9 Perlengkapan Renang Anak, Jangan Sampai Lupa Bawa!

Cuaca panas memang paling pas melakukan kegiatan menyegarkan seperti berenang. Simak rekomendasi perlengkapan renang anak yang wajib dibawa!

9 Perlengkapan Renang Anak, Jangan Sampai Lupa Bawa!
Image Source: Freepik/freepik

Saat musim panas seperti sekarang ini, kegiatan menyegarkan seperti berenang di dalam air memang paling pas dilakukan. Terutama bagi anak-anak yang menyukai kegiatan luar ruangan.

Berada di kolam renang membuat anak senang dan terhibur karena mereka dapat dengan bebas bermain air, melompat, mengapung, bahkan berseluncur di atas prosotan. Sudah banyak diketahui bahwa renang adalah bentuk olahraga yang baik bagi tumbuh kembang anak.

Hal ini karena anak-anak bisa menghabiskan energi mereka, meningkatkan kesehatan fisik dan otot, sekaligus mengembangkan keterampilan motorik. Selain itu, dengan berenang anak-anak bisa bertemu dan bermain dengan teman-teman mereka, sehingga memungkinkan interaksi sosial dengan individu lain.

Meskipun begitu, sebelum berenang ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan agar anak-anak dapat berenang dengan aman dan nyaman. JakartaNotebook telah merangkum berbagai perlengkapan renang yang wajib dipersiapkan!

Perlengkapan Wajib untuk Renang Anak

Image Source: Freepik/jcomp

Tentunya anak-anak tidak bisa langsung masuk ke dalam air begitu saja. Renang merupakan kegiatan yang membutuhkan beberapa persiapan. Terutama jika anak masih terlalu kecil, pemula, atau belum pernah berenang sebelumnya.

Berikut beberapa perlengkapan penting yang wajib dibawa saat renang!

1. Baju Renang

Perlengkapan utama yang dibutuhkan anak-anak saat berenang tentunya adalah baju renang. Mungkin kamu sering membiarkan anak-anak berenang tanpa baju renang, padahal penggunaan baju renang memiliki alasan tersendiri yang penting.

Baju renang dirancang khusus untuk meminimalkan hambatan selama berada di dalam air, dan meningkatkan kelincahan serta kemampuan renang.

Baju renang yang ketat mengurangi resistensi air sehingga memungkinkan anak bergerak lebih cepat, efisien, dan memberikan kenyamanan. Bahan baju renang juga cepat kering dan tidak menyerap banyak air, tidak berat ketika basah, dan tidak mengganggu pergerakan.

Selain itu, baju renang membantu menjaga kebersihan air kolam dengan mengurangi risiko kontaminasi oleh serat pakaian biasa yang bisa lepas dan kotoran yang mungkin menempel pada pakaian sehari-hari. Ini alasan kenapa beberapa kolam renang umum memiliki peraturan ketat mengenai pakaian.

Pastikan baju renang yang dipilih sesuai dengan ukuran tubuh anak agar mereka dapat bergerak dengan bebas di dalam air.

2. Pelampung

Bagi pemula atau anak-anak yang belum mahir berenang, alat bantu renang seperti pelampung merupakan perlengkapan penting yang harus dimiliki. Hal ini karena pelampung membantu menjaga anak-anak tetap mengapung dan mengurangi risiko tenggelam.

Selain itu, pelampung dapat membantu anak-anak untuk mengenali gerakan renang dan terbiasa di dalam air, mengatasi rasa takut, menjaga keseimbangan di air, dan mengurangi kemungkinan cedera akibat kelelahan atau panik.

Pelampung juga menjadi perlindungan tambahan karena anak-anak lebih mudah dikenali dan diawasi di kolam renang, sehingga membuat pengawasan oleh orang tua menjadi lebih efektif dan mudah dilakukan.

Kamu bisa memilih pelampung yang sesuai dengan berat badan dan usia anak untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan mereka selama di dalam air.

Beitoys Pelampung Renang Anak Floating Swimming Vest - HW160 - Blue - JakartaNotebook.com
Beitoys Pelampung Renang Anak Floating Swimming Vest - HW160 termurah. Dapatkan dengan mudah Beitoys Pelampung Renang Anak Floating Swimming Vest - HW160 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Kacamata Renang

Selanjutnya peralatan yang tidak kalah penting, kacamata renang. Kacamata renang membantu melindungi mata anak dari iritasi yang disebabkan oleh air kolam yang mengandung klorin dan bahan kimia lainnya.

Kacamata renang juga membantu anak melihat dengan jelas di bawah air, memungkinkan anak untuk melihat area sekitar seperti tepi kolam, dan perenang lain di sekitarnya. Ini membantu mengurangi risiko tabrakan atau kemungkinan cedera.

Ditambah, jika anak menggunakan kacamata renang dengan lensa anti-silau atau yang dilengkapi dengan perlindungan UV dapat membantu mengurangi silau dari sinar matahari saat berenang di luar ruangan, sehingga meningkatkan kenyamanan mata dan anak tetap aktif bermain.

