya.

Pisau lipat yang baik harus memiliki bilah yang tajam dan kuat, serta mudah dibuka dan ditutup. Pilihlah pisau lipat yang memiliki alat tambahan seperti pembuka kaleng, obeng, hingga gunting, yang dapat sangat berguna dalam situasi tertentu.

8. Set P3K

P3K menjadi perlengkapan esensial yang wajib dibawa saat naik gunung karena dapat memberikan bantuan awal saat terjadi cedera atau kondisi darurat untuk mencegah agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut dan meningkatkan peluang pemulihan.

Beberapa item yang wajib ada dalam set P3K antara lain perban, plester, kasa steril, antiseptik, kapas, pinset, ice pack, cleansing wipe, dll. Alat-alat ini berguna untuk menangani luka sayatan, lecet, atau goresan yang mungkin terjadi selama pendakian.

Selain itu, set P3K juga sebaiknya dilengkapi dengan obat-obatan penting seperti obat pereda nyeri, obat anti-alergi (antihistamin), serta obat untuk gangguan pencernaan. Krim atau salep untuk luka bakar dan gigitan serangga juga tidak boleh ketinggalan.

Itulah beberapa perlengkapan naik gunung yang praktis dan wajib ada di dalam carriermu saat mendaki gunung. Pastikan semua perlengkapan dalam kondisi baik sebelum memulai pendakian agar mendaki gunung bisa lebih aman dan nyaman.

Selamat mendaki!