HAIKEY Kacamata Renang Anti Fog UV Protection Swiming Glasses Silicone - HK-6 - Black - JakartaNotebook.com
HAIKEY Kacamata Renang Anti Fog UV Protection Swiming Glasses Silicone - HK-6 termurah. Dapatkan dengan mudah HAIKEY Kacamata Renang Anti Fog UV Protection Swiming Glasses Silicone - HK-6 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Cap Renang

Selain perlengkapan di atas, penggunaan cap renang juga harus dipertimbangkan. Hal ini karena cap renang berfungsi untuk melindungi rambut anak dari paparan klorin yang dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan pada rambut, serta menjaga kebersihan kolam.

Ini lah yang membuat banyak kolah renang umum memiliki kebijakan untuk menggunakan cap renang. Penggunaan cap renang mengurangi jumlah rambut yang rontok ke dalam kolam, menjaga kebersihan air, dan mengurangi beban sistem penyaringan kolam renang.

Selain itu, rambut yang panjang bisa menjadi gangguan saat berenang karena bisa menutupi wajah dan mata. Cap renang menjaga rambut tetap rapi dan tidak menghalangi pandangan anak-anak.

5. Pelindung Telinga dan Hidung

Pelindung telinga dan hidung berguna untuk mencegah air masuk ke dalam telinga dan hidung anak. Selain karena rasa tidak nyaman ketika air yang terjebak ke dalam telinga mereka, pelindung telinga dan hidung juga dapat menghindari anak terkena infeksi atau iritasi.

Pelindung telinga dan hidung biasanya terbuat dari silikon yang lembut dan nyaman dipakai, sehingga membuat anak dapat berenang tanpa merasakan gangguan.

DONG ZHUR Penutup Telinga Earplug Renang Anti Air - 00NT - Yellow - JakartaNotebook.com
DONG ZHUR Penutup Telinga Earplug Renang Anti Air - 00NT termurah. Dapatkan dengan mudah DONG ZHUR Penutup Telinga Earplug Renang Anti Air - 00NT murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Sunblock

Perlengkapan yang tidak kalah penting dan enggak boleh kamu lupakan adalah sunblock (tabir surya), terutama jika berenang di luar ruangan.

Sinar UVB dan UVA adalah penyebab utama kulit terbakar matahari. Sunblock membantu melindungi kulit anak dari sinar UVB yang bisa menyebabkan kemerahan, nyeri, kerusakan kulit, atau bahkan risiko kanker kulit.

Selain itu, umumnya kulit anak-anak lebih tipis dan lebih sensitif terhadap sinar matahari dibandingkan kulit orang dewasa, sehingga membutuhkan perlindungan ekstra.

Untuk itu, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock pada kulit anak secara merata. Pilih sunblock dengan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 dan tahan air agar perlindungan tetap efektif meskipun anak bermain di dalam kolam.

7. Handuk

Setelah berenang, tubuh anak-anak basah dan bisa cepat kedinginan, terutama jika ada angin atau suhu udara lebih dingin seperti menjelang sore hari. Menggunakan handuk membantu mengeringkan tubuh dengan cepat dan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Selain itu, menggunakan handuk juga dapat mencegah kelembapan berlebih yang bisa menyebabkan iritasi atau ruam pada kulit, terutama pada anak-anak dengan kulit sensitif.

Pilih handuk yang lembut dan berukuran cukup besar untuk membantu mengeringkan tubuh anak dengan cepat. Jubah mandi juga bisa digunakan untuk memberikan kehangatan setelah berenang.

NFSPLUS Handuk Anak Ponco Karakter Polyester Towel High Absorbent Shark - NFS28 - Green/Blue - JakartaNotebook.com
NFSPLUS Handuk Anak Ponco Karakter Polyester Towel High Absorbent Shark - NFS28 termurah. Dapatkan dengan mudah NFSPLUS Handuk Anak Ponco Karakter Polyester Towel High Absorbent Shark - NFS28 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Sandal

Sandal penting digunakan untuk melindungi kaki dari permukaan licin dan basah di sekitar kolam renang, sehingga dapat menghindari anak yang aktif bergerak dari risiko tergelincir dan jatuh yang dapat menyebabkan cedera.

Selain itu, sandal renang juga mencegah anak terkena infeksi kulit yang bisa disebabkan oleh kontak dengan lantai kolam yang kotor. Pilih sandal yang memiliki sol anti-selip yang dapat memberikan cengkeraman lebih baik dan nyaman dipakai.

9. Tas Penyimpanan

Tentunya dari semua perlengkapan yang disebutkan di atas, kamu memerlukan wadah yang dapat menampung semuanya menjadi satu. Tas penyimpanan memungkinkan anak-anak membawa semua perlengkapan renang mereka sehingga lebih terorganisir dan mudah dibawa.

Pilih tas penyimpanan yang tahan air dan memiliki banyak kantong untuk memisahkan barang-barang basah dan kering. Sebagai tambahan, kamu juga tidak boleh lupa membawa kantong plastik untuk memasukkan barang basah, sehingga membantu mengurangi bau tak sedap.

Mempersiapkan perlengkapan renang untuk anak tentunya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pastikan untuk membawa semua perlengkapan pribadi untuk memastikan keamanan, kebersihan, dan kegiatan renang dapat dilakukan dengan nyaman.

Selalu pastikan untuk memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran anak, serta mengawasi mereka saat berada di dalam air untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

JakartaNotebook punya berbagai rekomendasi perlengkapan sport dan outdoor terbaik, seperti senterhelm sepeda, dan teropong yang bisa kamu dapatkan dengan kualitas dan harga promo terbaik!